PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 13 Menit 49 Detik 

Penerapan Machine Learning dalam Berbagai Industri

Belajar Data Science di Rumah 15-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/96d13770f6c4d3864c5a1fad8e28d330_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning menjadi teknologi yang sedang naik daun, seiring dengan perkembangan teknologi digital dan juga ilmu Data Science. Perkembangan teknologi membuat banyak hal yang dulunya terasa tidak mungkin menjadi terealisasi. Siapa yang pernah menyangka bahwa hari ini mesin bisa mengerjakan beberapa pekerjaan yang dulunya hanya bisa dikerjakan oleh manusia. Hal inilah yang kemudian membuat pekerjaan-pekerjaan rumit menjadi lebih mudah dan bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat.


Artificial Intelligence merupakan kecerdasan buatan dimana mengacu pada simulasi kecerdasan manusia dalam mesin sehingga program yang ada di dalam mesin tersebut bisa berpikir dan bertindak seperti manusia. Machine Learning sendiri ternyata merupakan bagian dari Artificial Intelligence. Jika pada manusia, Machine Learning ini merupakan otak yang bertugas untuk berpikir. Nantinya di dalam Machine Learning akan ada yang namanya Deep Learning yang bisa diibaratkan sebagai jaringan saraf pada manusia. 


Nah, ternyata pemanfaatan Machine Learning itu tidak hanya bisa diterapkan di perusahaan rintisan (startup) saja. Kira-kira Machine Learning bisa diterapkan di industri apa saja ya? Yuk, simak pembahasannya!


1. Tipe-Tipe Machine Learning

Machine Learning

Dalam Machine Learning, kita bisa membedakannya menjadi 4 tipe utama, yaitu:

  • Supervised Learning, data yang dijadikan sebagai bahan pembelajaran telah diberi label. Sehingga mesin akan mengklasifikasikan data baru ke dalam label yang ada.

  • Unsupervised Learning, dimana data yang dijadikan bahan pembelajaran tidak memiliki label sama sekali. Sehingga untuk mengelompokkan data baru, akan dilihat berdasarkan kemiripan karakteristiknya saja.

  • Semi-Supervised Learning merupakan kombinasi antara Supervised Learning dan Unsupervised Learning. Dimana sebagian data yang digunakan untuk training sudah memiliki label. Hanya saja jumlah data yang tidak memiliki label jumlahnya akan lebih banyak.

  • Reinforcement Learning, merupakan tipe machine learning yang proses training dan testingnya dilakukan secara bersamaan.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Penerapan Machine Learning di Dunia Kesehatan

Machine Learning

Salah satu industri yang bisa menerapkan ilmu Machine Learning adalah dunia kesehatan. Data yang ada di dunia kesehatan ternyata cukup banyak, mulai dari data rekam medis pasien, kondisi pasien, hingga administrasi. Adapun pemanfaatan Machine Learning  di dunia kesehatan adalah:

  • Medical Imaging, hasil gambar medis ini akan digunakan untuk mendeteksi gejala penyakit berdasarkan gambar, biasanya digunakan untuk skrining kanker. Pemanfaatan Machine Learning akan membuat analisis gambar medis menjadi lebih mudah dan cepat.

  • Penemuan obat. Biasanya proses menemukan obat baru akan memakan waktu 10-15 tahun. Namun dengan pemanfaatan Machine Learning dan Artificial Intelligence akan menjadi lebih singkat. Salah satunya adalah implementasi alphafold yang banyak dibicarakan.

  • Electronic Health Record. Machine Learning bisa memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kondisi pasien yang ada di data medis.


3. Di Industri Otomotif Juga Membutuhkan Machine Learning, Loh

Machine Learning

Industri lainnya yang mulai memanfaatkan Machine Learning adalah industri otomotif. Beberapa pemanfaatan tersebut adalah:

  • Quality Control, dengan memanfaatkan Machine Learning proses quality control bisa menjadi lebih cepat karena bisa menggunakan Image Recognition serta Anomaly Detection untuk melihat produk yang tidak normal.

  • Mobil tanpa driver, hal ini karena mobil tersebut telah dilengkapi oleh teknologi sensor dan juga Machine Learning. Mobil tersebut bisa memprediksi 1000 objek yang berbeda sehingga bisa menghindari objek ketika menyetir.

  • Perawatan Prediktif. Dengan memanfaatkan teknologi Machine Learning, pengguna bisa mengetahui kapan kendaraannya harus dilakukan perawatan, seperti penggantian air radiator, dll.


4. Ternyata Bidang Manufaktur juga Menerapkan Machine Learning

Machine Learning

Manufaktur merupakan salah satu industri yang berperan cukup penting dalam perekonomian negara ini. Penggunaan Data science tentu akan membuat produktivitas industri ini akan semakin meningkat. Adapun contoh pemanfaatannya adalah:

  • Predictive Maintenance. Dengan menerapkan Machine Learning, kita bisa memprediksi kapan mesin akan berhenti beroperasi karena kerusakan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga bisa dikurangi karena tidak perlu melakukan perbaikan yang belum dibutuhkan.

  • Manajemen Supply Chain. Dengan memanfaatkan Machine Learning, stok inventori bisa dipantau secara real time sehingga bisa mempermudah supplier dan tim internal dalam proses pembelian ataupun penjualan barang.

  • Mengatur penjadwalan secara otomatis dan fleksibel

  • Visual Inspection


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Sadar atau tidak, pemanfaatan Machine Learning memang sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah pekerjaan yang ada. Kita harus tetap meng-upgrade diri agar bisa beradaptasi dengan teknologi baru dan tidak ketinggalan zaman. 


Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul œMachine Learning with Python for Beginning. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :