PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 36 Menit 22 Detik 

Penerapan Sistem Operasi SQL Simpel

Belajar Data Science di Rumah 04-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5e86ebea2ee03346c8f956e74beddc69_x_Thumbnail800.jpg

Ketika kita sudah memasuki dunia kerja khususnya menjadi seorang data analyst pastinya kita sudah tidak asing dengan SQL. Karena menguasai SQL adalah salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang data analyst. SQL adalah singkatan dari Structured Query Language yang merupakan bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk berinteraksi dengan suatu sistem database. 


SQL ini memiliki fungsi untuk menambahkan data, mengubahnya, mengupdatenya, mencari dan juga bisa menghapus sebuah data dari suatu sistem database. Hampir banyak sekali perusahaan sudah memakai SQL dalam menampung database dari perusahaa tersebut. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu SQL. Jadi simak terus artikel dibawah ini!


1. Pengertian SQL

SQL

Standard Query Language atau biasa disingkat dengan SQL adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk mengakses dan juga mengelola informasi pada sebuah database. SQL bisa digunakan untuk membuat sebuah query, memperbarui, juga dapat mengatur ulang data, membuat data, dan juga memodifikasi skema dari sistem database dan juga mengontrol sebuah akses ke dalam data. 


Database SQL juga biasa menangani banyak sekali data yang hampir  bisa menyentuh angka milyaran data. Jika kita bandingkan dengan bahasa pemrograman yang lainnya, SQL bisa dianggap lebih mudah karena query yang ada di dalamnya dapat kita pelajari dengan mudah dibanding dengan bahasa lainnya. Maka dari itu SQL menjadi sangat penting untuk kalian yang ingin terjun ke dunia IT. 


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Jenis Query pada SQL

SQL

Dalam SQL ada beberapa jenis query yang bisa kalian pahami. Yang pertama ada Data Definition Language (DDL), DDL ini dipakai untuk memerintahkan SQL. Ini berfungsi agar SQL dapat melakukan pendefinisian awal dari suatu basis data dan juga tabel yang biasa menggunakan konsep RDBMS.


Kedua ada Data Manipulation Language (DML), DML ini dilakukan untuk bisa mengolah sebuah record. DML bisa juga dipakai sebagai perintah untuk memanipulasi data pada tabel dalam sebuah database.


Ketiga ada Data Control Language (DCL). Perintah ini dipakai sebagai pengaturan hak akses pada sebuah objek data untuk penggunaan di suatu database. Untuk penulisan query ini terdiri dari Grant dan juga Revoke. Jadi itulah ketiga jenis query yang ada pada SQL untuk membantu kita dalam membuat sebuah database menggunakan SQL.


3. Fungsi SQL

Selanjutnya kita akan membahas apa-apa saja fungsi dari SQL. Jadi biasanya SQL ini digunakan untuk mengelola database dengan cara memberikan beberapa fungsi tersendiri dalam sebuah website yang ingin kita kelola databasenya. Bahasa ini sering dipakai oleh beberapa programmer backend, dikarenakan fungsi utama dari SQL ini adalah mengolah data maupun informasi dari user.


Fungsi dari SQL ini adalah bisa mengakses dan juga memanipulasi database, kedua SQL ini mampu dalam mengeksekusi sebuah query dalam database, ketiga SQL dapat mengambil data yang berasal dari database, ke empat SQL juga memiliki fungsi untuk membuat sebuah database baru jadi kalian tidak perlu repot harus menggunakan software lain untuk membuat sebuah database, dengan menggunakan SQL kalian cukup mudah dalam membuat sebuah database baru.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Penerapan SQL dalam DBMS

Database sendiri memiliki arti sebagai kumpulan dari informasi yang disimpan di dalam komputer yang secara sistematik, sehingga database ini dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer yang berfungsi untuk memperoleh informasi dari database yang ingin kita peroleh datanya.


Jadi perangkat lunak atau software yang kita akan gunakan untuk mengelola dan juga memanggil query database itu adalah DBMS atau Database Management System.


Software yang pertama adalah MySQL. MySQL ini termasuk kedalam DBMS multi-user dengan memiliki sekitar 6 juta instalasi yang ada di seluruh dunia. MySQL ini termasuk software yang open source jadi kalian dapat dengan mudah mengaksesnya. Kedua ada Microsoft SQL Server, ini juga termasuk ke dalam DBMS. 


Microsoft SQL Server memiliki banyak kelebihan salah satunya adalah dapat melakukan clustering data, backup datad, dan masih banyak lagi kelebihannya. Terakhir ada Postgre SQL, query ini mendukung banyak sekali tipe data seperti tipe data string, numerik, tanggal dan waktu yang hampir sama dengan MySQL, selain itu query ini juga mendukung tipe data berbentuk geometris, gambar, alamat jaringan, string bit, dan lain sebagainya.


SQL


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun.


Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :