Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Penerapan SQL GROUP BY dengan Fungsi MONTH

Belajar Data Science di Rumah 15-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f95bf719d49a1ab5ce16c00ce2a6a053_x_Thumbnail800.jpeg

Dalam bahasa pemrograman SQL, ada satu klausa yang bermanfaat dalam pengolahan data yaitu SQL GROUP BY. Penerapan SQL GROUP BY digunakan dalam pernyataan SELECT dalam mengelompokkan baris berdasarkan satu atau lebih kolom yang tersedia. GROUP BY biasanya berperan sebagai penghubung pada fungsi agregat misalnya SUM, AVG, MIN, MAX, dan COUNT dalam merepresentasikan jumlah masing-masing kolom yang ada. Uniknya, GROUP BY sangat kompatibel di semua software relational databases seperti misalnya SQL Server, Oracle, MySQL, maupun PostgreSQL. 


Dengan menggunakan GROUP BY memungkinkan penggunanya untuk meringkas dan menganalisis data dalam jalan yang lebih mudah. Misalnya apabila kita ingin melakukan analisis data dalam bentuk bulan maka kita bisa menggunakan GROUP BY. Kalau punya data dalam bentuk tahun, kita juga bisa menggunakan GROUP BY. Jadi, kamu sudah tidak perlu bingung lagi untuk melakukan olah data dalam database. Pada artikel ini, kita akan fokus membahas tentang penggunaan GROUP BY yang diterapkan dalam fungsi waktu salah satunya MONTH. Kamu pasti penasaran kan? Langsung aja disimak yuk pembahasannya.


1. Penjelasan Singkat Tentang SQL Group By

Klausa GROUP BY yang terdapat pada bahasa pemrograman SQL merupakan salah satu klausa yang biasanya digunakan dalam SELECT Statements. Penggunaan GROUP BY SQL diaplikasikan untuk mengelompokkan suatu baris berdasarkan satu atau lebih kolom. Klausa GROUP BY dipakai dalam fungsi Aggregate SQL misalnya SUM, MAX, AVG, MIN, maupun COUNT yang mana bisa digunakan untuk melakukan perhitungan data dalam mengelompokkan data.


Contoh saja, saya punya satu tabel namanya Sales_Data yang mana dalam setiap baris ini merepresentasikan data penjualan. Apabila kamu ingin mengetahui total penjualan pada setiap bulannya, gampang saja kawan. Kamu hanya memerlukan fungsi GROUP BY disana untuk menggbungkan baris-baris dalam satu bulan. Kemudian kamu bisa menggunakan fungsi agregat SUM untuk menghitung jumlah penjualan pada tiap bulan.


Berikut adalah contoh dari GROUP BY SQL yang diterapkan pada fungsi MONTH.

Pada contoh diatas, fungsi DATEPART dipakai untuk mengekstrak data bulan dari kolom data dalam bentuk tanggal dan klausa GROUP BY yang digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan bulan ini. Fungsi agregat SUM dipilih untuk menjumlahkan total penjualan pada setiap bulan.


Kamu bisa memindahkan tabel column_name dan table_name dengan data aktual untuk kolom dan tabel yang kamu punya. Sebagai tambahan bahwa kamu juga bisa mengubah fungsi DATEPART dari bentuk YEAR menjadi DAY untuk mengelompokkan data berdasarkan tahun maupun bulan yang didasari pada bulan.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi Agregat dalam SQL Group By

Pengelompokkan data dengan menggunakan GROUP BY akan mempermudah kita untuk melihat data dari metrik utama, seperti mencari nilai rata-rata, minimal, maksimal, dan seterusnya. Hal ini karena GROUP BY dapat digunakan secara bersamaan dengan fungsi aggregate seperti MIN(), MAX(), SUM(), AVG() dan COUNT(), dll. Berikut penjelasan dari masing-masing fungsi aggregate:

  • MIN() : untuk mengembalikan nilai minimum di setiap group data

  • MAX() : mengembalikan nilai maksimum dari setiap group data

  • SUM() : mengembalikan hasil penjumlahan dari setiap group data

  • AVG() : mengembalikan nilai rata-rata dari setiap group data

  • COUNT() : untuk menghitung jumlah data berdasarkan baris nya di masing-masing group 


3. Penerapan SQL Group By Month Bagian 1

Terus bagaimana caranya untuk menggunakan fungsi Group By pada bahasa pemrograman SQL. Let me tell you something. Kali ini kita akan beberkan caranya.

Pertama kamu dapat membuat tabel Sales_Data

SQL

Selanjutnya kamu juga bisa mulai menambahkan isian yang ada pada Sales_Data

SQL

Dari kedua tabel ini, kita bisa menggunakan kueri berupa fungsi SELECT sebagai berikut untuk menggabungkan data tanggal dan total penjualan setiap produknya

Selanjutnya ada tabel sales_data dimana kamu bisa menggunakan SQL Statement untuk mengelompokkan data berdasarkan bulan dan menjumlahkan kuantitas penjualan untuk setiap bulannya. Berikut adalah sintaksnya

SQL

Berdasarkan output diatas, kita bisa langsung untuk melakukan execute pada fungsi sintaks menjadi seperti di bawah ini

SQL

Pada contoh diatas mencoba untuk mendemonstrasikan pengelompokkan data berdasarkan bulan melalui SQL Server. Dalam output ini, selain memanfaatkan klausa GROUP BY juga memakai fungsi DATEADD dan DATEDIFF. Dengan menggunakan fungsi ini, kamu dapat mudah untuk meringkas dan menganalisis data berdasarkan periode waktu yang sudah ditentukan.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Penerapan SQL Group By Month Bagian 2

Sekarang kita masuk ke bagian 2. Kali ini contoh kasusnya yaitu pada data produk furniture.

SQL

Berdasarkan sintaks diatas, rasa-rasanya ada satu command yang kurang karena mereka nanti akan dijadikan satu data seperti dibawah ini

SQL

Selanjutnya, mari kita akan mengelompokkan tabel berdasarkan bulan dan tahun dengan fungsi DATEPART pada kueri SQL. Kamu bisa lihat contohnya berikut ini

SQL

Dari output diatas ternyata menghasilkan nilai berikut

SQL

Dengan menggunakan fungsi DATEPART menghasilkan nilai pada masing-masing bulan dan tahun. Misalnya pada tahun 2022 ada 10 bulan dengan dua kali produksi furniture. Selanjutnya pada tahun 2021 juga ada 2 bulan namun hanya satu kali produksi saja.


Tertarik untuk belajar SQL lebih lanjut? Kamu gak perlu bingung harus belajar SQL dimana karena DQLab juga menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula karena membahas hal-hal yang bersifat fundamental. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan live code editor yang telah disediakan sehingga kamu tidak repot mengurus proses instalasi software dan bisa fokus pada materi. Agar bisa mengaksesnya, kamu cukup berlangganan untuk menjadi member premium di DQLab. Yuk, tunggu apa lagi? Sekarang giliran mu!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login