PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 8 Jam 4 Menit 25 Detik

Pengertian Chat GPT & Cara Menggunakannya

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-09-2023-09-08-105944_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini sudah banyak bentuk kecanggihan teknologi yang telah digunakan oleh banyak orang. Hal itu tentunya tidak terlepas dengan keberadaan artificial intelligence. Salah satu bentuk kecanggihan teknologi ini adalah Chat GPT yang dikembangkan oleh Open AI. Chat GPT telah banyak digunakan oleh berbagai website. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui apa itu Chat GPT dan bagaimana cara menggunakan Chat GPT.


Pengguna teknologi zaman sekarang terdiri dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia pun dapat menggunakannya. Keberadaan teknologi AI ini perlu diimbangi dan pengetahuan yang berkaitan dengannya. Dampak dari kecanggihan teknologi pun perlu disikapi dengan baik. Alangkah baiknya sebelum menggunakan beberapa contoh penerapan teknologi kita juga mengetahui definisinya serta cara kerjanya.


1. Pengertian Chat GPT

Chat GPT adalah salah satu bentuk contoh penggunaan artificial intelligence. Chat GPT ini merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Open AI yang diresmikan pada akhir November 2022. Chat GPT ini dibuat berdasarkan GPT-3.5 yang melalui proses pembelajaran deep learning. Chat GPT memiliki beberapa keunggulan seperti membantu pembuatan konten website, membuat karya musik, membantu coding, dan menjawab pertanyaan.

Chat GPT


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Kelebihan dan Kekurangan Chat GPT

Chat GPT yang berbasis teknologi AI ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui. Beberapa kelebihan Chat GPT antara lain menghemat waktu dan dapat memberi jawaban dalam waktu yang singkat, dan dapat memberikan respon yang menyerupai hasil kerja manusia.


Adapun beberapa kekurangan Chat GPT antara lain memiliki beberapa keterbatasan pemahaman, cakupan dan reliability, adakalanya jawaban yang diberikan tidak selalu benar, dan tidak bisa menggeser pekerja kreatif. 

Chat GPT



3. Cara Kerja Chat GPT

Seperti yang telah diketahui bahwa Chat GPT kini termasuk ke dalam aplikasi yang sedang naik daun. Kita perlu juga mengetahui bagaimana cara kerja Chat GPT ini. Chat GPT memiliki cara kerja seperti berikut:

  • tokenization, memecah input teks ke dalam potongan-potongan kecil

  • embedding, model mengubah setiap token ke dalam representasi numerik vektor

  • konteks, kecerdasan buatan memahami konteks input pengguna

  • prediksi, memprediksi kata-kata berikutnya yang paling mungkin muncul berdasarkan konteks

  • generate

Chat GPT


4. Cara Menggunakan Chat GPT

Setelah mengetahui beberapa serba-serbi dari Chat GPT, mungkin sebagian besar dari kita penasaran bagaimana cara menggunakan Chat GPT, berikut ini cara mudah menggunakan Chat GPT:

  • mengunjungi situs Open AI dengan tautan chat.openai.com

  • memverifikasi akun dengan menggunakan nomor telepon

  • menyetujui syarat dan ketentuan

  • masukkan pertanyaan yang ingin ditanyakan dalam Chat GPT.

Chat GPT


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Selain mengetahui definisi dan cara penggunaan Chat GPT lebih baik kita juga mengetahui dasar-dasar penerapan penggunaan artificial intelligence, salah satunya adalah dengan menguasai data science.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login