[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 25 Menit 49 Detik 

Pengindeksan Dasar Pada Data Menggunakan NumPy Array Python

Belajar Data Science di Rumah 05-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ac5a87e7f17b0ebd0702bc090f6939b5_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang ditujukan untuk berbagai macam permasalahan, salah satunya adalah data science. Python cukup banyak diminati oleh orang-orang dan dapat digunakan untuk membuat beberapa program seperti CLI, GUI, Aplikasi Mobile, IoT, dan lain-lain. Dalam menyelesaikan permasalahannya Python menggunakan beberapa library di dalamnya, salah satunya adalah NumPy Array.

NumPy (Numerical Python) Array adalah library Python yang fokus pada scientific computing. NumPy Array memiliki kemampuan untuk membentuk objek N-dimensional array, yang mirip dengan list pada Python. Keunggulan NumPy array dibandingkan dengan list pada Python adalah konsumsi memori yang lebih kecil dan juga runtime yang lebih cepat. NumPy juga memudahkan kita pada operasi aljabar linear, terutama operasi pada vektor (1-d array) dan matrix (2-d array).

Pada artikel ini, DQLab akan berbagi pengetahuan mengenai library NumPy Array dan bagaimana penerapan NumPy untuk mengindekskan Array pada Python. Dengan memahami lebih jauh apa itu NumPy Array, sahabat data akan memiliki dasar yang lebih baik dalam melakukan Data Manipulation kedepannya. Penasaran seperti apa? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Library NumPy Array

NumPy merupakan salah satu library terpenting dalam bahasa pemrograman Python. Fungsi NumPy array mirip dengan manipulasi data pada python. Beberapa manipulasi array dasar adalah atribut array, pengindeksan array, pembentukan baris, dan penggabungan-pemisahan array. Manipulasi array yang biasanya banyak digunakan adalah menggabungkan beberapa array menjadi satu atau memisahkan satu array menjadi beberapa bagian.

Langkah pertama saat ingin menggunakan library NumPy adalah melakukan import dengan menggunakan coding library numpy as np. Penggunaan as disini, artinya kita menggantikan pemanggilan numpy dengan prefix np untuk proses berikutnya.


Untuk melakukan pengecekan tipe pada array menggunakan fungsi type() seperti gambar di bawah ini


Array df memiliki tipe data int32 dan int64 yang keduanya sama-sama bertipekan integer. Perbedaan keduanya pada kapasitas penyimpanan data.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula



2. Contoh Penggunaan NumPy Array 1: 0-Dimension

Array 0-D atau Scalars, adalah elemen dalam sebuah array. Setiap nilai dalam array adalah array 0-D. Setiap dimensi yang ada dalam array ini merupakan array dengan 0 dimensi.

Agar semakin paham, berikut adalah contoh penggunaannya:


4. Contoh Penggunaan NumPy Array 2: 1-Dimension

Dalam array satu dimensi, sahabat data dapat mengakses nilai ke-i (menghitung dari nol) dengan menentukan indeks yang diinginkan dalam tanda kurung siku, seperti halnya pada List Python. Array yang memiliki array 0-D sebagai elemennya disebut array uni-dimensional atau 1-D. Array ini menjadi array yang paling umum dan paling banyak digunakan. 

Berikut contoh dari array 1-D:

5. Contoh Penggunaan NumPy Array 3: 2-Dimension

Array yang memiliki array 1-D sebagai elemennya disebut array 2-D. Array ini sering digunakan untuk mewakili matriks atau tensor orde-2. NumPy sendiri memiliki seluruh sub modul yang didedikasikan untuk operasi matriks yang disebut numpy.mat

Agar semakin paham, berikut adalah contoh penggunaannya:




Baca juga : IF Else Python: Belajar Python Dasar dengan Percabangan Kondisi IF Else


6. Mulai Terapkan Ilmu NumPy Array Bersama DQLab!

Kenali 3 metode dasar pengindeksan menggunakan NumPy Array Python bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id/signup untuk nikmati module gratis introduction to Data Science with Python. Yuk, mulai belajar Data Science secara praktis dan aplikatif bersama DQLab sekarang!



Penulis: Salsabila Miftah R

Editor: Annisa Widya



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!