MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 32 Menit 24 Detik 

Penting! Ini Teknik Analisis Data & Implementasinya di Berbagai Kasus

Belajar Data Science di Rumah 03-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/474d261eec3c2bbf06d25f92f18461c4_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan tahapan proses dalam pengolahan data baik secara manual maupun dengan menerapkan ilmu data science. Apa bedanya? Pengolahan data secara manual umumnya akan lebih lama dan kurang efisien. Sedangkan dengan data science proses ini akan lebih efisien karena ditambah dengan ilmu pemrograman di dalamnya. Adapun bahasa pemrograman yang sering digunakan yaitu Python, R, dan SQL. Masing-masing memiliki perannya masing-masing seperti SQL yang digunakan untuk memudahkan akses data, serta Python dan R yang digunakan untuk mengolah data hingga menyajikan data.


Proses pengolahan data terdiri dari pengumpulan data, pengolahan data, validasi data, analisis data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi yang berguna dalam penyelesaian masalah. Teknik analisis data bisa diterapkan untuk berbagai kasus misalnya untuk mengklasifikasikan pelanggan, menentukan strategi promosi suatu produk atau jasa, meningkatkan kualitas website perusahaan, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya di artikel kali ini kita akan membahas contoh teknik analisis data pada berbagai kasus di industri. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Analisis Data Deskriptif

Teknik Analisis Data

Analisis deskriptif merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis serta menyajikan data kuantitatif secara deskriptif. Teknik ini bertujuan melihat gambaran keadaan dari kumpulan data yang sedang diteliti tanpa bermaksud mencari hubungan antar data atau penarikan kesimpulan. Contoh teknik analisis deskriptif antara lain melihat jumlah minat mahasiswa terhadap mata kuliah pilihan, melihat persebaran suatu penyakit pada daerah tertentu seperti yang sedang dialami dunia saat ini yaitu covid-19. Persebaran covid-19 bisa disajikan dalam bentuk peta, bar chart, atau line chart. Contoh lainnya yaitu melihat pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap pembelian, penelitian tentang perilaku konsumen, persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen, dan masih banyak lainnya. 


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Melakukan Digital Marketing

Teknik Analisis Data

Data sangat diperlukan bagi marketer dalam melakukan digital marketing. Dalam melakukan digital marketing penting untuk fokus mencari data yang diperlukan, memiliki pemahaman kontekstual, teliti, dan memahami apa yang sedang diukur serta bagaimana cara menghitungnya. Terdapat tiga jenis pengukuran pemasaran yaitu:

  • Matriks bisnis untuk memberikan gambaran umum terkait analisis data penting sebelum melakukan pemasaran digital.

  • Matriks konversi untuk mengetahui seberapa efektif dalam mengubah pengunjung menjadi pembeli.

  • Matriks pemasaran untuk menunjukkan hal lainnya yang muncul sebelum konversi, misalnya banyaknya kunjungan, rasio klik tayang, dan lain sebagainya.

Perlu diingat untuk memulai analisis data marketing, data penting yang dimiliki harus sesuai dengan skema yang dilalui oleh konsumen. 



3. Optimasi Website Perusahaan

Teknik Analisis Data

Melalui data perusahaan dapat membangun identitas sebuah brand agar mampu bersaing dengan brand lainnya dengan menggunakan Google Analytics. Dengan menggunakan Google Analytics perusahaan dapat memahami perilaku, rentang usia, dan lainnya yang berkaitan dengan interaksi pengunjung di situs website perusahaan. Hasil analisis data bisa digunakan perusahaan untuk membantu membangun brand identity, meningkatkan kualitas website perusahaan, hingga meningkatkan penjualan produk. Ketika menggunakan Google Analytics, kita perlu memahami lebih dulu istilah-istilah yang ada di dalamnya. Kemudian baru kita mulai membaca data dengan cara-cara diantaranya memeriksa matriks realtime, mengetahui demografi audiens. Mengamati perilaku pengunjung, melihat traffic website, mengetahui sumber traffic, dan memeriksa kecepatan website. 


4. Market Basis Analysis

Teknik Analisis Data

Association disebut juga dengan Market Basket Analysis. Tujuan dari metode ini adalah untuk menemukan produk apa yang bisa dijual bersamaan dan mencari tahu aturan atau penyebab kesamaan produk tersebut. Metode association sering digunakan dalam dunia bisnis. Dalam bisnis adalah hal yang umum untuk menganalisa tabel penjualan dan mengidentifikasi produk yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan. Data pembeli yang sama digunakan untuk melihat kebiasaan pelanggan dan mengidentifikasi kelompok produk yang memiliki kesamaan. Misalnya pelanggan setiap membeli keju pasti juga membeli susu atau setiap membeli saus tomat pasti juga membeli saus sambal. Setiap item yang digunakan akan menjadi pertimbangan ketika menerapkan metode association. 


Baca Juga : Metode Pengolahan Data: Ketahui Proses Pengolahan Data Dengan Metode Analisis Deskriptif


5. Yuk, Belajar Analisis Data di DQLab!

Ketika ingin menjadi praktisi data, kamu perlu mendalami tentang analisis data. Calon talent data harus mampu menganalisis berbagai jenis data dengan metode yang sesuai. Kemampuan ini tidak diperoleh secara instan melainkan dipelajari secara bertahap dan rutin. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, kamu bisa dengan mudah menemukan materi serta contoh tentang analisis data. Selain itu bisa juga dengan mengikuti kursus data science seperti DQLab. Keuntungannya kamu akan mempelajari modul dengan kurikulum terstruktur, belajar dengan mentor profesional, dan banyak berlatih dengan kasus nyata di industri. Asyik, kan? Yuk, daftar di DQLab.id dan perdalam kemampuan analisis datamu!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!