LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 0 Jam 5 Menit 3 Detik

Pentingnya Bootcamp Data Analyst Bagi Awam Data

Belajar Data Science di Rumah 12-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-03-2023-12-12-134322_x_Thumbnail800.jpg

Bootcamp data analyst merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam meningkatkan skill data analyst maupun mempersiapkan diri menjadi seorang data analyst handal idaman perusahaan. Bootcamp data analyst tidak membatasi apapun latar belakangnya dan siapapun orangnya. Semua bisa ikutan asalkan punya keinginan berkarir di bidang data dan orangnya memang mau belajar.


Bagi seorang awam data, pastinya menjadi suatu tantangan yang perlu kamu hadapi karena mau tidak mau kamu harus menyesuaikan diri untuk mempelajari semuanya dari nol. Tapi jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan bootcamp sebagai ladang belajar dan meningkatkan keterampilan sesuai preferensi perusahaan.


Bootcamp data analyst secara umum akan membekali peserta mulai dari hard skill maupun soft skill. Tidak seperti pendidikan formal yang harus kamu tempuh selama bertahun-tahun, dengan kamu mengikuti bootcamp tentunya kamu hanya menyelesaikannya dalam hitungan bulan saja. Lebih praktis dan simple namun padat dari segi substansi materi yang nantinya kamu dapatkan.


Jika kamu adalah seseorang yang masih awam soal data, tidak perlu takut ya! Berikut adalah alasan mengapa kamu perlu join bootcamp data analyst sebagai langkah awal (small steps) menuju big steps menjadi insan data idaman perusahaan. Langsung saja disimak yuk!


1. Pengenalan Konsep Data dari Dasar

Bagi mereka yang belum akrab dengan konsep data, tidak perlu merasa khawatir karena mereka akan mendapatkan pembelajaran menyeluruh melalui bootcamp, dimulai dari level dasar hingga tingkat mahir. Bootcamp data analyst dirancang khusus untuk memberikan bimbingan kepada peserta yang masih pemula dalam konsep data. 


Instruktur dan materi pembelajaran dirancang dengan cermat untuk memastikan bahwa materi tersebut dapat diakses dengan mudah oleh pemula. Proses pembelajaran dimulai dari pemahaman dasar konsep data, memberikan wawasan mendalam tentang elemen-elemen penting dalam analisis data, mulai dari tahap pengumpulan, pengolahan, hingga interpretasi data.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Meningkatkan Keterampilan Teknis yang Dibutuhkan Perusahaan

Selain mendapatkan pemahaman tentang konsep dasar, peserta bootcamp akan diberikan serangkaian keterampilan teknis yang menjadi pondasi penting bagi mereka yang bercita-cita menjadi seorang data analyst. Mereka akan mengembangkan keterampilan analisis data yang meliputi teknik-teknik dasar serta kemampuan untuk mengenali tren, pola, dan wawasan yang terdapat dalam dataset. 

Data Analyst

Sumber Gambar: SQLShack


Proses pembelajaran juga akan mencakup pemahaman dasar dalam bahasa pemrograman seperti Python, R, Excel, dan bahkan SQL, memberikan peserta dasar yang kuat untuk mengimplementasikan konsep-konsep data dalam lingkungan pemrograman yang relevan dan umum digunakan di industri analisis data.


Dengan demikian, peserta tidak hanya mendapatkan bekal konseptual, tetapi juga dapat memperoleh keterampilan praktis yang dapat diterapkan secara langsung dalam tugas-tugas sehari-hari sebagai seorang data analyst.


3. Proyek Berbasis Industri

Di tengah proses pembelajaran bootcamp, peserta juga akan menerima salinan proyek berbasis kasus nyata dari industri. Ini bukan hanya sekadar materi pembelajaran tambahan, melainkan suatu peluang berharga yang dapat dimanfaatkan peserta untuk membangun portofolio sebagai seorang data analyst.


Proyek-proyek ini dirancang sesuai dengan tantangan dan skenario yang sering ditemui dalam industri, memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengaplikasikan langsung pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama bootcamp.

Data Analyst

Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Mendapatkan Peluang Karir

Setelah menyelesaikan serangkaian pembelajaran selama bootcamp, peserta akan diberikan kesempatan untuk menjelajahi berbagai peluang karir dalam industri data. Salah satu jalur karir yang menjadi pilihan utama bagi peserta setelah menyelesaikan bootcamp adalah menjadi seorang data analyst.


Dengan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama bootcamp, peserta akan siap untuk terjun ke dunia kerja sebagai data analyst. Karir ini melibatkan kemampuan untuk menganalisis data, mengidentifikasi pola dan tren, serta menyajikan temuan secara efektif kepada pemangku kepentingan. Data analyst memiliki peran kunci dalam membantu organisasi membuat keputusan berdasarkan bukti-bukti data yang dapat diandalkan.


Jika kamu ingin membuat portofolio data analyst juga dan belum ada bahannya, mending belajar bareng disini. Di DQLab solusinya! DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login