FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 1 Menit 19 Detik 

Pentingnya Data Science di Era Tech Company

Belajar Data Science di Rumah 06-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8d63df34152071f5a41fa0c682b73a54_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah salah satu bidang baru yang paling populer dan memiliki peluang karir yang tinggi. Menurut report LinkedIn, data science mendominasi pekerjaan yang muncul dan mengalami peningkatan perekrutan sebesar 37% dalam tiga tahun terakhir. Data science berperan di hampir semua industri dan popularitasnya semakin meningkat seiring bertambahnya waktu. 


Data adalah aset berharga yang dimiliki oleh perusahaan apapun. Data akan membantu perusahaan untuk memahami dan meningkatkan kinerja mereka sehingga bisa menghemat waktu dan uang. Hal ini karena data bisa membantu perusahaan untuk menghalau pengambilan keputusan bisnis yang salah dan memakan banyak kerugian. 


Data mentah tidak ada artinya hingga diubah menjadi informasi yang berharga. Data science bekerja menggunakan big data yang berisi data terstruktur dan tidak terstruktur. Seseorang yang bekerja dengan data perlu mengidentifikasi pola tersembunyi untuk mengekstrak insight yang dapat ditindaklanjuti. 


Pentingnya data science terletak pada kegunaannya yang sangat beragam, mulai dari aktivitas sehari-hari seperti meminta rekomendasi dari Google Assistant hingga aplikasi yang lebih kompleks seperti mengoperasikan mobil self-driving. Bidang interdisipliner data science meliputi computer science, statistika, inferensi, algoritma machine learning, dan analisis prediktif. 


Pada artikel kali ini, kita akan membahas seluk beluk data science hingga pentingnya data science dalam era modern yang banyak membutuhkan teknologi.


1. Sejarah Data Science

Pada tahun 1962, John Tukey menulis "the convergence of Statistics and computers to devise measurable outputs in hours" dan pada tahun 1974 Peter naur menyebutkan istilah data science untuk pertama kalinya dalam ulasan berjudul œ Concise Survey of Computer Methods. 

Pada tahun 1977 Association for Statistical Computing (IASC) dibentuk untuk menghubungkan teknologi teknologi komputer modern, metodologi statistik tradisional, dan keahlian domain untuk mengubah data menjadi informasi. 


Pada tahun yang sama, Tukey menyusun makalah mengenai analisis data eksplorasi yang didalamnya menjelaskan mengenai pentingnya penggunaan data. Sejak saat itu, data mulai dikenal memiliki banyak manfaat dan terus berkembang hingga saat ini.


Baca juga: Berkenalan dengan Algoritma Data Science Populer 2022


2. Pentingnya Data Science dalam Bisnis

Ada berbagai alasan mengapa data science sangat penting dalam bisnis. Data science membantu perusahaan untuk mengukur, melacak, dan merekam performance metrics untuk membantu stakeholders dalam mengambil keputusan. Perusahaan dapat menganalisis trend untuk membuat keputusan penting yang melibatkan customer, meningkatkan kinerja perusahaan, dan meningkatkan profitabilitas. 


Model data science menggunakan data yang ada dan dapat mensimulasikan beberapa tindakan. Dengan demikian, perusahaan bisa merancang roadmap plans dengan lebih baik. Selain itu, data science juga membantu proses rekrutmen dengan menggabungkan beberapa data untuk mengidentifikasi kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

data science


3. Pentingnya Data Science dalam Industri IT

Di era modern, pembuatan dan penerapan informasi di berbagai sektor ekonomi berkembang cukup masif. Data science mendukung perkembangan tersebut dengan cara mengekstrak informasi dari data yang bervolume besar yang sangat sulit diolah dengan tools konvensional. Teknologi informasi membuat hidup manusia lebih mudah dengan cara mengumpulkan dan memproses lebih banyak data secara cepat dan efisien untuk mendapatkan hasilnya dalam waktu singkat.


4. Masa Depan Data Science

Perusahaan saat ini memiliki kumpulan data yang sangat besar akibat dari dokumentasi setiap aspek interaksi dengan pelanggan. Peran data science sangat penting dalam menganalisis dan membuat model machine learning berdasarkan data ini. Oleh karena itu, dalam beberapa waktu kedepan data science diprediksi akan terus berkembang dan dibutuhkan di semua sektor. Besarnya perkembangan data science sebanding dengan tingginya peluang karir di bidang data. Oleh karena itu, kebutuhan data science diprediksi akan meningkat tajam pada beberapa tahun kedepan.

data science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Setelah mengetahui besarnya peluang karir di bidang data, apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya? Yuk berkenalan dengan data science bersama DQLab! Modul DQLab sangat beginner friendly sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika belajar karena modulnya disusun secara terstruktur mulai dari basic hingga penerapannya di dunia industri. 

Segera klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk menikmati FREE modul "Introduce to Data Science" dengan bahasa pemrograman R dan Python serta ebook yang bisa diakses secara gratis 24 jam.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :