Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

Pentingnya Excel Sebagai Bekal Karir di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 15-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aa6a508558843c4842bf78b8bf5dce7e_x_Thumbnail800.jpeg

Era digital seperti sekarang sangat identik dengan penggunaan data. Data tersebut dapat digunakan untuk mencari strategi, laporan perusahaan dan sebagainya. Excel menjadi salah satu software yang tidak asing lagi di dunia perusahaan dan perkantoran. Menjadi skill utama bagi seorang administrator untuk mengelola laporan maupun data perusahaan, Excel juga kerap digunakan dalam dunia pendidikan. 


Software besutan microsoft ini membantu proses pengolahan data hingga modelling data. Jika kamu ingin mengolah data secara cepat, maka mempelajari Excel akan menjadi langkah yang pas untukmu. Ada beragam variasi rumus seperti conditional formatting, sparkline, pivot table, copy & filter, dan lain sebagainya untuk mengolah suatu data kompleks dengan cepat dan akurat sesuai kebutuhanmu.


Kemampuan menguasai Excel ini, juga seringkali dijadikan sebagai prasyarat dalam mencari pekerjaan sebagai kompetensi yang harus dimiliki. Selain itu, dengan melatih karyawan menggunakan fungsi-fungsi lanjutan Excel dapat membantu mereka menyajikan informasi mereka dengan lebih baik hingga ke manajemen tingkat atas. 


1. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas 

Excel menjadi alat utama untuk mempercepat produktivitas dan memungkinkan pekerja menjadi lebih efisien ketika berhadapan dengan sejumlah besar data serta perhitungan. Saat kamu memahami Excel di tingkat yang lebih lanjut, kamu akan memiliki kemampuan untuk menggunakan alat-alat yang lebih canggih. Hal itu memungkinkan kamu untuk menyelesaikan tugas-tugas kamu dan menganalisis data kamu lebih cepat.


Dengan Excel, kamu dapat membuat perhitungan yang lebih kompleks. Setelah formula ditulis dan kamu telah memprogram perintah yang kamu tetapkan, program akan melakukan semua pekerjaan untuk menyelesaikan perhitungan, membebaskan waktu kamu untuk tugas-tugas lain dan memastikan bahwa kamu memiliki data yang akurat saat pertama kali berkeliling.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menyusun Laporan Keuangan

Penyusunan laporan keuangan sangatlah penting untuk memastikan dana perusahaan keluar kemana saja dan untuk apa saja. Salah satu software yang banyak perusahaan gunakan untuk menyusun laporan keuangan salah satunya adalah Microsoft Excel.


Excel bisa menjadi alternatif software laporan keuangan. Dengan sifat software yang terdiri dari kumpulan baris dan kolom, akan memudahkan perancangan laporan keuangan berupa angka dengan fasilitas rumus perhitungan yang lengkap.


Rumus-rumus Excel akan membantu perhitungan angka dari data keuangan dengan cepat menggunakan fungsi penjumlahan, pengurangan, pembagian, rata-rata dan masih banyak ragam fungsi lainnya. Selain itu Excel juga memiliki kelebihan lainya yaitu memiliki banyak dukungan dari pihak ketiga. Dengan adanya banyak dukungan pihak ketiga, kamu dapat menggunakan tools-tools yang tersedia di internet yang dapat semakin memaksimalkan kinerja Microsoft Excel.


3.  Membuat Data Tabel, Statistik, dan Grafik 

Microsoft Excel telah memberikan kemudahan untuk pengguna ketika membuat dan menyusun tabel untuk menginput data yang banyak. Excel sendiri memiliki sekitar 1.084.576 jumlah baris dan 16.384 jumlah kolom.


Sebagai fungsi grafik, Excel menyuguhkan fitur grafik yang dapat mengubah data angka menjadi data grafik. Misalnya, data grafik berupa perkembangan jumlah penduduk per tahun, grafik perkembangan jumlah peserta didik di Indonesia, grafik kelulusan siswa, dan ragam grafik lainnya.


Excel juga difungsikan untuk data statistika, sebagai kemudahan pengelolaan data berupa masalah logika dan perhitungan matematika. Terdapat banyak jenis grafik yang bisa digunakan di Microsoft Excel seperti 

  • Column Chart, grafik kolom menyajikan kategori data dalam kolom atau baris di sepanjang sumbu horizontal dan  kategori nilai di sepanjang sumbu vertikal.

  • Line Chart, merupakan salah satu jenis bagan yang paling sering digunakan. Line chart atau grafik garis menampilkan data yang didistribusikan secara merata di sepanjang sumbu horizontal dan semua data nilai didistribusikan merata di sepanjang sumbu vertikal. 

  • Bar Chart, Jenis grafik ini menampilkan perbandingan di antara masing-masing item ke dalam bentuk batang di sepanjang sumbu vertikal dan nilainya di sepanjang sumbu horizontal

  • Combo Chart, menampilkan data dengan menggabungkan dua atau lebih jenis grafik ke dalamnya. Cara ini dilakukan agar data semakin mudah dipahami terutama ketika kamu ingin menyoroti variasi data yang berbeda.

     

4. Memformat dan Mengatur Ulang Data

Format spreadsheet kamu dengan mudah menggunakan nuansa warna yang berbeda, tebal, miring untuk menampilkan data yang paling penting ke depan. Sangat berguna ketika menyajikan serangkaian nomor berbeda yang relevan dengan topik yang sama, seperti informasi akuntansi termasuk laba sebelum pajak dan saldo yang dibawa ke depan oleh perusahaan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Excel memiliki beragam manfaat, dari mulai bangku pendidikan hingga karir di dunia kerja. Yuk uji pengetahuan Excel kamu dengan menyelesaikan kuis dari DQLab! Kuis ini FREE dan bisa kamu kerjakan dengan waktu serta tempat yang lebih fleksibel.


Segera akses kuisnya dengan cara Sign Up melalui DQLab.id kemudian masuk ke menu My Class dan pilih menu Quiz lalu klik button Excel dan akses kuis persiapan “Quiz Basic Excel”. Selamat mencoba!

Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :