TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

1 Hari 16 Jam 17 Menit 29 Detik

Pentingnya Kegunaan Python Ragam Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 28-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d313dc653a003f3689faf16737f1cbc5_x_Thumbnail800.jpeg

Dalam istilah teknis, Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi berorientasi objek dengan semantik dinamis yang terintegrasi terutama untuk web dan apps development. Bahasa pemrograman ini sangat menarik karena menawarkan pengetikan code yang dinamis. Python relatif sederhana sehingga mudah dipelajari karena membutuhkan sintaks unik yang berfokus pada keterbacaan. Developer dapat membaca dan menerjemahkan kode Python jauh lebih mudah daripada bahasa lain. Dengan kelebihan ini, perusahaan dapat mengurangi biaya maintenance dan pengembangan program karena tim dapat bekerja secara kolaboratif tanpa hambatan bahasa pemrograman dan gap pengalaman yang signifikan.


Di dunia bisnis, Python dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Dengan bantuan python, beberapa pekerjaan sama yang dilakukan berulang-ulang dapat diotomatisasi sehingga dapat menghemat biaya, tenaga, dan waktu. Selain itu, dengan bantuan Python, kita dapat mengurangi human error yang sering kali terjadi jika kita melakukan pekerjaan secara manual. Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas beberapa kegiatan yang berhubungan dengan bisnis yang bisa dikerjakan menggunakan python. Penasaran apa saja kegiatan tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Penetapan Target Customer yang Lebih Baik

Python

Informasi konsumen dapat dikumpulkan dari berbagai sumber seperti kuesioner, Google Analytics, dan customer survey untuk mengumpulkan informasi mengenai target pelanggan. Dengan bantuan Python dan pengaplikasian metode data science, perusahaan dapat menganalisis data, mengintegrasikan data, dan menghapus data yang berlebihan sehingga dapat membantu perusahaan untuk memilih kelompok target konsumen yang tepat agar kegiatan periklanan atau promosi lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, budget marketing dapat ditekan dan dialokasikan untuk hal lain yang lebih penting.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Kinerja Karyawan Lebih Efektif

Python dan data science adalah kombinasi yang powerful di era teknologi. Dengan kombinasi ini perusahaan dapat melacak, mengukur, mencatat, dan menganalisis matriks kinerja setiap karyawan sehingga target individu setiap karyawan lebih cepat sehingga semua pekerjaan karyawan dapat terpantau. Hal ini akan membantu perusahaan untuk melakukan plotting bagian mana yang perlu mendapatkan penambahan man power dan bagian mana yang harus dikurangi atau diotomatisasi. Strategi ini akan membantu perusahaan untuk mengefektifkan budget sumber daya manusia.


Python


3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Tepat

Python

Data science dapat membantu perusahaan menghindari sebagian besar risiko. Data dari berbagai sumber dapat dikumpulkan dan diproses untuk mengembangkan model dapat menggambarkan tindakan alternatif untuk membantu menentukan hasil terbaik sehingga perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan bukti. Model data science yang akan digunakan harus dikembangkan dan dilatih terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Salah satu tools populer yang bisa digunakan untuk membuat model semacam itu adalah Python. Dengan bantuan mesin, dengan hasil yang didapatkan dari proses pengolahan data menggunakan model tersebut, perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan data, fakta, dan minim bias.


4. Proses Perekrutan Lebih Cepat

Saat ini, departemen Sumber Daya Manusia dipenuhi dengan resume yang berasal dari media sosial, platform pencari pekerjaan, dan database perusahaan. Dengan banyaknya source yang ada, peran data science dapat dimanfaatkan untuk mempermudah tugas perekrut dengan memproses sejumlah aplikasi. Data science dapat diaplikasikan untuk membantu membuat materi ujian dan penilaian bakat berbasis data untuk membantu memilih kandidat yang tepat. Sama halnya seperti pada poin sebelumnya, untuk dapat mengembangkan model yang bisa memilah data kandidat yang sesuai kebutuhan, model data science harus dikembangkan dan dilatih dengan bahasa pemrograman, salah satunya adalah Python.


Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Ingin belajar banyak mengenai Python dan mengaplikasikannya secara langsung? Yuk eksplorasi project-project Python dari DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :