PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 30 Menit 1 Detik

Pentingnya Pelatihan Data Scientist untuk Entry Level

Belajar Data Science di Rumah 11-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-02-2024-01-11-130629_x_Thumbnail800.jpg

Bagi mereka yang baru memasuki dunia data, memilih pelatihan data scientist yang sesuai menjadi suatu kebutuhan esensial untuk membentuk lulusan dengan keterampilan data yang siap diaplikasikan di dunia kerja. Ini berlaku juga bagi individu entry level yang sedang mencoba peruntungan dalam industri data. Menjadi seorang data scientist memang menjadi idaman banyak orang pada saat ini.


Akan tetapi, jika peluang ini tidak dimanfaatkan dengan baik, ada risiko tertinggal jauh dibandingkan dengan pesaing atau kandidat lainnya. Oleh karena itu, bagi pemula dalam dunia data, kehadiran pelatihan data scientist menjadi sangat membantu, terutama dalam mengasah keterampilan dan meningkatkan kompetensi di bidang data science.


Pelatihan data scientist tidak hanya berperan dalam meningkatkan keterampilan, tetapi juga memiliki signifikansi besar dalam menjaga kelangsungan karir seorang entry level. Ini dikarenakan entry level di industri data perlu memiliki dasar yang kuat dan pemahaman yang mendalam terkait konsep-konsep data science.


Pelatihan ini membantu mereka mengembangkan keterampilan teknis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan kompleks dalam analisis data, machine learning, dan pengolahan data. Sejauh ini, pelatihan data scientist menjadi aspek krusial dalam mempersiapkan mereka untuk meraih kesuksesan di dunia profesional.


Artikel berikut akan membahas secara mendalam mengenai pentingnya pelatihan data scientist bagi individu entry-level. Simak yuk sahabat DQLab!


1.  Memahami Konteks Bisnis

Pentingnya pelatihan data scientist tidak hanya menonjolkan aspek teknis, tetapi juga memperkenalkan individu entry level pada pemahaman konteks bisnis yang berlaku pada setiap latar belakang perusahaan. Pemahaman ini menjadi krusial karena memungkinkan entry level untuk mengaitkan solusi data science dengan tujuan strategis dan kebutuhan bisnis perusahaan tempat mereka bekerja.


Hal ini memungkinkan seorang entry level data scientist mampu Memahami konteks bisnis membantu entry level dalam mengenali tantangan-tantangan utama yang dihadapi perusahaan. Hal ini memungkinkan mereka fokus pada pemecahan masalah yang benar-benar relevan dan bermanfaat untuk mencapai tujuan bisnis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2.  Peningkatan Daya Saing Individu

Kompetisi di pasar tenaga kerja data science cukup ketat. Pelatihan data scientist juga memberikan keunggulan tambahan kepada entry level dalam hal pengetahuan dan keterampilan, membuat mereka lebih kompetitif di pasar pekerjaan. 


Pengetahuan mendalam tentang metode analisis data yang diperoleh melalui pelatihan data scientist membuat entry level mampu menghadirkan pandangan yang lebih terperinci dan insight yang lebih bernilai bagi perusahaan. Ini menjadi keunggulan tambahan dalam membuktikan kemampuan dan relevansi mereka dalam proyek-proyek data science.


3.  Memperluas Jaringan Profesional

Program pelatihan data scientist seringkali menyediakan kesempatan berharga bagi entry level untuk berinteraksi dengan profesional data science yang telah berpengalaman dan juga sesama peserta pelatihan. Kehadiran profesional berpengalaman dalam program ini memberikan nilai tambah yang signifikan, karena entry level dapat belajar langsung dari pengalaman mereka di industri dan mendapatkan wawasan berharga terkait praktik terbaik dan tren terbaru dalam bidang data science.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Persiapan untuk Wawancara Kerja

Pelatihan data scientist dapat membantu entry level untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancara kerja. Dengan memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep data science dan pengalaman praktis, mereka dapat memberikan jawaban yang meyakinkan kepada calon perekrut.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login