FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 27 Menit 1 Detik 

Pentingnya Peran dan Aplikasi Statistik dalam Kehidupan Sehari-hari

Belajar Data Science di Rumah 14-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4d982c6bcd9bec7cbd921e6d63554517_x_Thumbnail800.png

Dalam kehidupan di era Big Data ini, statistik sangat berperan signifikan dalam membantu memudahkan kehidupan sehari-hari manusia. Contohnya, peranan statistik dapat dilihat dalam kegiatan ilmiah, kegiatan proses belajar mengajar, dan dalam kegiatan ilmu pengetahuan. Tidak cuma itu, penelitian dan statistik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Walaupun terdapat jenis penelitian yang tidak membutuhkan peran ilmu statistika, namun untuk bisa menghasilkan sebuah kesimpulan yang dapat digeneralisasikan ke sebuah populasi yang lebih luas, ilmu statistika sangat diperlukan. 


Dalam pengaplikasiannya, statistik memang mempunyai kaitan dan manfaat langsung dengan banyak hal dalam kehidupan manusia. Manfaat atau kegunaan statistik tentu saja tidak terbatas pada kegiatan ilmu pengetahuan seperti penelitian saja. Statistik juga dimanfaatkan secara luas, baik dalam bidang ilmu alam maupun dalam bidang bisnis, industri, dan ekonomi. Pada artikel berikut ini, kita akan mengetahui peranan statistik di berbagai bidang. Simak pembahasan berikut hingga akhir!


1. Sensus Penduduk

Penerapan ilmu statistika pada saat ini dapat ditemukan dalam berbagai bidang mulai dari astronomi, ekonomi, biologi hingga cabang-cabang ilmu terapannya. Salah satunya pada kegiatan sensus penduduk. Di Indonesia sendiri, salah satu badan milik pemerintah yang memiliki kewenangan atau otoritas dalam mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data statistik adalah Badan Pusat Statistik (BPS). BPS menyelenggarakan sensus penduduk dan beberapa survei yang datanya bisa digunakan oleh berbagai pihak mulai dari pemerintah, swasta hingga masyarakat luas sebagai sumber dalam mengambil keputusan. 

Sensus penduduk adalah suatu formalitas yang paling dikenal dan rajin diadakan oleh lembaga Badan Pusat Statistik pada tiap 10 tahun sekali. Sensus penduduk di tingkat provinsi dilaksanakan oleh kantor Gubernur, di tingkat Kabupaten/Kotamadya dilakukan di kantor Bupati/Walikota, dan pada tingkat Kecamatan dibentuk divisi yang khusus melaksanakan sensus. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Ekonomi dan Bisnis

Di bidang ekonomi, statistik juga memiliki peran yang sangat penting. Peran-peran penting tersebut berkaitan dengan pengumpulan data perekonomian bangsa. Lebih khusus, peran tersebut antara lain untuk mengetahui hal-hal seperti berikut:

  • Kebijakan pemerintah terhadap adanya inflasi.

  • Peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penurunan angka kemiskinan.

  • Tingkat pengangguran hingga pendapatan masyarakat.

  • Persentase pertumbuhan ekonomi Indonesia.

  • Pemetaan pendidikan dan kemiskinan masyarakat.

Di dalam bisnis dan industri, statistik memainkan peran penting dalam kontrol kualitas (quality control) dan pengembangan produk. Contohnya pada sebuah perusahaan mobil, statistik dapat merancang eksperimen untuk menentukan waktu kegagalan mesin yang terpapar pada kondisi cuaca ekstrem. Contoh lain di perusahaan perangkat lunak komputer, statistik dapat membantu membangun paket perangkat lunak statistik baru untuk menganalisis data secara lebih akurat dan efisien. Statistik juga dapat mengelola aset dan liabilitas, menentukan risiko dan pengembalian investasi tertentu.


3. Pemasaran dan Pengembangan Produk

Pada bidang pemasaran, statistika pada umumnya diterapkan untuk dapat membantu seorang produsen dan juga penyalur ketika menilai jenis barang dan berapa minimal barang yang nantinya akan mereka produksi dan yang akan dipasarkan ke luar atau ke target pemasaran itu sendiri. Barang yang akan dipasarkan dipilih berdasarkan survei yang dilakukan berdasarkan statistika yaitu barang apa yang paling diminati oleh konsumen. Tidak hanya itu, statistik dalam pemasaran juga dapat digunakan untuk riset dan pengembangan dari produk, segmentasi pasar, analisis potensi, penetapan harga, dan sebagainya.

Dengan menggunakan statistik, perencanaan dan peramalan dapat dibuat sebaik mungkin dan perubahan yang terjadi dapat diatasi sedini mungkin. Statistik berguna untuk mendapatkan data yang benar-benar berkualitas demi menghasilkan keputusan yang berkualitas juga. Hal ini dilakukan agar kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dalam bisnis dapat diminimalisir.


4. Peran Statistik dalam Bidang Engineering 

Peran statistik tidak kalah penting dalam bidang Engineering. Semua insinyur menyadari hal itu setelah mereka masuk ke dunia kerja. Mulai dari mendesain produk, membuat produk jadi dan membuat produk tersebut berfungsi, pada setiap tahap dan proses seorang insinyur membutuhkan bantuan statistik. Mulai dari tahap awal yaitu menginput data hingga produk tersebut jadi, statistik menjadi tools yang sangat dibutuhkan oleh para insinyur.

Salah satu contoh dari penerapan ilmu statistika dalam bidang engineer dapat dilihat pada perhitungan jumlah produksi barang/jasa yang dapat mencapai keuntungan maksimum, kapan waktu yang tepat untuk mengembangkan produk baru atau menambah produksi, membantu melakukan quality control agar produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang diinginkan dengan tingkat biaya yang minimum.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar dan Terapkan Ilmu Statistik Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan hingga Karir Bersama DQLab!

Itulah beberapa contoh aplikasi statistik dalam kehidupan sehari-hari di berbagai macam bidang. Tidak peduli latar belakang pendidikanmu apa, statistik akan tetap dibutuhkan. DQLab sebagai wadah pembelajaran Data Science berbasis kursus online, siap memberikan solusi bagi kamu yang ingin berkarir di industri, namun tidak memiliki bekal apapun. Di sini kamu akan mempelajari Data Science secara bertahap, mulai dari yang dasar hingga tingkat lanjut. Modul-modul di DQLab pastinya bisa kamu akses secara GRATIS jika kamu membuat akun di DQLab.id. Yuk, saatnya mulai pengalaman belajar Data Sciencemu sekarang!



Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :