Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Pentingnya Peranan Python Bagi Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 26-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2024-03-25-210428_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman saat ini merupakan skill yang perlu dikuasai jika kamu ingin mulai mencoba berkarir dalam bidang teknologi dan informasi. Seperti yang telah kita ketahui penguasaan bahasa pemrograman tentu akan sangat memudahkan karir seseorang. Salah satu bahasa pemrograman yang sedang hype adalah python. Kita perlu mengetahui pentingnya python untuk persiapan karir yang dapat menyeimbangkan perkembangan teknologi seperti sekarang ini.


Bahasa python adalah suatu bahasa pemrograman yang memiliki beragam manfaat,. Bahasa python ini populer di kalangan praktisi data maupun engineer. Bahasa python pun memiliki komunitas yang besar dan banyak sehingga cukup membantu pengguna ketika ingin berdiskusi dengan sesama anggota. Selain itu, python juga memiliki banyak library dan tools yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.


Pada artikel kali ini khususnya kita akan membahas seberapa penting penguasaan bahasa python untuk persiapan dalam berkarir. Yuk, simak bersama-sama!


1. Dibutuhkan Banyak Perusahaan

Saat ini telah banyak kita jumpai keberadaan berbagai perusahaan di beberapa bidang. Setiap perusahaan tentu memiliki visi misi masing-masing serta sistem database yang aman dan bermanfaat untuk kepentingan tertentu. Database berisi kumpulan data yang terdiri dari berbagai bentuk baik terstruktur maupun tidak terstruktur.


Banyaknya data yang tersedia ini perlu diolah oleh seorang yang profesional dan ahli dibidangnya dengan menggunakan bantuan bahasa pemrograman seperti python maupun bahasa lainnya.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Mudah Dipelajari

Seperti yang telah diketahui bahwa pada masa kini kemampuan bahasa pemrograman sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang industri. Bagi seorang pemula yang baru memulai belajar bahasa pemrograman tentu saja memilih bahasa yang mudah dipelajari dan mudah dimengerti.


Bahasa python termasuk ke dalam kategori tersebut. Bahasa python dikenal dengan sintaksnya yang mudah dimengerti oleh pengguna dan telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Para praktisi data juga banyak menggunakan bahasa python di dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.

Python


3. Sering Digunakan dalam Data Science

Data science atau biasa dikenal dengan ilmu data merupakan suatu bidang ilmu yang terdiri dari berbagai bidang seperti matematika, sistem informasi, statistika, manajemen bisnis, bahasa pemrograman, dan lainnya. Data science ini dalam penerapannya menggunakan bahasa pemrograman.


Python termasuk salah satu jenis bahasa yang saat ini banyak digunakan oleh data scientist. Hal ini dikarenakan python memiliki berbagai kelebihan seperti mudah dipelajari, bersifat open source, dan memiliki komunitas yang besar.


4. Memiliki Komunitas yang Besar

Setiap bahasa pemrograman pada umumnya memiliki komunitas atau perkumpulan. Menurut SlashData, komunitas bahasa python termasuk ke dalam salah satu komunitas bahasa pemrograman terbesar dari tahun 2017 sampai tahun 2021. Bahkan, komunitas python ini juga selalu menduduki peringkat 3 besar.


Hal ini tentunya membuktikan bahwa bahasa python merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan bahkan untuk proyek artificial intelligence yang berkaitan dengan pengembangan karir masa kini.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bahasa python memiliki peranan penting dalam berbagai hal, terutama dalam karir atau pekerjaan seseorang. Pentingnya peranan python dalam karir ini membuat kita perlu mempelajari python dengan maksimal. Kamu bisa mulai belajar python dari dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login