3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 44 Menit 15 Detik

Pentingnya Python dalam Data Science pada 2024

Belajar Data Science di Rumah 18-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-01-2024-01-18-125540_x_Thumbnail800.jpg

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, tahun 2024 menandai puncak peran penting Python dalam dunia Data Science. Python, sebuah bahasa pemrograman yang ramah pemula, telah tumbuh menjadi tulang punggung dalam ekosistem Data Science. Dengan kemampuannya yang serbaguna, kita akan menjelajahi mengapa Python memiliki peranan yang semakin vital dalam membentuk masa depan data science, membuka pintu untuk inovasi dan kemajuan yang tak terbatas.


Python tidak hanya menjadi bahasa pemrograman biasa; ia telah menjadi pilihan utama bagi para data scientist, analis data, dan para profesional IT di seluruh dunia. Bahkan, pada tahun 2024, posisinya semakin kokoh sebagai bahasa yang tidak hanya mudah dipelajari, tetapi juga efektif dalam menangani kompleksitas analisis data. 


Jika kalian memiliki kemampuan menggunakan Python, sudah pasti jenjang karir kalian akan cemerlang. Karena banyak jenis pekerjaan yang bisa kalian lakukan dengan kemampuan tersebut. Diantaranya Web Developer, Data Analyst, Data Engineer, Data Scientist, Cyber Security, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Python sangat penting untuk persiapan karir!



1. Tren Ekosistem Data Science yang Semakin Mengarah ke Python

Python

Dalam era di mana data menjadi aset paling berharga, Python menjadi bahasa yang paling relevan untuk dikuasai. Pustaka seperti Pandas untuk manipulasi data, NumPy untuk operasi numerik, dan Matplotlib untuk visualisasi, semuanya memperkuat posisi Python sebagai bahasa yang esensial dalam ekosistem Data Science. Inilah mengapa, di tahun 2024, kita melihat tren yang semakin mengarah ke Python sebagai pilihan utama para praktisi data science.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kemudahan dalam Menerapkan Algoritma Machine Learning

Python

Dalam dunia di mana machine learning semakin memegang peranan sentral, Python menyajikan lingkungan yang sangat mendukung. Melalui library seperti Scikit-Learn dan TensorFlow, para data scientist dapat dengan mudah mengimplementasikan algoritma machine learning tanpa harus menjadi ahli dalam matematika atau statistik. Ini memberikan peluang lebih besar bagi semua orang untuk terlibat dalam pengembangan model machine learning yang canggih.


3. Komunitas Python yang Besar dan Aktif

Python

Salah satu kekuatan utama Python adalah komunitas yang besar dan aktif di seluruh dunia. Komunitas ini memberikan dukungan, berbagi pengetahuan, dan memfasilitasi kolaborasi. Apa pun kendala yang mungkin dihadapi oleh pemula atau profesional berpengalaman, komunitas Python selalu siap memberikan solusi. 


4. Fleksibilitas dalam Pengembangan Aplikasi

Python bukan hanya tentang Data Science. Pada tahun 2024, Python semakin dikenal sebagai bahasa pemrograman yang fleksibel untuk pengembangan aplikasi. Framework seperti Django untuk pengembangan web dan Flask untuk aplikasi ringan semakin memperkuat posisi Python sebagai pilihan utama dalam dunia pengembangan perangkat lunak.


5. Ketersediaan Sumber Daya dan Materi Pembelajaran

Dengan pertumbuhan popularitasnya, sumber daya pembelajaran Python semakin melimpah. Tutorial online, kursus, dan forum diskusi dapat diakses dengan mudah, membantu para pemula untuk belajar Python dengan cepat dan efektif. Ini menjadikan Python sebagai bahasa yang ramah pemula dan memberikan aksesibilitas yang luas untuk semua kalangan.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Dengan pemahaman dasar-dasar ini, setidaknya kita sudah memiliki fundamental yang cukup kuat untuk memulai belajar Python. Selanjutnya, kita bisa menjelajahi topik lebih lanjut seperti struktur data, pemrograman berorientasi objek, serta library Python.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :