JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 10 Jam 21 Menit 30 Detik

Pentingnya Python untuk Profesi Back-End Developer

Belajar Data Science di Rumah 07-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2024-01-05-161152_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa go around di berbagai bidang industri maupun pekerjaan. Tak hanya di ranah industri data, python kerap kali digunakan dalam perakitan website yang ditangani langsung oleh back-end developer. Keberadaan python bagi profesi back-end developer justru penting karena Python menyediakan beragam framework dan library yang mempermudah proses pengembangan back-end.


Salah satu framework yang populer adalah Django, yang memberikan struktur yang kokoh dan tools bantu untuk membangun aplikasi web yang kompleks. Kelebihan lainnya ialah Python memungkinkan developer untuk menulis kode dengan sintaks yang bersih dan mudah dimengerti, sehingga mempercepat proses pengembangan.


Dalam konteks pengembangan web, Python memiliki kerangka kerja (framework) yang kuat seperti Django dan Flask, yang memudahkan pengembang dalam merancang dan memelihara aplikasi web yang skala besar. Keberlanjutan Python dalam ekosistem teknologi modern menjadikannya pilihan utama bagi banyak pengembang di seluruh dunia, menjembatani kesenjangan antara pemula dan ahli dalam dunia pemrograman.


Lalu, sepenting apa sih bahasa pemrograman Python ini dalam ranah pekerjaan sebagai back-end developer? Simak selengkapnya lewat artikel berikut ini ya sahabat DQLab!


1. Kemudahan dalam Penggunaan 

Python memiliki keunggulan yakni mudah untuk digunakan utamanya pada profesi back-end developer. Python dikenal dengan sintaksis yang mudah dipahami. Cocok jadi pilihan yang baik bagi pemula dan developer berpengalaman. Bahasa yang mirip dengan bahasa Inggris membuat developer tidak kesusahan sehingga mengurangi kesalahan penulisan dan mempercepat proses pengembangan lebih efektif.


Selain mudah dipahami, Python juga menonjol dalam fleksibilitasnya, memungkinkan back-end developer untuk mengekspresikan ide dan pemikiran mereka dengan cara yang lebih bebas. Keleluasaan ini sangat berharga dalam menyusun solusi-solusi yang inovatif dan efisien untuk tantangan-tantangan pengembangan back-end. Bahkan, kecenderungan Python untuk mengedepankan "kejelasan" dalam kode membuatnya lebih mudah untuk dipelihara dan dimodifikasi oleh tim pengembang yang berbeda.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Ekosistem dan Framework yang Kuat

Python juga memiliki beragam kerangka kerja back-end yang kuat, seperti Django, Flask, dan FastAPI yang memudahkan pengembangan aplikasi website maupun perakitan API. Ketiganya memberikan dukungan yang baik untuk pengembangan web modern dan API, memungkinkan back-end developer untuk memilih kerangka kerja yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek mereka. Kombinasi antara keunggulan Python sebagai bahasa pemrograman dan kerangka kerja back-end yang kuat menjadikan pengembangan aplikasi web dan API lebih efisien dan efektif


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


3. Scalable dalam Proyek Perakitan Website yang Besar

Tak hanya itu saja, Python juga digunakan sebagai andalan back-end untuk mengerjakan proyek perakitan yang scalable pada website besar. Python mampu menangani proyek perakitan back-end pada skala besar dengan sangat baik, membuatnya menjadi andalan utama untuk pengembangan website yang scalable. Dengan kemampuan Python dalam manajemen memori dan performa yang baik, bahasa ini dapat menangani lalu lintas yang tinggi dan kompleksitas sistem yang berkembang seiring waktu.


Keberlanjutan Python dalam pengembangan website yang besar juga tercermin dalam penggunaannya sebagai bagian dari arsitektur mikro servis. Dengan pendekatan mikro servis, berbagai bagian dari website dapat dikembangkan dan dikelola secara terpisah menggunakan Python, memungkinkan skalabilitas yang lebih baik, pemeliharaan yang lebih mudah, dan penerapan perubahan yang cepat.


Dengan semua ini, Python menjadi pilihan yang kuat bagi back-end developer yang ingin membangun dan merancang proyek-proyek perakitan untuk website besar. Keandalan, skalabilitas, dan kemudahan dalam pengembangan membuat Python menjadi bahasa yang sangat dihargai dalam menghadapi tuntutan kompleksitas dan skala dalam dunia pengembangan web modern.


4. Penggunaan yang Relevan dalam Teknologi Terkini

Python mampu menunjukkan kehebatannya tidak hanya dalam ilmu data dan kecerdasan buatan, melainkan juga menjadi kekuatan yang luar biasa dalam pengembangan web yang ditangani langsung oleh back-end developer. Dengan sintaksis yang bersih dan mudah dipahami, Python menjadi pilihan favorit untuk membangun berbagai jenis aplikasi, mulai dari desktop hingga mobile. Kelebihan Python juga terletak pada kemampuannya untuk mengintegrasikan teknologi-teknologi terkini seperti kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin, dan pengolahan citra.


Selain itu, Python digunakan dalam pengembangan game dan simulasi, di mana popularitasnya terus meningkat berkat kerangka kerja (framework) seperti Pygame dan Panda3D. Kemudahan dalam penulisan kode membuatnya ideal untuk proyek-proyek besar dan kompleks, mempercepat proses pengembangan tanpa mengorbankan keandalan dan performa.


Hai sahabat DQ, ingin jago dalam bahasa pemrograman Python? Atau bingung buat pilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan ingin belajar lebih lanjut? Kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan oleh DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang Data Science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login