PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 5 Jam 57 Menit 39 Detik

Pentingnya Staff NON IT Memahami Dashboard Excel

Belajar Data Science di Rumah 30-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aba49c5a225ba4dc616299ab063f4205_x_Thumbnail800.jpeg

Pemahaman Excel sangat penting dimiliki oleh karyawan baik yang bekerja di bidang data maupun non data. Terlebih dengan adanya era digital saat ini, setiap informasi yang berkaitan dengan perkembangan perusahaan akan lebih efektif jika disajikan secara ringkas. Salah satu cara memanfaatkan Excel dalam hal ini adalah dengan membuat dashboard. Fungsinya untuk meringkas informasi dalam satu platform yang bisa diakses oleh semua orang.


Kemampuan membuat dashboard Excel bagi karyawan dapat ditingkatkan oleh perusahaan dengan melakukan berbagai kegiatan pengembangan skill. Salah satunya adalah dengan employee training. Seberapa penting sebenarnya kehadiran Excel untuk perusahaan? Mengapa karyawan juga perlu tahu tentang dashboard? Berikut artikel yang akan menjelaskan detail manfaat dashboard dan fungsinya!


1. Pentingnya Dashboard dalam Bisnis

Excel

Dalam dunia bisnis yang berkembang saat ini, memiliki informasi yang mudah diakses dan dapat dipahami oleh semua pihak sangat penting untuk mendorong pengambilan keputusan yang cepat. Keputusan ini nantinya akan membantu meningkatkan perkembangan bisnis. Sehingga dibutuhkan pengelolaan informasi yang efisien dalam bentuk dashboard. Dashboard adalah ringkasan satu halaman dari kondisi bisnis dan bagaimana kinerjanya terhadap metrik utama yang menurut stakeholder penting untuk diukur. Dashboard berisi insight dan analisis data secara real-time yang cepat dan mudah dipahami sehingga membantu dalam meningkatkan pengambilan keputusan bisnis. 


Berikut 5 alasan untuk mengapa perlu mempertimbangkan penggunaan dashboard pada bisnis.

  • Memonitor beberapa metrik dalam satu waktu sekaligus. Dengan dashboard kalian dapat dengan efektif melakukan evaluasi terhadap beberapa metrik perusahaan tanpa harus mengakses banyak dokumen atau tools yang berbeda. Cara ini juga memudahkan kalian untuk membandingkan pertumbuhan bisnis dari berbagai aspek.

  • Dapat diakses oleh banyak pihak. Dashboard dapat diakses oleh banyak user yang diberi akses, dimanapun mereka dan apapun device yang digunakan. Cara ini tidak hanya memudahkan pekerjaan dengan sistem remote, tapi juga memudahkan kolaborasi dari beragam departemen.

  • Mudah untuk dibaca dan dipahami. Dashboard dirancang agar user langsung mengakses data terpenting saat membukanya. Cara ini menghemat banyak waktu karena user tidak harus mencari folder atau file tertentu untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. 


2. Komponen yang Harus Ada dalam Dashboard

Excel

Agar dashboard dapat berguna secara optimal, terdapat beberapa komponen penting yang harus ada. Berikut adalah komponen yang tidak boleh terlewatkan.

  • Grafik dan diagram. Grafik dan diagram adalah salah satu komponen penting dalam dashboard. Grafik dan diagram membantu pengguna bisnis untuk memvisualisasikan data dan informasi bisnis dalam bentuk yang mudah dipahami. Grafik dan diagram yang umum digunakan dalam dashboard di antaranya grafik bar, grafik garis, pie chart, dan heatmap. Grafik dan diagram ini membantu pengguna bisnis untuk melihat tren dan pola dalam data, sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik.

  • Key Performance Indicator. KPI adalah metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja bisnis. KPI harus menjadi bagian penting dari dashboard. KPI membantu pengguna bisnis untuk memantau kinerja bisnis secara real-time. Contoh KPI yang umum digunakan adalah penjualan, margin keuntungan, dan biaya operasional. KPI ini membantu pengguna bisnis untuk melihat bagaimana bisnis mereka berjalan secara keseluruhan.

  • Filter dan fokus. Filter dan fokus adalah komponen yang harus ada dalam dashboard agar pengguna bisnis dapat fokus pada informasi yang penting dan relevan bagi bisnis. Filter dan fokus memungkinkan pengguna bisnis untuk memilih data yang ingin dilihat dan dianalisis. 

  • Detail penjelasan. Laporan dan detail adalah komponen penting dalam dashboard yang membantu pengguna bisnis untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci tentang kinerja bisnis. Laporan dan detail dapat membantu pengguna bisnis untuk mengidentifikasi masalah atau peluang yang tidak terlihat dalam tampilan dashboard yang lebih umum. 


Baca juga : Kenali 4 Ilmu Dasar Excel untuk Profesi Admin


3. Membuat Dashboard Excel Sederhana

Excel

Ini hal yang bisa kalian lakukan untuk memulai membuat dashboard Excel yang sederhana.

  • Langkah pertama: Menentukan tujuan dashboard. Sebelum memulai membuat dashboard Excel, kalian harus menentukan tujuan dashboard tersebut. Tujuan dashboard haruslah spesifik dan terukur sehingga dapat membantu kalian dalam mendesain dan memilih informasi yang akan ditampilkan.

  • Langkah kedua: Menyiapkan data. Setelah menentukan tujuan dashboard, langkah selanjutnya adalah menyiapkan data yang akan digunakan dalam dashboard tersebut. Data yang dibutuhkan tergantung pada tujuan dashboard yang telah ditetapkan.

  • Langkah ketiga: Membuat tampilan dashboard. Setelah data telah disiapkan, kalian dapat mulai membuat tampilan dashboard Excel sederhana. Beberapa komponen yang perlu ada dalam dashboard antara lain grafik dan diagram, KPI, filter dan fokus, laporan dan detail, dan pemantauan real-time. Kalian dapat memilih komponen yang sesuai dengan tujuan dashboard yang telah ditetapkan.

  • Langkah keempat: Memformat dashboard. Setelah tampilan dashboard selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memformat dashboard agar terlihat lebih menarik dan mudah dibaca. Kalian dapat menggunakan warna, font, dan elemen desain lainnya untuk memperindah tampilan dashboard.

  • Langkah kelima: Memeriksa dan mengoptimalkan dashboard. Setelah dashboard selesai dibuat, langkah terakhir adalah memeriksa dan mengoptimalkan dashboard. Kalian dapat memeriksa apakah semua komponen dalam dashboard berfungsi dengan baik dan melakukan perbaikan jika diperlukan.


Baca juga : Latih Skill Excel untuk Admin Marketing Bersama DQLab 


4. Pelajari Lebih Lanjut di DQLab!

Untuk mampu membuat dashboard yang informatif, kalian tentunya perlu memahami penggunaan beragam fungsi dan juga rumus yang dimiliki oleh Excel. Bahkan dashboard juga membutuhkan visual grafik yang tepat agar insight yang ingin disampaikan mudah dipahami oleh pembaca. Kalian juga harus bisa membuat bermacam grafik dan disesuaikan dengan yang kalian miliki, kan? Oleh karena itu, yuk mulai pelajari dasar-dasar Excel di DQLab!

Excel


Kalian bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun tanpa background IT, lho. Di sini kalian juga akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti Excel dan tools advance lain seperti Python, R, dan Tableau. 


Dengan bermodalkan koneksi internet, kalian bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kalian bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Tidak hanya itu, DQLab juga menawarkan corporate service untuk memberikan fasilitas training kepada karyawan atau perusahaan.

Excel

Benefitnya antara lain:

  • Konsultasi gratis untuk service yang tepat sesuai kondisi perusahaan

  • Pengembangan Action Plans yang sesuai dengan output yang diinginkan perusahaan

  • Solusi pelatihan atau layanan yang membantu pengembangan kemampuan karyawan


Tunggu apa lagi? Segera Sign Up di sini!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login