SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 32 Menit 41 Detik

Peran Bootcamp Data Scientist, Siap Alih Karir 2024

Belajar Data Science di Rumah 03-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-02-2024-06-04-211132_x_Thumbnail800.jpg

Bidang data science telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Sejak bidang ini muncul, tentunya telah mengubah cara perusahaan mengelola, menginterpretasi, dan mengoptimalkan data mereka. Namun sayangnya, di balik perkembangan data science yang cukup pesat perkembangannya muncul permasalahan yakni kekurangan tenaga data scientist.


Kekurangan tenaga data scientist menjadi semakin terasa karena permintaan akan profesional yang memiliki keterampilan analisis data yang mendalam terus meningkat, sementara pasokan tenaga kerja yang berkualitas dalam bidang ini masih terbatas.


Pada titik inilah bootcamp data scientist memainkan peran yang signifikan. Mereka bertindak sebagai jembatan antara kebutuhan industri akan professional data scientist yang berkualitas dan individu yang ingin memasuki atau memajukan karir mereka di bidang data science.


Dengan menawarkan program-program intensif yang mengajarkan keterampilan yang relevan dengan cepat dan efisien, bootcamp membantu mengurangi kesenjangan antara permintaan dan penawaran dalam tenaga kerja data scientist. Lalu, bagaimana bootcamp data scientist bisa membantu mengisi celah dalam tenaga kerja data scientist di bidang data science? Simak penjelasan lengkapnya yuk sahabat DQLab!


1. Pembelajaran Berbasis Proyek

Salah satu keunggulan bootcamp data scientist adalah pendekatannya yang kuat pada pembelajaran berbasis proyek. Peserta akan terlibat dalam proyek-proyek praktis yang mensimulasikan tantangan yang mereka hadapi di tempat kerja sehari-hari. Hal ini membantu mereka membangun portofolio yang kuat yang menarik perhatian perusahaan yang mencari profesional data scientist.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kurikulum yang Terfokus pada Keterampilan Praktis

Bootcamp data scientist sering kali menawarkan kurikulum yang terfokus pada keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Mereka mengajarkan bahasa pemrograman seperti Python dan R, serta kerangka kerja analisis data seperti TensorFlow dan PyTorch. Dengan demikian, lulusan bootcamp datang dengan keterampilan yang langsung dapat diterapkan dalam lingkungan kerja.


3. Kesempatan Khusus untuk Lulusan Non-IT

Bootcamp data scientist juga memperluas jangkauannya untuk individu lulusan non-IT yang tertarik memasuki bidang data science. Mereka menawarkan program-program yang dirancang khusus untuk mereka yang mungkin tidak memiliki latar belakang teknis yang kuat di bidang data science, tetapi memiliki minat dan motivasi untuk belajar. Ini membuka pintu bagi lebih banyak orang untuk memanfaatkan peluang karir yang tersedia di bidang ini.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Menawarkan Jangkauan Fleksibilitas dan Aksesibilitas

Bootcamp data scientist sering kali menawarkan fleksibilitas dalam hal jadwal dan lokasi. Mereka dapat diikuti secara online dari mana saja di dunia sehingga memungkinkan individu untuk belajar tanpa harus meninggalkan pekerjaan atau lokasi mereka saat ini. Ini membuat pendidikan data science lebih mudah diakses oleh siapa saja dari berbagai latar belakang pekerjaan dan wilayah domisili masing-masing peserta.


Dengan demikian, bootcamp data scientist tidak hanya mengatasi kekurangan tenaga kerja dalam bidang data science, tetapi juga membantu meningkatkan aksesibilitas dan diversitas dalam industri ini. Mereka menciptakan jalur pintas bagi individu dari berbagai latar belakang untuk memasuki dan berkembang dalam karir yang sangat dibutuhkan dan menjanjikan. Dengan terus berkembangnya kompleksitas data dalam ekonomi digital saat ini, peran bootcamp data scientist mungkin akan menjadi lebih penting lagi dalam mengisi celah dalam kebutuhan akan tenaga kerja data scientist yang berkualitas.


Mengikuti bootcamp data scientist merupakan pilihan tepat bagi kamu yang ingin belajar dan mendalami skillset seorang data scientist. DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login