JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 2 Jam 2 Menit 17 Detik

Peran Data Engineer dalam Memastikan Integritas Data

Belajar Data Science di Rumah 31-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-04-2024-04-01-210304_x_Thumbnail800.jpg

Job description Data Engineer merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh pemula yang tertarik menjadi Data Engineer. Job description sendiri merupakan penjelasan yang mendefinisikan peran, tanggung jawab, kualifikasi, serta harapan yang diinginkan dari para profesional di suatu organisasi. Penjelasan ini akan membantu calon karyawan untuk memahami apa yang diharapkan oleh perusahaan dari mereka dalam peran tersebut, serta membantu manajemen untuk merekrut karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Salah satu job description utama dari seorang Data Engineer adalah memastikan ketersediaan dan integritas data. Tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah peran yang krusial dalam menjaga data yang digunakan untuk analisis dan pengambilan keputusan agar tetap akurat, konsisten, dan dapat diandalkan. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana Data Engineer menjalankan tanggung jawabnya dalam memastikan ketersediaan dan integritas data. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengelolaan Data Flow

Data Engineer

Data engineer bertanggung jawab penuh atas proses pengelolaan aliran data dari berbagai sumber. Pada dasarnya, data yang digunakan untuk proses analisis data sangat jarang jika hanya berasal dari satu sumber dan langsung lengkap. Biasanya praktisi data akan mengambil dari berbagai sumber untuk bisa menjawab permasalahan yang ada.


Data Engineer akan memastikan bahwa data dikumpulkan secara tepat waktu dan diproses dengan benar sebelum disimpan dalam sistem penyimpanan data. Hal ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan data yang tepat waktu untuk digunakan dalam analisis dan pengambilan keputusan.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Implementasi Kebijakan Kepatuhan Data

Data Engineer

Seorang Data Engineer juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa data yang dikelola telah sesuai dengan peraturan dan kebijakan privasi data yang berlaku. Mereka dapat mengimplementasikan kontrol akses yang tepat dan mengelola izin akses data guna memastikan bahwa hanya orang yang berwenang yang dapat mengakses data sensitif, sehingga dapat menjaga integritas data dan keamanan informasi.


3. Pemantauan dan Pengelolaan Kualitas Data

Data Engineer

Sebagian besar pekerjaan seorang Data Engineer akan melibatkan pemantauan dan pengelolaan kualitas data secara terus-menerus. Mereka dapat menggunakan alat pemantauan dan pemrosesan data untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah kualitas data seperti duplikasi, kesalahan format, serta ketidakcocokan antara sumber data. Dengan begitu, Data Engineer dapat memastikan bahwa data yang digunakan untuk analisis memiliki integritas yang tinggi dan dapat diandalkan.


4. Pemeliharaan dan Pemulihan Data

Data Engineer

Terakhir, Data Engineer juga bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pemulihan data jika terjadi kegagalan sistem atau kehilangan data. Mereka mengelola life cycle data, melakukan pencadangan data secara teratur, serta mengembangkan strategi pemulihan yang efektif untuk memastikan bahwa data dapat dipulihkan dengan cepat dalam situasi darurat, sehingga menjaga ketersediaan dan integritas data yang kritis.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Dengan menjalankan tanggung jawab ini secara efektif, seorang Data Engineer memainkan peran yang penting dalam menjaga ketersediaan dan integritas data yang diperlukan untuk analisis dan pengambilan keputusan yang efektif dalam organisasi. Hal ini akan sangat membantu organisasi dalam memanfaatkan potensi data mereka dengan optimal dan mencapai tujuan bisnis mereka dengan lebih baik.


Tertarik menjadi Data Engineer? Kamu bisa mulai dengan mempelajari modul-modul Python, R, dan Tableau yang disediakan oleh DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login