Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS
SIGNUP GRATIS

Peran Penting Contoh Teknik Pengolahan Data untuk Tingkatkan Nilai Bisnis Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 04-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3fe23ede22883a38ce42e9b6de2e464a_x_Thumbnail800.png

Banyaknya jumlah serta bervariasinya sebuah data yang dimiliki oleh suatu perusahaan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah-masalah terkait bisnis yang sebelumnya tidak dapat ditangani oleh perusahaan. Dari pengaruh tersebut, kini banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memanfaatkan data yang dalam jumlah besar tersebut seoptimal mungkin untuk menghasilkan insight yang dapat mendorong kemajuan bisnis. 


Semakin berkembangnya teknologi, tools dan perangkat yang lain juga ikut berkembang untuk memberikan kemudahan. Salah satu teknik yang wajib ditemukan dalam setiap penelitian adalah teknik pengolahan data. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan berbagai macam teknik pengolahan data untuk memudahkan proses kerja-kerja bisnis. Perusahaan juga memanfaatkan teknik ini untuk mengetahui apa saja yang disukai oleh konsumen, kapan konsumen membeli produk, dan lain sebagainya. Teknik pengolahan data terbukti membantu perusahaan dalam mengoptimalkan laju bisnis mereka. 


Bagi kamu yang tertarik untuk memahami lebih lanjut peran sebuah teknik pengolahan data, DQLab akan berbagi secara lengkap penjelasan mengenai bagaimana pengaruhnya pengolahan data dalam menangani sejumlah data agar kamu semakin yakin menggunakannya dalam berbagai bidang di industri. 


1. Data Menjadi Lebih Terorganisir

Jenis data bermacam bentuknya, bisa berupa angka, teks, gambar, suara, video, dan lainnya. Pertukaran data yang sangat cepat menyebabkan data yang bertumpuk. Nah, data yang bervariasi dengan jumlah yang banyak ini perlu diorganisir. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh teknik pengolahan data seperti melakukan proses aritmatika dan logis untuk data, penyimpanan dan pemrosesan program data serta pengambilan program input data. Aktivitas ini termasuk dalam pengolahan data yang dapat meminimalisir kerja manusia karena dikerjakan secara otomatis oleh komputer serta memudahkan dalam mengorganisir data di perusahaan yang mana tentunya data yang dimiliki tidaklah sedikit. 


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Meningkatkan Efisiensi Operasional dan Manajemen Waktu Perusahaan

Ketika mengumpulkan sebuah data dari lapangan, biasanya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Diperlukan waktu yang lama untuk mendapatkan data yang maksimal. Data yang masuk kedalam perusahaan pun juga tidak langsung dalam keadaan bersih dan masih diperlukan proses data cleansing untuk mendeteksi dan memperbaiki database yang korup ataupun yang tidak akurat. Dengan adanya pengolahan data yang tepat akan dapat mempercepat proses pengumpulan data yang diperlukan karna akan otomatis dikategorikan dimana akan mempermudah seorang praktisi data nantinya.

Dengan pengolahan data, kita dapat memantau apa yang terjadi pada kegiatan operasional sehingga bisa dengan cepat dan tepat mengambil langkah jika terjadi masalah. Memanfaatkan pengolahan data dengan benar juga akan bermanfaat untuk meningkatkan kinerja perusahaan agar lebih efisien sehingga perusahaan dapat menjalankan strateginya, mulai dari akuntansi hingga penelusuran order pelanggan dengan lebih menghemat waktu, biaya, bahkan dapat membuat laporan dari jarak jauh. 


3. Menghasilkan Inovasi Baru dalam Berbisnis

Tidak bisa dimungkiri, riset tentang persaingan pasar sekaligus perilaku konsumen sangat mempengaruhi performa perusahaan. Dengan data dan informasi yang diperoleh langsung dari konsumen, kita bisa mencari celah untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang mampu bersaing dengan kompetitor dan memenuhi permintaan pelanggan. Salah satu contoh inovasinya adalah membangun strategi promosi di media sosial. Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang dapat membantu perusahaan membangun komunikasi yang aktif ke dalam dan keluar perusahaan, melakukan analisis, serta mengatur berbagai data perusahaan yang berkaitan dengan pelanggan. Dengan hal ini, tentu perusahaan bisa semakin maju dalam meningkatkan jumlah penjualan dan memperoleh laba.


4. Sebagai Dasar dalam Pengambilan Keputusan dan Melakukan Evaluasi

Dalam membuat sebuah keputusan dalam perusahaan, biasanya didasari oleh pendapat para jajaran direksi dan pemegang saham. Semakin besar perusahan, maka semakin banyak pula sebuah opini disampaikan sebelum akhirnya diambil sebuah keputusan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah data pendukung yang dapat digunakan untuk memperkuat sebuah opini. Dengan dukungan data, sebuah opini tidak hanya menjadi asumsi kosong yang mungkin saja tidak dapat menghasilkan sebuah keputusan yang tepat bagi perusahaan.

Tak hanya untuk penentuan keputusan besar, pengolahan data juga berperan vital dalam proses evaluasi. Jika perusahaan berjalan on the track dan tidak ada masalah, kita bisa menggunakan data dan informasi untuk mengembangkan kebijakan yang semakin menguntungkan. Sebaliknya, jika terjadi hambatan atau masalah-masalah dalam perusahaan baik dari segi operasional maupun kebijakan, informasi yang diperoleh bisa digunakan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Yuk, Tingkatkan Teknik Pengolahan Data Lainnya bersama DQLab!

Dalam mendapatkan sebuah insight data yang bermanfaat dan berguna untuk ditindak lanjuti perlunya langkah-langkah yang benar dan teliti dalam proses pengolahannya. Terutama dalam penggunaan teknik pengolahan data yang pada beberapa poin diatas hanya sekian dari banyaknya manfaat dari menggunakan teknik pengolahan data. Jika kamu ingin menggunakan kesempatan meningkatkan skill analisismu, sahabat bisa bergabung bersama dengan DQLab, lho! Caranya mudah, SIGN UP sekarang juga di DQLab.id dan awali kursusmu secara GRATIS dengan module œIntroduction to Data Science with Python atau œIntroduction to Data Science with R yang membantu sebagai langkah awal untuk proses analisis data. Tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan dirimu dan selamat belajar!


Penulis : Salsabila Miftah R

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :