PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 44 Menit 21 Detik

Peran Python dalam Persiapan Karir 2024

Belajar Data Science di Rumah 12-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2024-01-11-132632_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang bisa dijadikan sebagai senjata utama untuk menempati profesi praktisi data. Di era yang serba digital ini, data menjadi aset berharga bagi perusahaan. Dengan meningkatnya kompleksitas dan volume data, memunculkan mendorong permintaan untuk praktisi data yang terampil. Hal ini juga berbanding lurus dengan daya tarik dari bidang Data Science terhadap individu yang berminat pada analisis data, machine learning, dan pengambilan keputusan berbasis data.


Meskipun bukan bahasa pemrograman yang diciptakan khusus untuk proses analisis data, namun Python tidak kalah jauh dalam hal kemampuan analisis data. Sehingga bisa dikatakan bahwa Python ini menjadi bahasa pemrograman yang sangat esensial dan berperan penting dalam persiapan karir sebagai praktisi data. Dalam artikel ini, kita akan coba bahas satu per satu poin mengapa Python penting dalam proses persiapan karir sebagai praktisi data. Check this out!


1. Aplikasi dalam Ilmu Data Science

Python

Python termasuk bahasa pemrograman yang menjadi pilihan utama dalam ilmu Data Science. Kemampuan Python dalam memanipulasi dan menganalisis data tentu tidak lepas dari peranan berbagai library yang ada. Misalnya saja, praktisi data dapat menggunakan library Pandas untuk membersihkan dan merapikan data, NumPy untuk operasi numerik, serta Matplotlib atau Seaborn untuk visualisasi data. Selain itu, Python juga mendukung pengembangan model Machine Learning mulai dari pemodelan hingga implementasi dengan mudah.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kerangka Kerja Machine Learning dan Kecerdasan Buatan

Python

Python juga menjadi bahasa yang sangat populer dalam pengembangan model Machine Learning dan project Artificial Intelligence. TensorFlow dan PyTorch adalah dua contoh kerangka kerja machine learning yang cukup terkenal dan mendukung Python secara eksklusif. Dengan memahami dan menguasai konsep Machine Learning dengan menggunakan Python akan membuka peluang karir di bidang penelitian Artificial Intelligence atau pengembangan model Machine Learning untuk pemecahan masalah bisnis.


3. Aplikasi Python dalam Pengembangan Web dan Visualisasi Data

Python


Selain menjadi bahasa utama dalam ilmu Data Science dan Machine Learning, Python juga memiliki kemampuan dalam pengembangan web dan visualisasi data. Framework seperti Django dan Flask memungkinkan pembuatan aplikasi web yang dapat diintegrasikan dengan sistem data. Selain itu, Python memiliki library untuk visualisasi data yang kuat, sehingga bisa memfasilitasi pembuatan grafik dan plot yang informatif.


4. Skalabilitas dan Relevansi di Industri

Python

Pada tiga poin di atas, kita bisa melihat bagaimana Python bisa menjadi bahasa pemrograman yang sangat berguna dan relevan untuk diimplementasikan pada project real. Dengan dukungan dari berbagai framework dan tools, Python dapat menyelesaikan banyak jenis pekerjaan. Keberlanjutan dan skalabilitas Python menjadikannya pilihan yang solid untuk membangun solusi Data Science di berbagai industri.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Python telah membuktikan diri sebagai bahasa yang vital bagi praktisi data dan bisa dijadikan senjata utama dalam persiapan karir sebagai praktisi data. Dengan menguasai Python, praktisi data akan memperoleh keterampilan yang dicari oleh perusahaan-perusahaan yang semakin mengandalkan analisis data untuk pengambilan keputusan.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login