Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Peran Software dalam Karier Seorang Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 15-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-03-2024-04-16-202028_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst adalah profesi yang membutuhkan keterampilan teknis. Sehingga penguasaan perangkat lunak atau software menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan oleh Data Analyst. Pekerjaan Data Analyst akan banyak bersinggungan dengan data, termasuk data yang memiliki volume besar atau dikenal dengan istilah big data. Pengolahan data dengan memanfaatkan software akan membuat pekerjaan Data Analyst menjadi lebih ringan sehingga bisa menggunakan waktu secara efisien.


Software Data Analyst akan membantu mereka untuk menyediakan platform agar bisa mengelola, menganalisis, serta memvisualisasikan data dengan lebih efektif. Asa banyak software yang bisa dimanfaatkan oleh Data Analyst, setidaknya kita dapat mengklasifikasikannya ke dalam empat kelompok. Dalam artikel ini, kita akan membahas peran dari masing-masing kelompok software dalam karir seorang Data Analyst. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengolahan Data

Data Analyst

Salah satu tugas utama seorang Data Analyst adalah mempersiapkan data untuk analisis. Software yang digunakan untuk pengolahan data seperti SQL, Excel, dan Python memungkinkan Data Analyst untuk melakukan data manipulasi, seperti menggabungkan data dari berbagai sumber, membersihkan data, serta transformasi data. Dengan menggunakan software ini, Data Analyst dapat memastikan bahwa data yang digunakan untuk analisis merupakan data yang akurat, lengkap, dan siap digunakan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Analisis Statistik dan Machine Learning

Data Analyst

Untuk melakukan analisis data yang mendalam, seorang Data Analyst akan memerlukan software yang dapat melakukan analisis statistik dan Machine Learning, seperti R, Python (dengan memanfaatkan library seperti scikit-learn dan statsmodels), serta SAS yang menyediakan berbagai tools dan teknik untuk menganalisis data, termasuk regresi, clustering, klasifikasi, dan lainnya. Dengan menggunakan software ini, Data Analyst bisa mengidentifikasi pola, tren, ataupun hubungan dalam data yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang lebih baik.


3. Visualisasi Data

Data Analyst

Visualisasi data menjadi proses penting dalam menyajikan hasil temuan analisis kepada para stakeholder. Software visualisasi data yang umum digunakan seperti Tableau, Power BI, dan Matplotlib atau Seaborn untuk Python akan membantu Data Analyst untuk membuat grafik, diagram, dan dashboard interaktif yang bisa memperkuat narasi dari hasil analisis. Dengan menggunakan software ini, Data Analyst dapat menyajikan insight dengan cara yang mudah dipahami dan menarik bagi audiens mereka.


4. Manajemen Proyek dan Kolaborasi

Data Analyst

Terakhir, Data Analyst juga membutuhkan software yang bisa digunakan untuk manajemen project dan kolaborasi sehingga dapat mendukung kinerja tim Data Analyst. Tools seperti Jira, Trello, dan Microsoft Teams memungkinkan Data Analyst untuk mengatur project mereka, memantau progress project, serta berkolaborasi dengan rekan-rekan tim secara efisien. Dengan menggunakan software ini, Data Analyst dapat memastikan bahwa project mereka dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat diperoleh dengan tepat waktu.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Software Data Analyst merupakan bagian integral dari pekerjaan seorang Data Analyst karena dapat menyediakan tools yang diperlukan untuk mengelola, menganalisis, dan mempresentasikan data dengan cara yang efisien dan efektif. Penggunaan software yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat Data Analyst dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil kerja mereka, serta membuat kontribusi yang lebih besar dalam membantu perusahaan membuat keputusan yang didasarkan pada data.


Kamu bisa mulai perjalanan belajar sebagai Data Analyst dengan belajar Excel, SQL dan Python dasar dengan menggunakan modul yang disediakan oleh DQLab. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan bootcamp Data Analyst with Excel dan bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login