FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 30 Menit 34 Detik 

Peran Teknik Analisis Data dalam Data Science

Belajar Data Science di Rumah 04-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ac4180ffba90b24e86c0216c9a6247b2_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data didefinisikan sebagai proses menganalisis data mentah untuk menemukan tren dan menjawab pertanyaan. Definisi analisis data mencakup cakupan bidangnya yang luas. Namun, analisis data mencakup banyak teknik dengan banyak tujuan berbeda.


Proses analisis data memiliki beberapa komponen yang dapat membantu berbagai pekerjaan. Dengan menggabungkan komponen-komponen ini, analisis data yang sukses akan memberikan gambaran yang jelas tentang dimana posisi perusahaan dan kemana perusahaan harus dikembangkan. 


Data analyst adalah seorang profesional di bidang data yang harus memahami teknologi informasi, statistik, dan bisnis. Mereka menggabungkan bidang-bidang ini untuk membantu bisnis dan perusahaan berhasil.


Tujuan utama seorang data analyst adalah untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kinerja dengan menemukan pola dalam data. Seorang data analyst menggunakan teknik analisis data untuk menyelesaikan tugasnya. 


Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan teknik analisis data di beberapa bidang industri dan pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh data analysis enthusiast. Jadi simak artikel ini sampai akhir, ya!


1. Fungsi Teknik Analisis Data

Analisis data digunakan di berbagai bidang industri untuk mengefisiensikan suatu pekerjaan. Salah satu pengadopsi awal analisis data adalah sektor keuangan. Analisis data memiliki peran penting dalam industri perbankan dan keuangan yang dapat digunakan untuk memprediksi tren pasar dan menilai risiko. Skor kredit adalah contoh analisis data yang memengaruhi semua orang.


Skor ini menggunakan banyak titik data untuk menentukan risiko pinjaman. Analisis data juga digunakan untuk mendeteksi dan mencegah penipuan guna meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko bagi lembaga keuangan.

teknik analisis data


Baca juga: Teknik Analisis Data dalam Fraud Detection

 

2. Apa Peran Analisis Data? 

Analisis data membantu individu dan perusahaan untuk memahami data. Data analyst biasanya menganalisis data mentah untuk mendapatkan informasi yang insightful dan tren yang bisa membantu untuk mendapatkan peluang profit yang lebih besar. Mereka menggunakan berbagai tools dan teknik analisis data untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik.

teknik analisis data


3. Apa Saja Jenis Analisis Data?

Ada berbagai jenis analisis data, misalnya analisis deskriptif, diagnostik, preskriptif, dan prediktif. Setiap jenis analisis data ini digunakan untuk tujuan tertentu tergantung pada pertanyaan yang ingin dijawab oleh data analyst. Misalnya, seorang data analyst akan menggunakan analisis diagnostik untuk mencari tahu alasan mengapa sesuatu terjadi.

Teknik Analisis Data


4. Apa Tools yang Digunakan?

Ada berbagai tools yang digunakan dalam analisis data. Beberapa data analyst menggunakan software business intelligence seperti Tableau, Power BI atau Looker Studio. Data analyst lainnya juga menggunakan bahasa pemrograman seperti SQL atau Python, yang memiliki berbagai library statistik dan visualisasi.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Ingin berkarir di bidang data? Yuk asah skill analisis data dan pertajam skill tools analisis data kamu dengan modul data science dari DQLab!


Klik button di bawah ini atau kunjungi DQLab.id untuk sign up dan nikmati FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ with bahasa pemrograman R atau Python untuk berkenalan dengan live code editor DQLab agar kamu bisa belajar menulis script code R dan Python tanpa install tools tambahan.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :