SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 54 Menit 32 Detik

Peran Vital Data Science dalam Prediksi Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 13-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-05-2023-11-13-173513_x_Thumbnail800.jpg

Di dunia  modern ini, penggunaan ilmu Data Science akan sangat dibutuhkan untuk semua lini bisnis. Hal ini terjadi karena segala hal yang berkaitan dengan bisnis pasti akan melibatkan data. Tentu saja data yang dimaksud adalah data yang beragam, tidak hanya berbentuk teks.


Bisa berupa gambar, audio, atau bahkan video. Jika diolah oleh orang yang ahli dengan metode yang tepat, data bisa menjadi harta yang sangat berharga bagi perusahaan. 


Dalam perkembangan teknologi, dunia bisnis telah memasuki zaman dimana keputusan yang didukung oleh data bukan hanya kebijakan yang baik, namun mulai menjadi keharusan. Dalam konteks ini, Data Science menjadi pahlawan yang memungkinkan perusahaan untuk melihat ke depan, meramal tren, dan membuat keputusan yang didasarkan pada wawasan yang kuat.


Dalam artikel ini, kita akan mencoba melihat bagaimana Data Science bisa membantu bisnis dalam prediksi dan peramalan. Yuk, lihat artikelnya!


1. Analisis Data Historis untuk Prediksi Masa Depan

Data Science


Data historis adalah kumpulan data-data yang telah terjadi di masa lampau. Dalam penggunaan Data Science, salah satu kekuatan yang bisa diandalkan adalah kemampuannya untuk memanfaatkan data historis untuk membuat prediksi masa depan.


Dengan bantuan algoritma machine learning, perusahaan dapat menganalisis data historis mereka untuk mengidentifikasi pola dan tren yang mungkin sulit ditemukan oleh manusia. Misalnya, sebuah toko ritel dapat menggunakan data penjualan tahun-tahun sebelumnya untuk memprediksi peningkatan atau penurunan permintaan selama musim liburan.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Model Machine Learning untuk Peramalan Akurat

Data Science


Data Science juga mengintegrasikan model machine learning yang canggih dalam peramalan bisnis. Model yang dihasilkan bisa memproses volume data besar dalam waktu singkat dan menghasilkan hasil peramalan dengan akurasi yang tinggi.


Contohnya, perusahaan e-commerce dapat menggunakan model machine learning untuk meramalkan produk yang mungkin diminati pelanggan berdasarkan perilaku belanja mereka, membantu dalam manajemen inventaris dan penentuan strategi penjualan.


3. Prediksi Kepuasan Pelanggan

Data Science

Kepuasan pelanggan adalah hal yang harus terus diperhatikan oleh perusahaan. Tinggi rendahnya tingkat kepuasan pelanggan akan berdampak terhadap loyalitas pelanggan. Data Science bisa digunakan dalam meramal dan memprediksi tingkat kepuasan pelanggan.


Dengan menganalisis data feedback pelanggan, perilaku pembelian, serta interaksi yang terjadi dengan pelanggan, perusahaan dapat memprediksi bagaimana pelanggan akan merespons produk atau layanan baru. Hal ini menjadi penting karena bisa membantu perusahaan dalam merancang strategi yang lebih baik. 


4. Analisis Sentimen untuk Prediksi Tren Pasar

Data Science

Sebuah perusahaan perlu mengenal dan memahami tren pasar yang sedang terjadi untuk bisa memaksimalkan produknya. Data Science juga bisa dimanfaatkan untuk hal ini dengan menggunakan analisis sentimen dan Natural Language Processing (NLP) untuk meramalkan tren pasar.


Dengan memonitor platform media sosial, ulasan pelanggan, dan berita industri, perusahaan dapat mengukur sentimen umum terkait merek mereka dan mengidentifikasi tren pasar yang mungkin muncul. Ini membantu perusahaan untuk mengantisipasi perubahan dalam preferensi pelanggan dan meresponsnya secara cepat.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Dalam dunia bisnis yang dinamis, kemampuan untuk meramalkan dan memprediksi menjadi kunci untuk kesuksesan jangka panjang. Data Science, dengan alat dan teknik analisisnya, memberikan kemampuan untuk melihat lebih jauh ke depan, membuat keputusan berbasis fakta, dan mengoptimalkan strategi bisnis. Untuk bisa menguasai ilmu Data Science, kamu bisa mencoba belajar dengan menggunakan modul yang telah disediakan oleh DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login