PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 2 Menit 53 Detik

Peranan Penting Data Science di Bidang Bisnis 2024

Belajar Data Science di Rumah 17-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-05-2024-06-18-163851_x_Thumbnail800.jpg

Data science atau biasa dikenal dengan ilmu data merupakan suatu bidang ilmu yang terdiri dari berbagai bidang seperti matematik, statistika, manajemen bisnis, bahasa pemrograman, dan masih banyak lainnya. Data science ini termasuk salah satu hal yang sedang naik daun dan dikenal memiliki beragam manfaat. Kira-kira apa saja ragam manfaat data science dan mengapa data science memiliki peranan penting dalam berbagai bidang di masa kini.


Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini menuntut kita untuk bisa mempelajari berbagai hal yang bisa menyesuaikan perkembangan zaman. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari ilmu data atau data science yang memiliki banyak peluang karir di masa kini dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan di bidang apapun. Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa saja manfaat data science dalam bidang bisnis.


1. Membantu Perkembangan Bisnis

Saat ini perkembangan bisnis di masa kini memiliki daya saing yang cukup tinggi. Seiring perkembangan teknologi, dibutuhkan berbagai tenaga ahli yang memiliki beragam skill atau kemampuan untuk menangani permasalahan data perusahaan. Seorang praktisi data perlu menguasai data science dari dasar agar bisa menentukan metode atau teknik yang tepat dan bisa digunakan untuk menyelesaikan kasus tertentu. Dengan adanya data science maka bisnis bisa lebih berkembang dengan menyesuaikan pola atau tren terbaru.

Data Science

sumber: Armada Finance


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Memudahkan Proses Analisis

Analisis data adalah suatu proses pengubahan data yang awalnya berupa data mentah kemudian diolah atau dianalisis dengan metode atau teknik tertentu sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Hasil analisis data ini nantinya akan bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat keputusan.


Dengan adanya Kombinasi berbagai ilmu dalam data science masing-masing memiliki peranan penting di dalamnya data science yang bisa digunakan untuk memudahkan proses analisis big data.

Data Science

sumber: NoLimit Indonesia


3. Memaksimalkan Pemasaran Produk

Pada masa kini sudah banyak perusahaan atau bisnis yang bergerak dengan bidang yang berbeda-beda baik itu menghasilkan produk maupun jasa. Setiap perusahaan tentu memiliki tujuan penjualan produk lebih banyak sesuai dengan sasarannya. Oleh karena itu diperlukannya pemasaran produk yang maksimal sehingga keuntungan yang diperoleh juga maksimal. Data science dapat membantu praktisi data dalam proses pengolahan data agar menghasilkan kesimpulan langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan produk.

Data Science

sumber: Xendit


4. Dibutuhkan Perusahaan

Saat ini berbagai perusahaan yang bergerak di bidang apapun telah memerlukan penerapan kecanggihan teknologi. Data science ini merupakan ilmu yang sangat perlu untuk dipelajari. Mayoritas perusahaan tentu memiliki database yang besar dan perlu ditindaklanjuti. Pengolahan database itu perlu dianalisis menggunakan data science oleh seseorang yang memiliki keahlian menganalisis data. Dengan menerapkan data science maka perusahaan akan dapat membuat keputusan bisnis dengan mudah.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data science memiliki peran di berbagai bidang seperti bidang  bisnis, kesehatan, pendidikan, pembangunan ekonomi, dan lain-lain. Kamu bisa belajar dasar-dasar data science di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login