SAVETEMBER HEMAT MAKSIMAL! DISC. 95%
Belajar Data 6 Bulan HANYA Rp. 149K!
0 Hari 1 Jam 57 Menit 48 Detik

Peranan Python pada Perkembangan Karir di tahun 2023

Belajar Data Science di Rumah 13-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-01-2023-07-14-024145_x_Thumbnail800.jpg

Semakin hari persiapan berkarir perlu semakin di update dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Untuk bisa menyeimbangkan karir masa kini kita harus mengerti apa saja skill yang diperlukan dan perlu dipersiapkan. Pada artikel kali ini khususnya kita akan belajar mengetahui pentingnya bahasa python untuk persiapan berkarir. Apakah memiliki peranan besar dalam karya seseorang dan dampak yang sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini.


Bahasa python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dibuat oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991. Bahasa python memiliki berbagai macam fitur seperti bahasa yang mudah digunakan, bahasanya diketik secara dinamis, bahasa yang dapat menjalankan kode secara langsung baris demi baris, kemudian bahasa yang dapat dipahami manusia. Hal itu juga telah sejalan dengan perkembangan macan learning dan artificial intelligence yang saat ini sudah sering kita rasakan manfaatnya.


1. Bahasa yang Mudah Dipelajari

Seperti yang telah diketahui bahwa pada masa kini kemampuan bahasa pemrograman sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang industri. Bagi seorang pemula yang baru memulai belajar bahasa pemrograman tentu saja memilih bahasa yang mudah dipelajari dan mudah dimengerti. Bahasa python termasuk ke dalam kategori tersebut. Bahasa python dikenal dengan sintaksnya yang mudah dimengerti oleh pengguna dan telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Para praktisi data juga banyak menggunakan bahasa python di dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Telah Digunakan di Berbagai Industri

Saat ini berbagai perusahaan besar telah menggunakan bantuan bahasa pemrograman untuk menjalankan sistem di perusahaannya. Bahasa python termasuk salah satu bahasa pemrograman yang telah digunakan oleh perusahaan besar dari berbagai industri. Mungkin sebagian besar dari kita tidak asing dengan aplikasi-aplikasi seperti Instagram, Google, Spotify, Netflix, Dropbox, YouTube, dan Pinterest. Beberapa aplikasi di atas telah menggunakan bahasa python dibaliknya. Hal ini membuktikan bahwa bahasa python telah dipercaya oleh perusahaan besar untuk menjalankan sistem di belakangnya.


3. Memiliki Komunitas yang Besar

Setiap bahasa pemrograman pada umumnya memiliki komunitas atau perkumpulan. Menurut SlashData, komunitas bahasa python termasuk ke dalam salah satu komunitas bahasa pemrograman terbesar dari tahun 2017 sampai tahun 2021. Bahkan, komunitas python ini juga selalu menduduki peringkat 3 besar. Hal ini tentunya membuktikan bahwa bahasa python merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan bahkan untuk proyek artificial intelligence yang berkaitan dengan pengembangan karir masa kini.


4. Kemudahan Mengakses Database

Database merupakan suatu bagian penting bagi para praktisi data. Tidak hanya praktisi data, para pebisnis pun membutuhkan database. Dalam bahasa python ini untuk proses mengakses database tidak memerlukan proses yang memusingkan. Hal ini dikarenakan python memiliki fitur yang mengizinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi antarmuka. Selain itu pengguna juga dapat mengobservasi bagaimana database dibuat dan disunting secara langsung.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Penggunaan bahasa python menjadi salah satu hal  yang perlu dikuasai bagi seseorang yang ingin berkarir dalam dunia teknologi. Python dapat dipelajari dengan cara mengerjakan modul-modul seperti yang ada di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :