TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 53 Menit 45 Detik 

Perbedaan Cloud VPS dan Dedicated Server, Mana yang Lebih Baik?

Belajar Data Science di Rumah 05-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ec50ed8f13a9724fb9ca8aa960513608_x_Thumbnail800.jpg

Memasuki era transformasi digital seperti saat ini, sedikit demi sedikit aktivitas manusia kini mulai beralih ke dunia maya. Baik untuk kebutuhan interaksi sosial maupun kebutuhan dalam berbisnis. Fenomena ini dapat kita lihat dengan ramainya jual beli yang terjadi di media sosial maupun di sejumlah e-commerce yang ada di Indonesia. Mulai dari pemesanan hingga metode pembayaran pun terjadi secara kilat dengan bantuan jaringan internet.


Aktivitas jual beli yang terjadi di dunia maya dianggap sebagai pilihan alternatif bagi masyarakat yang menginginkan pembelian secara praktis tanpa harus berpergian. Secara garis besar, jual beli yang terjadi di dunia maya dapat di lakukan di 2 jenis platform, yakni media sosial dan website.


Kali ini DQLab akan membahas secara khusus seputar website. Website dianggap menjadi aset penting bagi perusahaan atau individu yang melakukan bisnis di dunia maya. Namun, kamu perlu tahu server apa sih yang cocok bagi bisnis yang kamu jalani? Dedicated server atau cloud VPS? Ini dia perbedaannya!


1. Cloud VPS atau Dedicated Server?

Sama-sama berfungsi sebagai server untuk menampung data perusahaan, termasuk website, nyatanya cloud VPS dan dedicated server memiliki perbedaan. Dedicated server dapat diartikan sebagai jenis server yang didedikasikan sepenuhnya untuk sebuah akun hosting milik sebuah perusahaan atau bisnis. Biasanya, para pengguna dedicated server memiliki ruangan khusus untuk menyimpan mesin server dengan teknisi ahli. 

Sedangkan Cloud Virtual Private Server (VPS) yang sama-sama memiliki kapasitas besar dalam penyimpanan data, server yang satu ini memanfaatkan teknologi internet dan penyimpanan virtual untuk menampung data. Sebelum instalasi, penyedia layanan cloud VPS biasanya akan menawarkan pilihan kepada penggunanya, apakah server akan dikelola sendiri atau dibantu oleh provider.

 

Baca juga : Optimalkan Bisnis Onlinemu dengan Data dan Website Sendiri, Begini Caranya!


2. Kelebihan dan Kekurangan Cloud VPS

Keunggulan Cloud VPS

  • Lebih aman dibanding shared hosting.

  • Mendapatkan alamat IP khusus.

  • Biaya lebih terjangkau dibanding dedicated server.

  • Memiliki akses 100% atas server yang disewa, tidak berbagi dengan pengguna lain.

  • Dapat memilih tipe pengelolaan server.

  • Tidak memerlukan tenaga ahli untuk pengelolaan mesin, jika ingin dibantu provider.

  • Fleksibel, karena dapat mengubah sejumlah gadgetmu menjadi workspace dengan program yang kamu instal. 

  • Data todak akan hilang, karena dibackup secara otomatis.


Kekurangan Cloud VPS

  • Privasi perusahaan atau bisnis sedikit longgar. Sebab ketika terjadi error, kamu perlu memberikan informasi yang dibutuhkan penyedia VPS.

  • Membutuhkan pengetahuan teknis untuk mengatur server ketika mengatasi masalah.

  • Tidak sekuat dan secanggih dedicated server.


3. Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Keunggulan Dedicated Server

  • Tidak bergantung pada penyedia server ketika mengalami masalah, sehingga dapat ditangani sendiri.

  • Memiliki kendali data yang dimiliki secara utuh.

  • Mendapat alamat IP unik.

  • Karena tidak bergantung pasa server, data yang disimpan lebih aman.


Kekurangan Dedicated Server

  • Biaya sewa dan perawatan relatif tinggi, serta pengelolaannya yang lebih rumit.

  • Ketika mengalami error, data di server harus dipindahkan secara manual ke server lain. Jika tidak, dapat berakibat down bahkan hilangnya data.

  • Tidak cocok bagi pemula yang tidak memahami server. Sehingga memerlukan tenaga ahli untuk pengelolaan dan pengembangan.


Baca juga : Siapkan Diri sebagai Praktisi Data, Pahami Python bersama DQLab secara GRATIS!


4. Tentukan Servermu dan Maksimalkan Bisnismu dengan Data Science!

Memanfaatkan data sebagai penunjang bisnismu adalah pilihan yang tepat di era transformasi digital saat ini. Kini, data dianggap sebagai harta yang sangat berharga bagi sejumlah perusahaan. Bukan tanpa sebab, melalui data lah perusahaan mampu memprediksi kemungkinan yang akan terjadi pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan kata lain, data dapat mendatangkan informas atau insight baru yang sangat bermanfaat bagi pedoman pengambilan keputusan. Namun, data perlu diolah terlebih dahulu. 


Kamu bisa mulai untuk pelajari terkait server bersama Dewaweb dan untuk kompetensi data science dapat bersama DQLab! Bersama DQLab kamu bisa mempelajari data science secara bertahap. Materi-materi pembelajaran akan dikemas ke dalam bentuk modul yang siap kamu akses secara gratis. Dengan fitur Live Code Editor, kamu akan lebih terarah dalam proses pembelajaran. Yuk, saatnya belajar di DQLab sekarang juga!


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!