SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 15 Menit 59 Detik

Perbedaan dasar AI vs Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 02-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a529d05cf85c5d125b378688342a12c5_x_Thumbnail800.jpeg

Artificial intelligence vs machine learning, adalah dua teknologi yang saling berpotongan. Dua teknologi ini mulai banyak diadopsi di era big data untuk membangun mesin dan aplikasi yang cerdas serta mengotomatisasi pekerjaan yang bersifat berulang-ulang. Kelebihan teknologi ini ini adalah dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya karena pekerjaan sama yang dikerjakan secara berulang bisa dikerjakan dengan artificial intelligence dan machine learning dengan bantuan algoritma. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan untuk menyelesaikan tugas menjadi lebih kecil.


Meskipun banyak dibicarakan, tidak sedikit orang yang tidak bisa membedakan artificial intelligence dan machine learning. Meskipun saling berkaitan dan sama-sama menggunakan algoritma yang dibangun dan dikembangkan pada bahasa pemrograman seperti R dan Python, namun kedua teknologi modern ini sangat berbeda, loh! Apa saja perbedaan keduanya? Yuk kita simak bersama!


1. Definisi Artificial Intelligence

Machine Learning

Artificial intelligence atau dikenal juga sebagai AI merupakan proses menanamkan data, informasi, dan kecerdasan manusia ke mesin. Tujuan utama dari Artificial Intelligence adalah untuk mengembangkan mesin yang dapat berpikir dan bertindak seperti manusia tanpa ikut campur manusia secara eksplisit. Artificial intelligence dapat meniru perilaku manusia dan melakukan tugas dengan belajar dan memecahkan masalah. Sebagian besar sistem AI mensimulasikan kecerdasan alami untuk memecahkan masalah yang kompleks.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Apa itu Machine Learning?

Machine learning adalah disiplin ilmu komputer yang menggunakan algoritma dan analitik komputer untuk membangun model prediktif yang dapat memecahkan masalah bisnis. Basic teknologi ini ada pada algoritma yang dapat belajar dari data tanpa bergantung pada pemrograman berbasis aturan. Meski demikian, machine learning juga tidak memerlukan bantuan manusia secara eksplisit untuk menyelesaikan tugasnya. Algoritma machine learning sering kali dikembangkan dan diaplikasikan pada artificial intelligence.


Machine Learning


3. Tipe Artificial Intelligence

Secara umum, artificial intelligence memiliki empat tipe dengan sistem dan penggunaan data yang berbeda. Berikut adalah tipe-tipe artificial intelligence.

  • Reactive Machines, adalah sistem yang hanya bereaksi. Sistem ini tidak membentuk ingatan, dan tidak menggunakan pengalaman masa lalu untuk membuat keputusan baru.

  • Limited Memory, adalah sistem yang merujuk pada masa lalu dan informasi yang ditambahkan selama periode waktu tertentu. Informasi yang dirujuk oleh sistem ini berumur pendek.

  • Theory of Mind, adalah sistem yang mampu memahami emosi manusia dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan. Sistem ini dilatih untuk menyesuaikan perilakunya.

  • Self-awareness, adalah sistem yang dirancang dan dibuat untuk menyadari diri mereka sendiri. Sistem ini dapat memahami keadaan internal mereka, memprediksi perasaan orang lain, dan bertindak dengan tepat.


4. Tipe Machine Learning

Pada dasarnya machine learning lebih banyak dikenal secara luas. Machine learning memiliki 3 tipe yang dibedakan berdasarkan data yang dibutuhkan untuk membangun model machine learning. Berikut adalah tipe-tipe machine learning.

  • Supervised learning adalah tipe machine learning dimana data sudah diberi label, yang artinya kita sudah mengetahui variabel target. Dengan menggunakan metode pembelajaran ini, sistem dapat memprediksi hasil masa depan berdasarkan data masa lalu. Tipe ML ini membutuhkan setidaknya variabel input dan output yang diberikan ke model untuk dilatih.

  • Unsupervised learning adalah tipe machine learning yang menggunakan data tidak berlabel untuk menemukan pola dari data itu sendiri. Sistem mampu mengidentifikasi fitur tersembunyi dari data input yang diberikan. 

  • Reinforcement learning adalah tipe machine learning yang bertujuan untuk melatih agen untuk menyelesaikan tugas dalam environment yang tidak pasti. Agen menerima pengamatan dan hadiah dari environment dan mengirimkan tindakan ke environment. Hadiah mengukur seberapa sukses tindakan dan kemampuan agen untuk menyelesaikan tujuan.

Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Yuk upgrade diri kamu dengan belajar AI dan machine learning bersama DQLab! Platform belajar online ini berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT sehingga kita lebih mudah untuk mengakses informasi mengenai data science.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang sama sekali tidak paham mengenai machine learning dan turunannya. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login