PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 37 Menit 41 Detik

Perbedaan Small dan MIN dalam Fungsi Excel Minimum

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2023-09-16-083233_x_Thumbnail800.jpg

Excel memiliki segudang rumus dalam mencari nilai minimum atau nilai terkecil dari suatu data. Mungkin kita sebagai orang awam akan terpaku pada rumus MIN yang biasanya kita kenal. Nah, tapi jangan salah juga loh sahabat DQ, rumus untuk mencari nilai terkecil nggak cukup dengan rumus MIN aja.


Kita bisa pakai rumus lain salah satunya adalah rumus SMALL dalam Excel. Fungsi SMALL pada Excel dipakai untuk mencari nilai minimum pada sekumpulan data secara berurutan dari nilai yang terkecil hingga terbesar. Jadi, kita bisa tahu masing-masing urutan dari data yang kita punya itu nilai paling kecilnya dari nilai berapa aja sih?


Biasanya fungsi SMALL dipakai untuk mencari nilai secara random. Contoh nilai terkecil ke 10 adalah…, nilai terkecil nomor 1 adalah…. merupakan tanda kita perlu menggunakan rumus SMALL Excel.


Sedangkan fungsi MIN pada Excel biasanya hanya mencari satu nilai dari sekumpulan data. Jadi nilai yang didapatkan hanya satu saja. Misalnya ada 100 data yang kita punya, maka kita hanya perlu cari satu nilai saja dengan menggunakan MIN.


Fungsi MIN masuk dalam konsep statistika deskriptif yang mana kita hanya mencari nilai minimum atau terkecil dari range data manapun. Namun, terkadang pemula yang baru belajar excel pasti akan kebingungan. Loh bukannya sama aja ya pada ujungnya? Mau pakai SMALL atau MIN?


Jangan salah, keduanya memang punya tujuan yang sama namun kita harus tahu bahwa baik SMALL dan MIN punya kegunaan yang berbeda walaupun bisa diaplikasikan secara bersamaan. So, kita sama-sama belajar bareng yuk lewat artikel berikut ini sahabat DQLab!


1. Fungsi SMALL Excel

Fungsi SMALL pada Excel digunakan untuk menemukan nilai terkecil (urutan ke-n) dari sejumlah nilai dalam kumpulan data. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Excel

Penjelasan:

  • range adalah kumpulan data dari mana Anda ingin mencari nilai terkecil.

  • n adalah urutan nilai terkecil yang ingin Anda temukan dalam kumpulan data. Misalnya, jika Anda ingin mencari nilai terkecil kedua, Anda akan menggunakan n = 2.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


2. Contoh Penggunaan SMALL Excel

Disediakan sebuah contoh dataset berturut-turut yaitu 354, 675, 356, 455, 689, 232, 456, dan 778. Kita diminta untuk mencari nilai terkecil dari sekumpulan dataset tersebut. Namun nilai terkecil yang kita cari adalah nilai terkecil keempat dari data yang ada. Yuk sama-sama kita cari yuk!

Excel

Kita bisa menggunakan rumus SMALL dengan memblok semua dataset untuk kita cari nilai terkecil keempat dari data tersebut. Setelah ditelusuri ternyata 455 adalah nilai terkecil keempat setelah 232, 354, dan 356.


Perlu diingat bahwa jika terdapat beberapa nilai yang sama dan Anda mencari nilai terkecil dengan urutan tertentu (misalnya, nilai terkecil kedua), maka SMALL akan mengembalikan nilai tersebut sesuai dengan urutan yang diminta. Jadi, jika ada beberapa nilai yang sama dengan nilai terkecil, hasilnya akan tetap mengembalikan nilai terkecil kedua dalam urutan tersebut.


3. Fungsi MIN Excel

Fungsi MIN pada Excel digunakan untuk menemukan nilai terkecil dalam kumpulan data atau dalam rentang sel yang ditentukan. Rumusnya sangat sederhana:

Excel

Penjelasan:

  • range adalah rentang sel atau kumpulan data dari mana Anda ingin mencari nilai terkecil.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Contoh Penggunaan MIN Excel

Disediakan sebuah contoh dataset berturut-turut yaitu 103, 667, 577, 345, 675, 356, 708 dan 923. Kita diminta untuk mencari nilai terkecil dari sekumpulan dataset tersebut. Namun nilai terkecil yang kita cari adalah nilai terkecil dari semua data yang ada ya bukan per masing-masing. Yuk sama-sama kita cari yuk!

Excel


Seperti output diatas, telah didapatkan nilai minimumnya dari sekian data yang ada sebesar 103.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analys dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excet!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login