SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 49 Menit 48 Detik

Perkaya Skill dengan Belajar Dasar SQL Group By

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-06-2024-05-31-201105_x_Thumbnail800.jpg

SQL atau singkatan dari Structured Query Language adalah bahasa query yang biasa digunakan untuk mengambil data atau informasi dari dalam database. SQL juga memiliki fungsi lainnya yaitu dapat mengakses database, mengubah, dan juga memanipulasi database. SQL ini memiliki banyak sekali statement di dalamnya, salah satu statement yang sering digunakan adalah SQL GROUP BY. Statement ini digunakan untuk mengelompokkan baris yang memiliki nilai yang sama.


Statement ini akan mempermudah praktisi data dalam menangani data dalam jumlah besar. Dengan statement GROUP BY, akan lebih mudah untuk mengelompokkan sebuah data untuk bisa melihat data mana saja yang memiliki nilai yang sama. Pada artikel kali ini, kita akan membahas statement GROUP BY ini. Mari kita pelajari SQL dan scrolling artikel berikut sampai selesai!


1. Apa itu SQL GROUP BY?

SQL GROUP BY adalah statement SQL yang digunakan untuk menggabungkan data dengan nilai yang sama dalam daftar bidang tertentu menjadi satu buah data. Pernyataan SQL GROUP BY ini juga sering digunakan untuk fungsi-fungsi agregat, contohnya seperti fungsi count, sum, max, min, avg agar bisa digunakan untuk mengelompokkan hasil yang sudah ditetapkan oleh satu buah kolom atau lebih.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kegunaan SQL GROUP BY

Pada dasarnya, kita akan banyak menggunakan fungsi agregat untuk menyimpulkan poin-poin penting dari data yang ada. Tetapi dalam beberapa kasus, mengagregat seluruh data yang ada tanpa mempertimbangkan variabel lain seperti kategori akan menghasilkan kesimpulan yang kurang akurat. Hal ini bisa terjadi apabila data yang dimiliki cukup beragam. Maka dari itu, penggunaan GROUP BY bisa membantu untuk menyimpulkan data yang ada lebih informatif dengan cara melakukan pengelompokkan data terlebih dahulu. 


3. Penggunaan GROUP BY di SQL

Misal kita memiliki tabel customers yang memiliki catatan data customer dari berbagai negara. Kita ingin menghitung berapa jumlah customer yang memiliki negara yang sama. Maka dari itu, kita bisa menggunakan fungsi agregat yaitu fungsi COUNT(). Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat contoh dibawah ini,

SQL

Query tersebut akan menghitung jumlah customer yang berasal dari 1 negara yang sama dan hasilnya akan menampilkan nama-nama dari negaranya beserta jumlah customernya. 


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Penggunaan Fungsi Agregat Lain Pada SQL GROUP BY

Selain menggunakan fungsi COUNT(), kita juga bisa menggunakan fungsi agregat lainnya seperti fungsi SUM(). Misal kita ingin mengetahui berapa total penjualan dari masing-masing item. Untuk lebih jelasnya lagi kita bisa lihat contoh di bawah ini.

SQL


Belajar SQL (Structured Query Language) adalah langkah penting bagi siapa saja yang ingin memasuki dunia data dan teknologi. SQL adalah bahasa standar untuk mengelola dan memanipulasi database, dan menjadi keterampilan dasar yang sangat dibutuhkan di banyak industri.


Menguasai SQL memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai tugas penting, seperti mengambil data spesifik dari database, memperbarui dan menghapus data, serta membuat dan mengelola tabel dan database itu sendiri. Ini berarti Anda dapat dengan mudah mengakses informasi yang diperlukan untuk analisis bisnis, laporan, atau pengambilan keputusan strategis.


Tidak hanya itu, kemampuan SQL juga sangat dihargai oleh para pemberi kerja. Banyak posisi pekerjaan di bidang data analysis, data science, dan pengembangan perangkat lunak yang mensyaratkan atau mengutamakan keterampilan SQL. Belajar SQL juga relatif mudah dan cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.


Banyak sumber belajar online yang tersedia, dari tutorial gratis hingga kursus bersertifikat. Jadi, mulailah belajar SQL sekarang dan tingkatkan nilai profesional Anda. Dengan SQL, Anda membuka pintu menuju berbagai peluang karir yang menjanjikan di era digital ini.


Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login