Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Perkuat Fondasi Karir dengan Live Class Excel DQLab

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/284d4d1442d9d999e2a1c4b0a2ad3e4c_x_Thumbnail800.jpeg

Microsoft Excel merupakan salah satu produk kebanggaan dari Microsoft. Seiring berjalannya waktu, tentu saja semakin banyak kompetitor yang memiliki produk yang serupa dengan Excel. Namun meskipun begitu, Excel masih tetap bisa mempertahankan eksistensinya bahkan menjadi salah satu spreadsheet terbaik hingga saat ini. Excel terus melakukan update untuk menyempurnakan versi yang sebelumnya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya.


Penggunaan Excel hampir ditemukan di semua profesi, sehingga tidak heran jika Excel dijadikan sebagai skill paling minimal untuk dikuasai agar memiliki pondasi karir yang kuat. Proses belajar Excel secara otodidak terkadang sangat memusingkan bagi sebagian orang. Jika sudah begitu, maka kita harus mencari opsi lain, misalnya saja mengikuti kursus atau bootcamp. Saat ini, DQLab sebagai salah satu lembaga kursus Data Science membuka Bootcamp Data Analyst with Excel Batch 5, loh. Ini bisa menjadi pilihan menarik karena kelasnya dilakukan secara live. Apa saja sih materi yang akan dibahas di bootcamp ini?


1. Basic Excel

Excel

Bootcamp ini sangat memungkinkan untuk diikuti oleh pemula, karena pembelajarannya akan dimulai dari hal yang paling basic. Bagian basic ini akan dibagi menjadi tiga pertemuan. Setidaknya peserta akan menguasai beberapa hal berikut jika mengikuti pertemuan tentang basic Excel dengan baik:

  • Mampu menggunakan rumus dan fungsi perhitungan

  • Dapat mengetahui pesan dan jenis error pada Excel serta penanganannya

  • Memahami fungsi date & time serta bisa mengaplikasikannya

  • Dapat menguasai cara penamaan dan fungsi pada range

  • Membuat tabel dengan format dan mengaktifkan form untuk table

  • Mampu untuk tampilan dengan menggunakan formatting pada Excel

  • Melakukan sorting dan filtering dengan fitur yang disediakan Excel

  • Mengenal tipe - tipe grafik, mengetahui elemen setiap grafik dan menghasilkan suatu grafik


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Intermediate Excel

Excel

Setelah selesai dengan materi basic, peserta seharusnya sudah bisa memahami cara kerja Excel dan rumus-rumus dasar yang ada di dalamnya. Materi bootcamp akan dilanjutkan ke intermediate Excel, dimana pada saat inilah peserta akan dikenalkan dengan fungsi lanjutan yang banyak digunakan untuk memproses data di industri. Berikut adalah hal yang akan dikuasai oleh para peserta di bagian intermediate Excel ini:

  • Mengenal dan memahami penggunaan fungsi lanjutan pada Excel 

  • Mampu menggunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, termasuk fungsi, key & index column, dan range LookUp.

  • Mengenal serta mampu mengaplikasikan Pivot Table dan Pivot Chart

  • Memahami filter dan sorting pada pivot table, seperti menambah slicer dan timeline.


3. Data Storytelling in Excel

Excel

Setelah mampu menguasai Excel basic dan intermediate, selanjutnya peserta akan difokuskan terhadap visualisasi data. Topik ini akan terbagi menjadi lima sesi, dimana pembahasannya akan dimulai dari konsep data storytelling, cara membuat visualisasi yang interaktif dan mudah dipahami, serta visualisasi yang digunakan untuk komparasi. Learning outcome dari topik ini adalah:

  • Memahami konsep dan cara bercerita (storytelling) melalui data dan elemen visualisasi, sehingga dapat menyampaikan informasi yang jelas dan cepat ditangkap oleh peserta atau audiens

  • Melakukan penyederhanaan atau pembatasan informasi dengan teknik filtering di Excel agar pesan yang ingin dikomunikasikan dapat ditangkap dengan cepat.

  • Menggunakan berbagai fitur visualisasi di Excel yang menarik di Excel sehingga dapat mencapai tujuan data storytelling yang baik, seperti Sparklines, Slices, Bing Map, dan lain-lain.


4. Data Analysis in Excel

Excel

Materi selanjutnya adalah tentang cara analisis data di Excel. Peserta akan melakukan praktik langsung terhadap dataset yang sudah disediakan. Pada saat ini lah peserta bisa mengimplementasikan ilmu Excel yang sudah didapatkan sebelumnya sampai dengan membuat dashboard. Topik ini akan dibagi menjadi tiga sesi, dimana peserta akan menguasai hal-hal berikut:

  • Peserta mampu mengenali dataset dengan melakukan eksplorasi menggunakan Excel. Kemudian peserta akan menyusun berbagai pertanyaan menarik terhadap dataset Drama Korea yang diberikan.

  • Mampu menggunakan berbagai teknik persiapan data terhadap berbagai tipe data yang ada pada dataset sehingga dapat dianalisis lebih lanjut.

  • Menggunakan teknik analisa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terhadap dataset.

  • Mendukung jawaban pertanyaan terhadap dataset dengan visualisasi yang representatif.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Selain materi yang sudah disebutkan di atas, bootcamp Excel ini juga menyediakan kelas untuk membuat portfolio data, dimana peserta dapat berkonsultasi dan mendapatkan bimbingan untuk pembuatan portfolio data berdasarkan materi yang sudah diajarkan sebelumnya.


Proses pembelajaran Excel tidak semudah yang dibayangkan, karena semakin di eksplor ternyata ada banyak hal-hal menarik yang bisa dilakukan oleh Excel. Tidak heran jika banyak orang yang tidak mampu untuk belajar Excel secara otodidak. 


Tapi tenang saja, DQLab menjawab keresahan tersebut dengan menghadirkan Live Class DQLab yang berjudul “Bootcamp Data Analyst with Excel” yang akan diadakan di 26 Maret sampai 27 Mei 2023. Untuk kamu yang memiliki aktivitas lain di weekdays, tenang saja karena kelas ini dilaksanakan saat weekend. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk belajar Excel dari para mentor yang sudah berpengalaman dengan Excel. 


Yuk, tunggu apalagi? Buruan daftar dan buka peluangmu menjadi Data Analyst!


Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login