PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 22 Menit 38 Detik 

Persiapkan 5 Hal Persiapan Kursus Data Science, Wajib!

Belajar Data Science di Rumah 12-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/82513baf31ee0ce2c66a1b1673fdf648_x_Thumbnail800.jpg

Sehubungan dengan Revolusi Industri 4.0 dan Data Science, tren perkembangan teknologi informasi pun menjadi pendorong utama. Pekerjaan dan profesi di masa depan pun dijamin akan terus berubah. Namun, pemanfaatan data akan selalu ada di berbagai aspek bisnis dan kehidupan. Dengan mempelajari Data Science, kamu akan mempersiapkan diri terhadap tren teknologi di masa depan, karena Data Science menuntut kamu untuk mau tidak mau memiliki kemampuan dalam keterampilan problem-solving, melihat analisis data di manapun berada dan yang penting adalah menjadi tekun dan terus berlatih.

Meningkatnya minat belajar Data Science menyebabkan menjamurnya kursus-kursus yang menawarkan paket belajar Data Science. Di indonesia sendiri, ada banyak kursus Data Science dengan paket dan metode pembelajaran yang bervariasi. Bahkan saat ini sudah banyak bootcamp dan beasiswa khusus untuk Data Science. Kursus Data Science pun bermacam-macam, mulai dari kursus berbayar dengan rentang waktu tertentu hingga kursus Data Science gratis yang dapat diakses selamanya. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang, walaupun di rumah saja kamu tetap bisa produktif dengan mengikuti kursus data science secara online.

Eits, tunggu dulu! Kamu harus mempersiapkan beberapa hal berikut sebelum memulai kursus Data Science, loh! Hal ini penting untuk membantu kita dalam menentukan kursus yang sesuai dengan minat dan passion. Yuk simak tips berikut ini!


1. Tetapkan Tujuan dan Kenali Kemampuan Diri

Hal pertama yang amat sangat penting sebelum memulai belajar apapun adalah mengetahui apa tujuanmu dan seperti apa kemampuanmu. Belajar tanpa arah dan tujuan adalah belajar yang keliru karena motivasi belajar yang dibangun akan lebih mudah runtuh. Oleh karena itu, sebelum mendalami suatu bidang, kita harus mengetahui masalah apa yang sedang akan kita selesaikan atau bidang apa yang ingin kita tekuni. Selain mengetahui tujuanmu kemana, kamu juga harus mengenali dirimu dengan mengevaluasi seperti apa kemampuanmu saat itu. Memahami apa yang tidak kamu ketahui, menerimanya dan bertekad untuk belajar dan menguasai keterampilan tersebut. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Apa Alasan Belajar Data Science

Misal, ternyata tujuanmu adalah ingin mempelajari Data Science. Kamu juga perlu mempertanyakan pada dirimu apa alasanmu ingin mempelajarinya. Apakah karena ingin berkarir menjadi Data Scientist? Atau hanya sekedar ingin belajar saja untuk memaksimalkan skill dalam mengolah data agar pekerjaan lebih efisien? Dengan kamu tahu jelas apa alasanmu belajar Data Science, akan membantu dalam memutuskan metode belajar seperti apa yang akan kamu ambil. Apakah sekedar belajar otodidak dari internet atau mengikuti kursus offline ataupun online. 


3. Tentukan Jalur Karirmu

Sebelum memulai belajar di bidang Data Science, kamu harus memastikan apa tujuan kamu mempelajari Data Science. Apakah akan berkarir di bidang Data Science atau sekedar ingin mempelajarinya saja. Kebanyakan orang memilih mengikuti kursus Data Science karena ingin melanjutkan karir mereka sebagai seorang Data Scientist. Jika tujuanmu adalah ingin berkarir sebagai Data Scientist, Data Analyst atau Data Engineer kamu harus memilih kursus yang memiliki career support ke arah tersebut. Dimulai dari perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan kursus tersebut dan juga kesempatan untuk menjalin koneksi dengan mentor-mentor dari perusahaan tertentu.


4. Belajar, Berlatih dan Praktikkan

Supaya berhasil dalam Data Science, kamu perlu mendedikasikan beberapa waktu mu untuk latihan dan belajar. Sama halnya ketika anak kecil sedang belajar membaca dan menulis, jika tidak dibiasakan tentu akan kesulitan. Untuk itu, beberapa bagian dalam Data Science perlu kamu pelajari berulang-ulang karena bidang ini sangat luas dan juga teknikal. Karena ketika kamu berlatih akan ada pertanyaan-pertanyaan yang bermunculan dan hal ini akan mendorong kamu untuk membaca kembali. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyisihkan waktu setiap harinya untuk mempelajari Data Science.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Memilih Kursus Data Science yang Tepat 

DQLab merupakan kursus Data Science yang banyak direkomendasikan oleh profesional di bidang data. DQLab memiliki berbagai program belajar yang affordable dan ramah di kantong. Dengan modul interaktif yang dilengkapi dengan live code, kita tidak perlu menginstall software tambahan sehingga kita bisa fokus pada materi yang sedang dipelajari. Materi yang diberikan juga sangat lengkap mulai dari SQL, Bahasa R, Python hingga Excel. DQLab juga menawarkan berbagai fasilitas pendukung seperti challenge, sharing session, hingga job connector yang akan menghubungkan kita dengan recruiter. Tunggu apalagi? Yuk bergabung dengan DQLab! Klik button di bawah ini dan nikmati modul "Introduce to Data Science" sebagai langkah awal untuk belajar Data Science.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :