TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 12 Jam 0 Menit 38 Detik

Persiapkan Bekal Karir dengan Live Class Excel DQLab

Belajar Data Science di Rumah 26-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d6830d01f7255d1d3123707498d880d9_x_Thumbnail800.jpeg

Jika berbicara mengenai software pengolah data, mungkin kalian sudah tidak asing dengan istilah microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan suatu software berbentuk spreadsheet yang sering digunakan untuk proses pengolahan data. Bagi seseorang yang akan memasuki dunia kerja harus tahu seberapa pentingnya Excel untuk pondasi karir. Hal ini dikarenakan kemampuan menggunakan Excel memang harus dimiliki oleh para karyawan jaman sekarang.


Penggunaan microsoft Excel saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang terutama yang kesehariannya berkaitan dengan laptop atau sejenisnya. Microsoft ini termasuk ke dalam software yang mudah dipelajari secara otodidak dan sudah cukup familiar.


Namun belajar Excel secara otodidak terkadang sangat memusingkan bagi sebagian orang. Jika sudah begitu, maka kita harus mencari opsi lain, misalnya saja mengikuti kursus atau bootcamp. Saat ini, DQLab sebagai salah satu lembaga kursus Data Science membuka Bootcamp Data Analyst with Excel Batch 5, loh. Ini bisa menjadi pilihan menarik karena kelasnya dilakukan secara live. Apa saja sih materi yang akan dibahas di bootcamp ini?


1. Memahami Fitur Basic Excel

Tahapan awal pembelajaran Excel bisa dimulai dengan mengenal fitur-fitur yang ada di Excel. Pada dasarnya, semua fitur yang ada sangat bermanfaat untuk mempermudah proses penginputan maupun pengolahan data. Beberapa fitur dasar yang harus dikuasai di luar kepala adalah filter, sort, dan conditional formatting. 


Filter bisa dimanfaatkan untuk memilih data yang akan ditampilkan, sementara Sort digunakan untuk mengurutkan data. Kedua fitur ini terdapat di menu Data. Untuk Conditional Formatting sendiri dapat digunakan untuk melakukan formatting pada data berdasarkan kondisi yang ditentukan, misalnya untuk menandai data yang duplikat, meng-highlight top/bottom ten data, dan lain lain. Fitur-fitur dasar ini lah yang nantinya akan menjadi dasar untuk memproses data yang lebih rumit.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menguasai Rumus Excel & Pivot Table

Excel bersifat less coding, artinya untuk mengolah data tidak memerlukan coding seperti di R dan Python. Namun untuk memproses data lebih lanjut, kita pasti akan bertemu dengan yang namanya formula. Formula ini akan membantu ini untuk melakukan perhitungan sederhana, percabangan, serta perhitungan yang lebih rumit seperti statistika, dan lain lain.


Untuk mulai menggunakan rumus, kita harus memulainya dengan tanda sama dengan (=). Beberapa contoh formula yang banyak digunakan adalah SUM, AVERAGE, MAX, MIN, IF, Nested IF, VLOOKUP, HLOOKUP, dan masih banyak lagi.


Selain dengan menggunakan formula ini, kita juga bisa mendapatkan summary data dengan menggunakan Pivot Table yang ada di menu Insert.


3. Kemampuan untuk Data Story Telling

Setelah mampu menguasai Excel basic dan intermediate, selanjutnya peserta akan difokuskan terhadap visualisasi data. Topik ini akan terbagi menjadi lima sesi, dimana pembahasannya akan dimulai dari konsep data storytelling, cara membuat visualisasi yang interaktif dan mudah dipahami, serta visualisasi yang digunakan untuk komparasi. Learning outcome dari topik ini adalah:

  • Memahami konsep dan cara bercerita (storytelling) melalui data dan elemen visualisasi, sehingga dapat menyampaikan informasi yang jelas dan cepat ditangkap oleh peserta atau audiens

  • Melakukan penyederhanaan atau pembatasan informasi dengan teknik filtering di Excel agar pesan yang ingin dikomunikasikan dapat ditangkap dengan cepat.

  • Menggunakan berbagai fitur visualisasi di Excel yang menarik di Excel sehingga dapat mencapai tujuan data storytelling yang baik, seperti Sparklines, Slices, Bing Map, dan lain-lain.


4. Menggunakan Excel untuk Analysis Data

Materi selanjutnya adalah tentang cara analisis data di Excel. Peserta akan melakukan praktik langsung terhadap dataset yang sudah disediakan. Pada saat ini lah peserta bisa mengimplementasikan ilmu Excel yang sudah didapatkan sebelumnya sampai dengan membuat dashboard. Topik ini akan dibagi menjadi tiga sesi, dimana peserta akan menguasai hal-hal berikut:

  • Peserta mampu mengenali dataset dengan melakukan eksplorasi menggunakan Excel. Kemudian peserta akan menyusun berbagai pertanyaan menarik terhadap dataset Drama Korea yang diberikan.

  • Mampu menggunakan berbagai teknik persiapan data terhadap berbagai tipe data yang ada pada dataset sehingga dapat dianalisis lebih lanjut.

  • Menggunakan teknik analisa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terhadap dataset.

  • Mendukung jawaban pertanyaan terhadap dataset dengan visualisasi yang representatif.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Yuk segera bergabung dan belajar bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python.


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai Data Science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b berikut untuk informasi lebih lengkapnya!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :