3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 59 Menit 48 Detik

PivotTable: Materi Pelatihan Excel Bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 26-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-08-2023-12-26-070650_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan salah satu spreadsheet yang cukup terkenal dan masih digunakan bahkan menjadi favorit banyak orang. Excel bisa melakukan banyak pekerjaan, mulai dari proses penginputan data, melakukan validasi terhadap data yang diinput, cleaning data, hingga melakukan analisis data sederhana, termasuk melakukan perhitungan statistika sederhana. Hal ini didukung oleh berbagai fitur yang dimiliki Excel, salah satunya adalah PivotTable.


Dalam pelatihan Excel bagi pemula, pemahaman mendalam tentang PivotTable menjadi hal yang pasti akan ditemui, karena pemahaman ini dapat membuka pintu untuk mempermudah proses analisis data dengan cara yang lebih efisien dan efektif. Dalam artikel ini kita akan coba membahas mengenai beberapa kekuatan yang dimiliki oleh PivotTable sehingga fitur ini penting dikuasai oleh pemula. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengenalan PivotTable: Dasar-dasar dan Manfaat

Excel

Materi tentang PivotTable dalam pelatihan Excel untuk pemula akan dimulai dengan pengenalan konsep dasar PivotTable. Peserta diharapkan bisa memahami bagaimana membuat PivotTable dari kumpulan data yang ada.


Selain itu, peserta juga diharapkan bisa menangkap dengan jelas mengapa alat ini sangat bermanfaat dalam merangkum dan menganalisis informasi. Dengan memahami dasar-dasar tersebut, peserta dapat mengoptimalkan penggunaan PivotTable untuk tugas-tugas analisis data mereka selanjutnya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2.Struktur dan Penyaringan Data: Menyusun Informasi dengan Cepat

Excel

Pada tahap ini, peserta akan belajar cara menggunakan PivotTable untuk menyusun data mereka dengan cepat. Mereka akan memahami bagaimana menentukan kolom yang ingin mereka analisis, mengelompokkan data, dan menggunakan fitur filtering untuk memfokuskan perhatian pada informasi yang paling relevan. Hal ini bertujuan agar bisa menciptakan kesempatan untuk membuat laporan yang mudah dipahami dan disajikan.


3.Menghitung dan Merangkum Data: Membuat Analisis Mendalam

Excel

Materi pelatihan ini juga akan mencakup cara menggunakan PivotTable untuk melakukan perhitungan dan merangkum data. Peserta akan mempelajari cara menambahkan nilai, menghitung rata-rata, serta mengekstrak informasi penting lainnya dari dataset yang telah diberikan. Dengan demikian, mereka bisa membuat laporan yang memberikan insight dan informasi mendalam serta bisa mengarah pada proses pengambilan keputusan yang lebih baik.


4. PivotTable Dinamis dan Grafik: Visualisasi Data yang Menarik

Excel

Pict by Svetlana Cheusheva (Ablebits.com)


Tahap terakhir dalam materi PivotTable di pelatihan Excel untuk pemula akan fokus pada kemampuan PivotTable untuk menciptakan visualisasi data yang dinamis. Peserta akan belajar tentang cara membuat PivotChart yang terkait dengan PivotTable yang telah ada, hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman visual yang lebih baik tentang tren dan pola data. Selain itu, ini juga bisa membantu peserta untuk berkomunikasi efektif dengan para stakeholder melalui laporan yang lebih menarik dan informatif.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Pelatihan Excel adalah investasi yang sangat penting di dunia industri modern. Kemampuan untuk mengelola data, meningkatkan produktivitas, dan membuat keputusan yang lebih cerdas adalah aset yang sangat dihargai oleh perusahaan. Selain itu, ini juga meningkatkan peluang karir Anda dan membuat Anda lebih siap menghadapi tantangan industri yang terus berubah.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :