PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 51 Menit 19 Detik

Platform Terbaik Cari Ide Portfolio Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 29-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-02-2024-01-29-153059_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai seorang data scientist, membangun portofolio yang kuat adalah langkah penting dalam mengembangkan karir. Namun, seringkali sulit untuk menemukan ide-ide yang menarik dan relevan untuk proyek-proyek dalam portofolio. Jangan khawatir, karena di artikel ini akan dibahas sumber-sumber yang berguna untuk menemukan ide studi kasus yang dapat memperkaya portofolio kalian. 


Dengan mengetahui karakteristik dan kelebihan sumber-sumber tersebut, data scientist dapat memilih dataset, proyek-proyek inspiratif, dan wawasan terbaru dalam dunia data science yang sesuai dengan minat serta membantu dalam membangun portofolio yang mengesankan. Apa saja sumber tersebut? Yuk segera simak di pembahasan berikut!


1. UCI Machine Learning Repository

Data Scientist


UCI Machine Learning Repository adalah repositori yang mengumpulkan berbagai dataset yang dapat digunakan dalam proyek data science. Repositori ini memiliki kumpulan dataset dari berbagai bidang. Termasuk kesehatan, keuangan, dan ilmu sosial. Kalian dapat melakukan eksplorasi dataset yang ada di website tersebut untuk mencari topik yang menarik dan relevan dengan minat.


Misalnya, kalian dapat mencari dataset tentang analisis sentimen media sosial, prediksi harga saham, atau klasifikasi penyakit berdasarkan gejala. Dengan menggunakan dataset dari UCI Machine Learning Repository, kalian dapat membangun proyek-proyek yang berbeda dan menarik yang dapat ditampilkan dalam portofolio.


Seperti namanya, UCI Machine Learning Repository secara khusus difokuskan pada machine learning. Repositori ini menyediakan kumpulan dataset yang dirancang khusus untuk proyek-proyek machine learning dan data science. Kalian bisa menggunakan dataset di sini yang lebih terkait dengan machine learning dan analisis data berbasis algoritma.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Data.gov

Data Scientist

Data.gov adalah portal data pemerintah Amerika Serikat yang menyediakan akses ke berbagai dataset dari berbagai lembaga pemerintah. Portal ini menawarkan berbagai jenis data. Mulai dari data demografis hingga data lingkungan. Kalian dapat mengeksplorasi dataset yang ada di Data.gov untuk menemukan ide-ide proyek data science yang berkaitan dengan kebijakan publik, analisis geospasial, atau tren sosial.


Misalnya, menggunakan dataset tentang polusi udara untuk menganalisis dampaknya terhadap kesehatan masyarakat atau menggunakan data ekonomi untuk memprediksi pertumbuhan ekonomi di masa depan. Data.gov merupakan sumber yang bermanfaat untuk menemukan dataset yang bervariasi dan relevan untuk proyek data science.


Salah satu kekuatan Data.gov adalah dataset yang berkaitan dengan kebijakan publik. Platform ini menyediakan dataset bidang ekonomi, kesehatan masyarakat, keamanan, dan lainnya, yang penting dalam pengambilan keputusan publik. Oleh karena itu, Data.gov menjadi sumber yang sangat berguna bagi data scientist yang tertarik untuk menerapkan analisis data dalam pemahaman isu-isu kebijakan dan mempengaruhi pembuatan keputusan publik.


3. Towards Data Science

Data Science


Towards Data Science adalah publikasi online yang berfokus pada data science dan AI. Publikasi ini menyediakan berbagai artikel, tutorial, dan studi kasus yang ditulis oleh para praktisi dan ahli di bidang data science. Kalian dapat mencari artikel-artikel yang ada di Towards Data Science untuk mendapatkan inspirasi dan ide-ide proyek data science. 


Banyak penulis yang berbagi pengalaman mereka dalam menyelesaikan proyek-proyek data science yang menarik dan memberikan panduan langkah demi langkah untuk memahami konsep dan teknik yang digunakan. Dengan membaca artikel di Towards Data Science, kalian dapat memperluas pengetahuan tentang berbagai topik dalam data science dan mendapatkan wawasan baru untuk proyek-proyek kalian.


Situs ini memiliki artikel dalam berbagai topik dan tingkat kesulitan. Kalian dapat menemukan artikel tentang berbagai topik data science. Seperti pemrosesan bahasa alami, visi komputer, pengenalan pola, analisis sosial media, dan masih banyak lagi. Selain itu, artikel-artikel tersebut sering kali juga disajikan dalam tingkat kesulitan yang berbeda. Mulai dari pemula hingga tingkat lanjutan. Ini memungkinkan pembaca dengan berbagai tingkat keahlian untuk menemukan konten yang sesuai dengan kebutuhan dan minatnya.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. DQLab

Data Scientist

DQLab merupakan platform pembelajaran online yang berfokus pada data science. Selain menyediakan kursus dan pelatihan interaktif, situs ini juga menyediakan proyek-proyek data science yang dapat kalian kerjakan. Kalian dapat memanfaatkan studi kasus tersebut sebagai sumber inspirasi dan ide untuk portofolio. 


Platform ini juga memiliki berbagai tingkat kesulitan. Mulai dari pemula hingga tingkat lanjutan, sehingga kalian dapat memilih ide kasus yang paling sesuai dengan kemampuan kalian. Dengan mengerjakan proyek-proyek di DQLab, pasti kalian akan memperoleh pengalaman praktis dan membangun portofolio yang kuat.


Tahukah kalian kelebihan lain dari DQLab? Bahkan juga diintegrasikan dengan ChatGPT! Manfaatnya apa, ya?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk membuat portfolio yang menarik! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login