Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Poin Penting Tentang Python untuk Karirmu

Belajar Data Science di Rumah 14-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2023-09-16-080108_x_Thumbnail800.jpg

Pada era perkembangan teknologi seperti sekarang ini kita perlu memperhatikan karir apa saja yang sekiranya cocok di masa sekarang dan sekiranya tidak tergantikan oleh mesin. Salah satu profesi tersebut adalah yang berkaitan dengan proses analisis data.


Untuk menjadi praktisi data tentu dibutuhkan skill yang sesuai seperti menguasai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang populer di kalangan praktisi data adalah bahasa python. Kita perlu memahami pula apa pentingnya python untuk persiapan karir.


Bahasa python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Tidak mengherankan pula jika banyak perusahaan besar menggunakan bahasa python.


Bahasa python ini dikenal sebagai bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, memiliki sintaks yang mudah dipahami dan tentunya cocok untuk pemula yang baru terjun dalam dunia pemrograman. Selain itu bahasa python juga bersifat open source loh sehingga siapapun dapat menggunakannya tanpa membayar.


1. Cocok untuk Pemula

Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini para pemula banyak menginginkan terjun berkarir dalam dunia data. Para pemula tentu memilih bahasa pemrograman yang worth it dan mudah untuk dipelajari. Bahasa pemrograman python masuk ke dalam kriteria para pemula.


Bahasa python termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi, memiliki banyak manfaat, bersifat gratis serta penggunaan sintaks yang mudah dipahami sehingga menjadikan bahasa python ini cocok untuk pemula.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Sering digunakan dalam Data Science

Mayoritas generasi milenial kin mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah data science. Ya, data science atau ilmu data merupakan kombinasi dari berbagai ilmu yang nantinya akan digunakan untuk menganalisis data terutama big data.


Salah satu bidang ilmu yang termasuk ke dalam data science adalah bahasa pemrograman. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan dalam data science, dan salah satunya yang populer adalah bahasa python.

Python


3. Memiliki Komunitas Besar

Jika ingin belajar mengenai suatu hal seringkali kita mencari testimoni ataupun mencari tahu apakah banyak orang yang mengerti atau mengetahui hal yang ingin kita pelajari. Bagi seseorang yang ingin belajar bahasa pemrograman python, tidak perlu meragukan bahasa pemrograman yang satu ini.


Hal ini dikarenakan python pun telah memiliki komunitas yang begitu besar sehingga memudahkan proses diskusi atau tanya jawab. Bahkan isi dari komunitas python ini juga banyak para developer atau web programmer yang sudah berpengalaman.

Python


4. Memiliki Banyak Library

Bahasa python dikenal dengan bahasa pemrograman yang populer dan memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan bahasa python yang sekaligus bisa menjadi persiapan pengembangan karir seseorang adalah dengan tersedianya banyak library.


Dengan adanya bahasa library akan memudahkan pengguna dalam proses analisis data sehingga tidak perlu mengetikkan ulang kode program. Library dalam python pun beragam sesuai dengan kegunaan dan fungsinya.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Berkarir dalam dunia data tentu perlu memiliki skill menguasai bahasa pemrograman. Penguasaan bahasa python menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan. Dasar-dasar python pun dapat dipelajari di DQLab


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login