SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 28 Menit 15 Detik

Portfolio Data Engineer: Siap Berkarir Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 17-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-04-2024-05-19-091010_x_Thumbnail800.jpg

Portfolio Data Engineer: Siap Berkarir Era Digital

Data engineer menjadi salah satu profesi yang memiliki pertumbuhan yang cukup cepat dalam beberapa tahun belakangan ini. Perjalan menjadi seorang data engineer ini cukup panjang dan penuh tantangan. Untuk para pemula harus memiliki pengalaman yang bisa menyempurnakan keterampilan dan juga kerja keras untuk mempelajari bidang profesi tersebut. 


Project data engineer adalah bentuk aktualisasi pengalaman sebelum melangkah ke jenjang karier secara mendalam di masa yang akan datang. Perusahaan akan selalu mencari kandidat yang memiliki keterampilan dalam mengembangkan produk-produk inovatif. Ketika kalian sudah memiliki project yang ingin dibuat, kalian bisa membuat sebuah portofolio untuk merangkum project kalian semua untuk bisa ditampilkan kepada recruiter. Kira-kira bagaimana sih membuat portofolio data engineer ini? Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini!


1. Membangun Project

Hal pertama adalah membangun project data yang sudah kalian buat. Pastikan Project yang akan kalian bangun adalah project yang kreatif dan bermanfaat. Kalian bisa memulai dengan memilih topik apa yang akan menarik recruiter atau bisa dengan topik yang relevan dengan industri saat ini. Kalian bisa membangun sebuah aplikasi dengan permasalahan sekitar, seperti menganalisis data cuaca yang ada di daerah kalian. Kalian harus pastikan jika project ini sudah mencakup berbagai teknologi dan keterampilan yang dimiliki seperti pengolahan data, analisis data, dan juga visualisasi data.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Memilih Platform yang Tepat

Pemilihan platform yang tepat tidak hanya akan membuat eksposur kalian baik, tetapi juga membangun citra profesional yang sesuai dengan bidang kalian. Pastikan platform yang kalian pilih memberikan pengaturan tata letak yang intuitif. Hal ini penting untuk memastikan bahwa portofolio kalian mudah dinavigasi dan memadai untuk menampilkan berbagai jenis pekerjaan yang sudah kalian lakukan.


Sebuah platform dengan interface yang ramah pengguna bisa memastikan pengalaman yang nyaman bagi pengunjung dan memungkinkan fokus pada konten yang kalian tampilkan. Untuk contoh platform yang bisa kalian coba adalah GitHub dan LinkedIn.

Data Engineer



3. Menulis Blog

Menulis sebuah blog mengenai topik yang berkaitan dengan data engineer bisa menjadi cara lain yang sangat efektif untuk memperlihatkan pemahaman dan juga keahlian kalian dalam bidang tersebut. Kalian bisa berbagai pengalaman dalam menyelesaikan project-project data, memberikan sebuah tutorial mengenai alat-alat atau teknologi tertentu yang masih berkaitan dengan data.


Mempublikasikan karya dalam berbagai jenis platform juga akan membantu kalian untuk mendapatkan visibilitas yang lebih besar. Salah satu platform yang bisa kalian pakai adalah Medium. 

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Perbarui Secara Berkala

Portofolio adalah jendela ke dalam dunia profesional dan harus menjaga agar itu tetap segar dan up to date. Hal ini sangat penting dalam menjalani karir yang dinamis. Dalam dunia yang semakin harus kita dituntut untuk harus berkembang, membuat portofolio juga harus diperbarui secara berkala bukan hanya dalam segi penampilan tetapi dari segi project bisa kalian tambahkan dengan project yang lebih menarik. Hal ini akan menunjukkan bahwa kalian memiliki kemajuan dan juga perkembangan sebagai seorang profesional dalam bidang data, khususnya data engineer. 


Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang data engineer, langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah memperoleh pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar teknologi dan analisis data. Pelajari bahasa pemrograman seperti Python, R, atau SQL, serta konsep-konsep dasar dalam pengelolaan database dan teknik pengolahan data. Selain itu, Anda juga perlu menguasai alat-alat dan platform yang umum digunakan dalam industri seperti Apache Hadoop, Spark, dan Apache Kafka.


Selalu mencari kesempatan untuk memperluas pengetahuan Anda melalui kursus online, buku, dan proyek-proyek praktis. Ingatlah bahwa menjadi seorang data engineer membutuhkan dedikasi, ketekunan, dan keterampilan teknis yang solid, tetapi dapat membawa Anda ke arah karier yang sangat memuaskan dalam era digital ini.


Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login