[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 3 Menit 0 Detik 

Posisi Karir dalam Bidang Data Versi DQLab yang Bisa Kamu Coba

Belajar Data Science di Rumah 20-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7f0c35829f49c0e492938d3d239127de_x_Thumbnail800.jpg

Sudah tak heran jika data science kini kian semakin banyak memiliki tempat di hati peminatnya. Mulai dari karena ketertarikannya pada bidang data, sumber daya manusia yang belum mencukupi, hingga masa depan yang menjajikan beserta gaji yang ditawarkan. Untuk bisa bekarir di industri data, konsistensi belajar adalah kunci utama keberhasilan. Baik bagi mereka yang memiliki background pendidikan pendukung data science seperti statistika, matematika, dan teknik, maupun yang tidak. Dengan terus mempelajari data science, kamu akan terbiasa dengan ragam persoalan masalah yang umumnya terjadi di lapangan. Jadi, hal itu tentu akan memudahkanmu dalam menjalani peran sebagai praktisi data.


Mungkin, sebagian besar dari kalian sudah tidak asing dengan dengan ragam profesi data seperti data scientist, data engineer, dan data analyst. Namun ternyata, profesi data tidak hanya mencangkup ketiga profesi tersebut. Pada artikel kali ini, DQLab akan coba membahas 4 profesi lainnya yang bisa jadi rekomendasi buat kamu yang sedang berkutat mencari profesi terbaik versimu. Yuk simak informasi selengkapnya biar kamu enggak ketinggalan!


1. Data Entry

Seperti namanya, profesi yang satu ini bertugas untuk memasukkan data dari beragam sumber ke dalam satu database. Bisa dibilang, data entry merupakan pekerjaan klerikal atau bersifat administrasi yang membantu perusahaan memproses informasi dengan mengambil data dari formulir, non dokumen atau rekaman suara untuk dimasukan ke dalam sistem komputer. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan data tersebut tersimpan secara akurat dan efisien. Meski berada di berbagai lingkup pekerjaan, umumnya data entry ditugaskan pada bagian layanan keuangan, transportasi, kesehatan, dan ritel.


Baca juga : 6 Bulan Lulus Kuliah, Raisa Berhasil Berkarir Menjadi Data Anaylst dengan Belajar SQL bersama DQLab


2. Database Administrator

Data-data yang dimasukkan oleh data entry, selanjutnya seorang database administrator lah yang berperan. Data yang telah dimasukkan, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan database tersebut, baik dalam pemeliharaan maupun untuk memodifikasi database jika diperlukan. Mereka umumnya memiliki tugas untuk mengelola, menguji, dan melaksanakan sistem database komputer dengan menerapkan pengetahuan mengenai sistem manajemen database. Tak hanya itu, database administrator juga berperan dalam mengkoordinasi perubahan pada database komputer, merencanakan, mengkoordinasi, dan menjaga keamanan database komputer.


3. Data Architect

Data archutect adalah salah pekerjaan yang bergerak di bidang IT. Menjadi seorang data architect, mengharuskan kamu bertanggung jawab dalam merancang dan menguji prototype dari database yang baru. Sederhananya, kamu akan mendesain, mengembangkan, dan mengelola sebuah organisasi data architecture. Meski namanya belum terlalu dikenal di Indonesia, tapi nyatanya profesi ini memiliki prospek yang bagus ke depannya. Secara garis besar, data architect memiliki tujuan untuk membangun komputer database yang kompleks, serta memastikan agar bisa diakses dan aman. Namun, tanggung jawabnya bisa semakin luas tergantung kebutuhan.


Baca juga : Bermodal Kompetensi Data Cleansing, Rahmat Buktikan Dirinya Berhasil Berkarir sebagai Data Analyst di Era Pandemi


3. Database Manager

Sederhanya, database manager adalah seseorang yang memimpin tim database dan mengelola seluruh database perusahaan. Profesi ini memiliki peran yang sangat berarti bagi perusahaan. Sebab, database manager bertugas untuk mengelola sejumlah data bervolume besar yang dibutuhkan oleh perusahaan. Umumnya di banyak perusahaan profesi ini tidak hanya fokus pada pengelolaan data saja. Mereka juga harus mampu mengelola tim profesional IT yang menangani tugas seperti mengonfigurasi sistem database. Perlunya memiliki kemampuan teknis yang mendalam soal data, skill komunikasi, dan kepemimpinan untuk bisa menjadi database manager.


4. Cari Tahu Lebih Lanjut Yuk, Belajar Data Science di DQLab!

Ragam profesi yang ada di lingkup data bukan hal yang tidak mungkin untuk bisa kamu capai. Dengan terus mempelajari data science secara konsisten, kamu bisa menggapai impianmu. Dengan belajar data science di DQLab, kamu akan mempelajari data science secara bertahap. Mulai dari yang dasar hingga tingkat lanjut. Di sini, kamu bisa akses materi pembelajaran yang dikemas ke dalam bentuk modul secara gratis. Pembelajaran fleksibel dan mandiri memudahkan kamu untuk bisa belajar dimana saja dan kapan pun. Yuk, belajar data science sekarang juga di DQLab!



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!