Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

PostgreSQL, Sistem Operasi Handal untuk Database

Belajar Data Science di Rumah 11-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3cded45f5eb325f25c5e841f9a517ba2_x_Thumbnail800.jpeg

SQL menjadi salah satu bahasa yang perlu dipahami oleh praktisi data yang mengolah database. Dalam menjalankan SQL, kalian bisa menggunakan beragam sistem operasi. Salah satunya yang paling populer adalah PostgreSQL. Sistem ini memiliki banyak keunggulan seperti mudah dioperasikan oleh pemula, dilengkapi dengan fitur yang canggih, dan dapat diakses dalam bentuk aplikasi atau web. Interface yang dimiliki juga memudahkan kalian untuk memahami cara kerja PostgreSQL.


SQL bisa kalian operasikan secara langsung menggunakan terminal atau dapat diintegrasikan dalam aplikasi lain. Misalnya kalian ada kebutuhan untuk mengkombinasikannya dengan Java, PHP, C++, atau Ruby, maka kalian juga perlu mengunduh aplikasi pendukung. Dengan fleksibilitas ini, sudah pasti PostgreSQL menjadi sistem operasi handal yang dipercaya banyak perusahaan. Yuk, kenali lebih lanjut seberapa hebat sistem operasi ini untuk manajemen database!


1. Pengenalan PostgreSQL

SQL

Sering mendengar PostgreSQL jika membahas tentang database? Hal ini sangat wajar karena PostgreSQL menjadi sistem manajemen basis data (DBMS) open-source yang sangat populer di seluruh dunia. Dirilis pada tahun 1989, sistem satu ini banyak digunakan oleh developer dan perusahaan besar untuk aktivitas manajemen database. Apa keunggulan PostgreSQL sehingga sangat dipercaya banyak pihak? Sistem ini mampu diandalkan untuk menangani beban kerja yang besar dan kompleks terutama yang berkaitan dengan data. 


PostgreSQL juga menawarkan berbagai fitur pendukung seperti transaksi ACID, mudah diaplikasikan ke berbagai bahasa pemrograman di antaranya Java, Python, C++, dan Perl, serta mendukung input file data dengan jenis yang beragam seperti JSON dan XML.Fleksibilitas ini tentu membuat pengguna merasa nyaman dan termudahkan ketika menangani data yang bervariasi dan kompleks. Tidak hanya dilengkapi dengan fitur yang canggih, visual grafis dan perintah SQL pada sistem ini sangat mudah untuk digunakan dan dipahami. Cocok untuk pemula, kan? Itulah mengapa PostgreSQL menjadi sistem operasi SQL yang sangat diandalkan terutama bagi perusahaan yang memiliki database dengan ukuran yang sangat besar.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Desain Database

SQL

Desain database adalah proses merancang model atau struktur data sehingga dapat diakses secara efektif dan efisien oleh penggunanya. Tujuan utama dari desain database adalah untuk memastikan data tersimpan dan terorganisir dengan baik. Sehingga di masa depan, database yang dibutuhkan dapat dengan mudah diakses dan diolah. Secara prosesnya, desain database memiliki beberapa tahapan. Berikut detail tahapan-tahapan tersebut.

  • Analisis kebutuhan bisnis. Perancang database harus memastikan bahwa desain yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Sehingga strukturnya seperti tabel, kolom, dan relasi antar tabel dapat dengan mudah tervisualisasikan.

  • Normalisasi data. Normalisasi adalah proses mengelompokkan data besar menjadi grup yang lebih kecil. Tujuannya agar mudah diorganisir dan diakses. Normalisasi data juga bertujuan untuk membantu mengurangi redundansi data dan menjaga konsistensi data.

  • Implementasi. Implementasi melibatkan proses pembuatan database dan melakukan input ke dalam database. Setelah proses implementasi selesai, maka perancang database dapat melakukan evaluasi dan pemeliharaan supaya database tetap aman dan terstruktur.


3. Penggunaan PostgreSQL dalam Olah Database

SQL

PostgreSQL dapat diakses melalui desktop dan aplikasi web, dengan menggunakan protokol berbeda seperti TCP/IP dan Unix Domain Sockets. Untuk mengakses database menggunakan sistem ini, kalian dapat menggunakan aplikasi seperti pgAdmin, Navicat, atau HeidiSQL. Aplikasi ini menyediakan interface yang mudah digunakan untuk mengelola database. Beberapa aktivitas yang bisa kalian lakukan di antaranya adalah membuat, menghapus, dan memodifikasi tabel. 


Kalian juga bisa mengakses PostgreSQL melalui aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, Java, Python, dan Ruby. Kalian bisa menggunakan JDBC melalui aplikasi Java, atau menggunakan modul psycopg2 untuk Python, dan pg gem untuk Ruby. Tanpa mengintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya, kalian juga bisa mengakses database melalui terminal atau konsol sistem. Cara ini mungkin dinilai lebih praktis oleh pengguna karena dapat mengeksekusi SQL secara langsung tanpa install aplikasi tambahan. 


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Kelebihan dan Kekurangan PostgreSQL dalam Olah Database

SQL

Sebagai sistem open-source yang populer dalam olah database, kalian juga perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan sistem PostgreSQL. Berikut kelebihan yang dimilikinya.

  • Keamanan. PostgreSQL memiliki fitur keamanan yang kuat termasuk autentikasi dan otorisasi pengguna yang terenkripsi, pengelolaan hak akses, dan enkripsi data.

  • Fleksibilitas. PostgreSQL mendukung banyak tipe data, termasuk tipe data geospasial dan dukungan untuk berbagai bahasa pemrograman.

  • Skalabilitas. PostgreSQL dapat mengelola beban kerja yang besar dan kompleks termasuk mendukung untuk pemrosesan transaksi dan pengoptimalan query.

  • Transaksi ACID. PostgreSQL mendukung transaksi ACID yang memastikan bahwa basis data selalu berada dalam kondisi yang konsisten dan aman.

Sedangkan kekurangan PostgreSQL di antaranya adalah:

  • Keterbatasan dokumentasi. Dokumentasi PostgreSQL kadang sulit untuk diikuti dan memerlukan waktu untuk memahami konsep dan fiturnya.

  • Keterbatasan dukungan. postgreSQL mungkin tidak mendukung semua fitur yang diperlukan oleh bisnis tertentu.

  • Kinerja. Kinerja sistem ini dapat terpengaruh jika tidak dikonfigurasi dengan benar terutama jika data dalam basis data sangat besar.

  • Kesulitan pengguna. Sistem PostgreSQL memerlukan pengetahuan dasar dalam manajemen database dan bahasa SQL.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kalian pertimbangkan ketika memilih PostgreSQL sebagai sistem operasi. 


Seperti yang disampaikan di atas bahwa untuk bisa mengoperasikan PostgreSQL, dibutuhkan pemahaman bahasa SQL nih. Sudah seberapa ahli Sahabat DQ dengan query SQL? Tidak perlu khawatir untuk kalian yang mungkin baru memulai atau sedang meningkatkan pemahaman tersebut. DQLab hadir menjadi teman belajar kalian semua!


SQL


Dengan belajar di DQLab kalian akan paham keseluruhan fungsi dari SQL. Untuk kalian yang tidak memiliki background IT pun tidak perlu khawatir karena modul didesain semudah mungkin diikuti oleh siapapun. Segera Sign Up di website dan asah kemampuan SQL kalian!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya 






Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :