PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 50 Menit 16 Detik

Potensial Kesalahan Saat Konversi String ke Int Python

Belajar Data Science di Rumah 14-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-01-2024-06-16-132120_x_Thumbnail800.jpg

Konversi string ke integer merupakan operasi dasar dalam banyak bahasa pemrograman. Salah satunya yaitu Python. Walaupun kedengarannya sederhana, proses ini bisa memakan waktu bahkan menimbulkan kesalahan jika tidak diatasi dengan bijak. Artikel ini akan membahas beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat mengonversi string ke integer di Python, serta cara untuk menghindarinya. Jika kamu sedang belajar bahasa pemrograman Python, jangan skip artikel ini, ya!


1. Penggunaan fungsi int() dengan basis yang salah

Fungsi int() pada Python sangat mendukung konversi string dari berbagai basis. Misalnya biner, oktal, desimal, dan heksadesimal. Namun, menggunakan basis yang salah bisa menyebabkan error. Berikut adalah contohnya:

Python

Cara Mengatasi:


Pastikan basis yang digunakan sesuai dengan string yang akan dikonversi. Untuk string biner, oktal, atau heksadesimal, tentukan basis yang benar.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. String dengan Prefiks yang Tidak Dikenali 

Terkadang, string mungkin memiliki prefiks seperti spasi atau tanda plus/minus yang tidak terduga. Misalnya seperti ini:

Python

Walaupun ini akan berhasil dalam kebanyakan kasus, terkadang ada karakter tidak terduga lainnya yang menyebabkan error.


Cara Mengatasi:

Gunakan str.strip() untuk membersihkan prefiks yang tidak perlu dan pastikan string hanya berisi angka yang valid.

Python


3. String dengan Karakter Non-Digit

Terkadang, string mungkin mengandung karakter non-digit seperti spasi atau simbol lainnya yang tidak terlihat pada pandangan pertama. Contoh:

Python

String di atas mengandung spasi di akhir, yang akan menyebabkan ValueError.


Cara Mengatasi:

Bersihkan string dari karakter non-digit dengan menggunakan metode str.strip() untuk menghapus spasi di awal dan akhir string, atau gunakan regex untuk menghapus karakter non-digit.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. String dengan Angka Desimal atau Format Bilangan Tidak Valid

Python tidak dapat mengonversi string yang berisi angka desimal atau format bilangan lain yang tidak valid secara langsung ke integer. Misalnya sebagai berikut:

Python


Cara Mengatasi:

Jika ingin mengonversi angka desimal, Anda harus mengonversinya terlebih dahulu ke float dan kemudian ke integer. Perlu diingat bahwa ini akan membulatkan angka desimal menjadi integer.

Python


Melakukan konversi string ke integer melalui bahasa pemrograman Python merupakan tugas yang rumit namun penuh dengan risiko kesalahan yang mengintainya. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui kesalahan tersebut agar dapat membuat program yang lebih robust dan error-resistant. astikan untuk selalu memvalidasi input dan menggunakan penanganan exception yang baik untuk menghindari masalah saat melakukan konversi.


Bagi kalian yang baru belajar bahasa pemrograman, tidak ada salahnya memulai dengan bahasa python. Kalian perlu mengetahui dasar-dasar python dan bisa langsung mempraktekkannya dengan modul-modul yang tersedia di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login