PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 1 Menit 8 Detik 

Praktek Coding Python Sederhana Bersama DQLab, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 03-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/52935bf5a6d1f7c87537a53074ce965c_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman yang bernama Python adalah bahasa yang sekarang sering digunakan untuk membantu dalam membangun sebuah situs web dan perangkat lunak, mengotomatisasi sebuah project atau tugas, dan juga bisa melakukan analisis data dengan menggunakan script code.


Bahasa Python juga cukup fleksibel dan juga sangat ramah terhadap user, hal inilah yang menyebabkan kenapa bahasa ini menjadi salah satu bahasa yang cukup populer. Selain itu python juga memiliki syntax yang cukup mudah diingat dan juga mudah dimengerti oleh banyak orang.


Python ini juga memiliki sifat open-source, jadi kalian bisa menggunakan python ini secara gratis tanpa membayar apa pun. Karena hal ini pula python bisa dipelajari oleh banyak non-programmer, jadi mereka menggunakan python bisa untuk mengerjakan berbagai tugas sehari-hari seperti mengatur keuangan, membuat alarm, dan sebagainya.


Python memiliki beragam jenis coding mulai dari coding yang sederhana sampai coding yang cukup kompleks. Nah pada artikel ini akan kita jelaskan codingan Python yang sederhana. Jadi simak artikel dibawah ini!


1. Menghitung Akar Kuadrat

Kalian bisa menggunakan Python untuk menghitung akar kuadrat. jadi kalian bisa gunakan input untuk menuliskan angka. Lalu kalian bisa mengkonversikan kuadrat menjadi angka menggunakan fungsi float. Jadi float bisa digunakan untuk menghitung dan juga bisa untuk menampilkan angka pecahan atau bisa dalam bentuk desimal.


Setelah kalian bisa untuk mengkonversikan angka menggunakan float, selanjutnya bisa dengan menghitung akar kuadrat dengan fungsi **0.5 . Jadi untuk menampilkan 3 angka yang ada di belakang koma kalian bisa menggunakan fungsi %0.3f. Untuk lebih jelasnya, yuk praktikkan gambar dibawah ini:


python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python



2. Menghitung Luas Segitiga

Kalian juga bisa menggunakan python untuk menghitung luas bangun datar, seperti persegi, segitiga ataupun bangun datar lainnya. Jadi kalian bisa menggunakan program Python untuk menghitung luas bangun datar.


Caranya cukup mudah kalian bisa memasukan fungsi input(), fungsi ini digunakan untuk menginput data dari layar console saat program di jalankan. Untuk nilai yang akan dimasukkan nantinya akan dikonversi ke tipe data float (bilangan riil) dan akan ditampung pada variabel atau objek alas dan tinggi dari segitiga.


Untuk bisa mendapatkan luas segitiga kita akan membuat rumus sesuai seperti pada umunya (luas =0.5*a*t). Nanti pada baris terakhir dari program akan mencetak kalimat “Luas Segitiga” dengan menampilkan juga hasil perhitungannya sesuai dengan rumus yang sudah ada.


Kalian bisa memperhatikan sintak %0.2f sintak ini memiliki fungsi untuk mengambil 2 angka pecahan saja, jika tanpa sintak tersebut nanti nilai pecahannya akan sangatlah panjang.

python


3. Menyelesaikan Persamaan Kuadrat

Selanjutnya kalian bisa mengaplikasikan python untuk menyelesaikan persamaan kuadrat. Jadi untuk membuat program ini kalian perlu mengimpor sebuah modul bernama cmath. Ini berguna untuk bisa menyelesaikan perhitungan matematika yang cukup rumit. Jadi untuk menghitung persamaan kuadratnya kalian bisa mengkombinasikan modul cmath dengan fungsi sqrt. Yuk, praktekkan contoh dibawah ini:


python

python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


4. Menukar Nilai Kuadrat

Selanjutnya kita akan mencoba coding python sederhana untuk menukar nilai variabel.  Contohnya kamu bisa membuat program Python yang bisa menukar nilai kuadratnyal. Caranya cukup dengan membuat sebuah variabel sementara.


Di sini kami memberi nama variabel sementara tersebut dengan tukar. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula.


Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


python



Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :