FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 59 Menit 56 Detik 

Praktik Mudah SQL GROUP BY Dalam Berbagai Kasus

Belajar Data Science di Rumah 21-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/992fb9b228f432df0e12dd9f9e680f3f_x_Thumbnail800.jpeg

SQL adalah salah satu bahasa yang sering digunakan oleh praktisi data untuk mengakses database. Syntax yang digunakan mudah untuk dipahami dan sangat membantu mengefisienkan waktu jika dibutuhkan data tertentu dalam ribuan data yang dimiliki. Bayangkan jika kita hanya memerlukan data karyawan yang bekerja di departemen tertentu dengan status sebagai freelance. Sedangkan data karyawan sangat banyak dengan spesifikasi masing-masing. Jika pencarian data dilakukan secara manual tentunya tidak praktis, membuang waktu, dan outputnya belum tentu benar karena ada faktor human error. 


SQL memiliki fungsi yang beragam bergantung pada kebutuhan dan tujuannya. Salah satu fungsi SQL yang sering digunakan adalah GROUP BY. Fungsi SQL GROUP BY secara sederhana digunakan untuk menggabungkan data menjadi daftar nilai tunggal yang memenuhi beberapa kriteria. Nah, pada artikel kali ini Sahabat DQ akan praktik menggunakan SQL GROUP BY berdasarkan beberapa kondisi atau kasus supaya memahami fungsinya lebih detail. Yuk, simak dan praktikkan juga langkah-langkahnya!


1. Mengenal Syntax GROUP BY

SQL GROUP BY digunakan untuk menggabungkan data dengan nilai yang sama dalam daftar bidang tertentu menjadi satu data. Pernyataan SQL GROUP BY ini sering digunakan untuk fungsi agregat seperti count, max, min, sum, avg untuk mengelompokkan hasil yang ditetapkan oleh satu kolom atau lebih. Adapun format penulisan SQL GROUP BY adalah sebagai berikut:


SQL


Berikut contoh ilustrasi fungsi dari GROUP BY dalam sebuah data.


SQL


Berdasarkan contoh di atas, tabel sebelah kiri memiliki 2 kolom yaitu id dan fruit. Ketika kalian mengaplikasikan GROUP BY berdasarkan kolom fruit, maka hasil dari fungsi ini adalah kumpulan nilai yang berbeda dari kolom fruit.


Untuk praktik selanjutnya, akan digunakan contoh database dummy dengan 2 tabel yaitu employees dan departments.

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Praktik SQL GROUP BY Sederhana

Yuk Sahabat DQ kita lakukan praktik untuk mengaplikasikan GROUP BY menggunakan contoh di atas. Pertama, kita mulai dengan praktik sederhana mengakses tabel departments. Akan dilakukan GROUP BY sehingga output berupa nilai unik department_id. Perhatikan contohnya.


SQL


Jika syntax kalian benar, akan diperoleh hasil/output seperti berikut ini.


SQL


Kalian juga bisa melakukan praktik lainnya. Misalnya mengakses department_name sehingga GROUP BY department_name.


3. Praktik GROUP BY dengan Fungsi Agregat

Fungsi agregat (aggregate) adalah fungsi yang menerima kumpulan nilai dan mengembalikan nilai tunggal sebagai hasilnya. Fungsi agregat SQL antara lain:

  • COUNT() untuk menghitung jumlah baris dalam setiap grup.

  • AVG() untuk menemukan nilai rata-rata untuk setiap grup.

  • MIN() untuk mengembalikan nilai minimum di setiap grup.

  • MAX() untuk mengembalikan nilai maksimum di setiap grup.

Misal dari praktik sebelumnya akan kita tambahkan COUNT(department_id) dengan nama headcount sebagai representasi jumlah dari masing-masing department_id. Berikut query untuk proses tersebut.


SQL


Output yang akan kalian peroleh adalah sebagai berikut.

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Praktik GROUP BY dengan INNER JOIN

Selain mengakses sebuah data dalam satu kolom, GROUP BY juga bisa digunakan untuk mengakses data dari dua kolom yang digabungkan dengan INNER JOIN. Sebagai contoh sebelumnya, kita memiliki dua tabel yaitu department dan employees. Pada praktik ini kita akan melakukan INNER JOIN pada kedua tabel kemudian mengakses department_name dan juga jumlah employee dengan cara COUNT(employee_id) yang kemudian selanjutnya kita GROUP BY department_name. Perhatikan contoh berikut ini.


SQL


Jika syntax kalian benar, maka akan diperoleh hasil seperti berikut.


SQL


Kalian juga bisa menambahkan fungsi ORDER BY jika ingin mengurutkan hasil atau output di atas secara menurun berdasarkan hasil COUNT(employee_id). ORDER BY ditambahkan setelah fungsi GROUP BY. Berikut ini contohnya.


SQL

Jika syntax kalian benar, hasilnya akan sedikit berbeda dari sebelumnya. Output akan diurutkan dari headcount yang terbesar ke terkecil.


SQL


Penjelasan di atas hanya memberikan gambaran tentang fungsi GROUP BY. Sedangkan secara praktik di dunia kerja, masih ada banyak fungsi yang harus diaplikasikan. Nah Sahabat DQ perlu mempelajari juga beragam fungsi lainnya. Untuk kalian yang bingung harus belajar darimana, DQLab menjadi solusi yang tepat. Modul pembelajaran sangat ramah bagi pemula karena dikemas dengan bahasa yang sederhana dan terstruktur dari tingkat kesulitannya. Yuk segera Sign Up di website untuk menikmati pembelajaran yang mudah dan menyenangkan!
Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya  






Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :