Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Praktikkan Pelatihan Excel untuk Fungsi VLOOKUP

Belajar Data Science di Rumah 15-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-08-2024-02-13-092451_x_Thumbnail800.jpg

Excel menjadi tools dasar yang harus dikuasai oleh seorang praktisi data. Fitur yang cukup lengkap dan kemudahan penggunaannya menjadi tools yang cocok dipelajari oleh pemula. Sahabat DQ dapat menggunakan Excel untuk proses analisis data tanpa harus memiliki dasar pemrograman. Salah satunya dengan menggunakan fungsi HLOOKUP. Penting bagi Sahabat DQ untuk menguasai fungsi ini agar menjadi praktisi data profesional.


Cari tahu pelatihannya secara lengkap di sini!


1. Apa itu VLOOKUP?

VLOOKUP merupakan salah satu fungsi dalam Microsoft Excel untuk mencari nilai pada suatu tabel atau range data berdasarkan nilai yang sesuai dengan kolom tertentu. Dalam penggunaannya, VLOOKUP perlu empat argumen yaitu nilai yang ingin dicari, range data di mana nilai tersebut akan dicari, nomor kolom di dalam range data tempat nilai tersebut akan ditemukan, dan jenis pencarian yang ingin dilakukan.


Penggunaan VLOOKUP sangat berguna dalam berbagai konteks, mulai dari analisis data keuangan, manajemen inventaris, hingga pengolahan data dalam kegiatan sehari-hari. Dengan fungsi ini, kalian dapat dengan cepat menemukan informasi yang relevan dalam jumlah data besar, menghindari kesalahan yang terjadi jika dilakukan pencarian manual, dan meningkatkan produktivitas dalam menganalisis dan mengolah data.


Namun, VLOOKUP juga punya batasan agar dapat berfungsi maksimal seperti memastikan urutan kolom dan data yang benar serta memperhatikan jenis pencarian yang sesuai dengan kebutuhan spesifik.


Baca juga: Bootcamp Data Analyst with Excel


2. Fungsi VLOOKUP

Pada proses analisis data, VLOOKUP memiliki beberapa fungsi dan peran yang berguna, antara lain:

  • Pencarian Nilai: Mencari nilai tertentu dalam sebuah tabel atau range data berdasarkan kriteria yang ditentukan.

  • Pengambilan Data: Mengambil data yang diperlukan dari tabel besar dengan lebih cepat dan efisien.

  • Pemformatan Data: Mengatur atau menyusun ulang data dalam bentuk yang lebih mudah dibaca atau diproses dengan menggunakan referensi nilai dari VLOOKUP.

  • Analisis dan Laporan: Menyederhanakan proses analisis data dan pembuatan laporan dengan mencari dan menampilkan informasi yang relevan sesuai dengan kriteria yang ditentukan.


3. Pelatihan Excel VLOOKUP

Yuk pelajari lebih dalam penggunaan Excel VLOOKUP dengan menggunakan skenario data sederhana berikut ini.

Excel


Misalkan kita ingin menambahkan kolom "Total Harga" ke Tabel 2, yang berisi jumlah total harga untuk setiap transaksi penjualan. Kita dapat menggunakan VLOOKUP untuk mencocokkan nama produk dalam Tabel 2 dengan Tabel 1, kemudian mengalikan jumlah produk dengan harga masing-masing produk.

Excel


Rumus VLOOKUP akan mencari harga setiap produk berdasarkan nama produk di Tabel 1 dan mengalikannya dengan jumlah produk untuk menghasilkan total harga. Setelah rumus diaplikasikan ke seluruh kolom "Total Harga", Anda akan memiliki total harga untuk setiap transaksi penjualan sesuai dengan harga produk yang diambil dari Tabel 1.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


4. Apa Beda VLOOKUP dan HLOOKUP?

VLOOKUP dan HLOOKUP adalah dua fungsi pencarian yang digunakan dalam Microsoft Excel, namun memiliki perbedaan dalam melakukan pencarian data. VLOOKUP digunakan untuk mencari nilai dalam kolom tertentu dalam sebuah tabel atau range data berdasarkan nilai yang sesuai dalam kolom pertama. Artinya, VLOOKUP melakukan pencarian secara vertikal, yaitu dari atas ke bawah, dan hanya mencari nilai di kolom yang sama. 


Di sisi lain, HLOOKUP digunakan untuk melakukan pencarian secara horizontal, yaitu dari kiri ke kanan, dalam sebuah tabel atau range data. HLOOKUP mencari nilai dalam baris tertentu berdasarkan nilai yang sesuai dalam baris pertama, sehingga digunakan ketika data diatur secara horizontal.


Pemilihan antara keduanya tergantung pada cara data disusun dalam tabel dan kebutuhan spesifik kalian dalam melakukan pencarian dan analisis data di Microsoft Excel. Meskipun keduanya memiliki perbedaan dalam cara melakukan pencarian, fungsi ini sama-sama berguna untuk mengakses dan menganalisis data dengan efisien dalam berbagai konteks analisis data.


Masih ada beragam hal lagi yang bisa kalian lakukan di Excel untuk proses analisis data. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? 

Excel


Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login