FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 55 Menit 13 Detik 

Prinsip SQL Concat di semua Bahasa Pemrograman

Belajar Data Science di Rumah 20-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b697d3f9e1a11eeebc63f8c324034389_x_Thumbnail800.jpeg

Fungsi SQL CONCAT menggabungkan dua atau lebih string bersama untuk membentuk satu string. Fungsi CONCAT berisi setidaknya dua parameter dan dapat menerima total 254 parameter. Dalam bahasa pemrograman, string adalah sekumpulan karakter yang digunakan untuk mendeklarasikan teks. Dalam hal SQL Server, tipe data string SQL dapat dibagi menjadi dua kelas - String karakter dan string karakter Unicode. 


Fungsi string menerima nilai string sebagai input dan mengembalikan nilai string terlepas dari tipe datanya. Pengembang dapat menggunakan banyak fungsi string bawaan SQL Server. String adalah sekumpulan karakter yang membantu mendeklarasikan teks dalam bahasa pemrograman. Dalam hal SQL Server, kita dapat mengkategorikan tipe data string SQL ke dalam dua kelompok yang berbeda.


Selain itu, fungsi string SQL juga digunakan untuk memanipulasi ekspresi karakter atau untuk mendapatkan berbagai informasi tentangnya. Fungsi CONCAT dalam SQL adalah salah satu anggota yang paling berguna dari fungsi-fungsi ini. Fungsi CONCAT adalah fungsi string SQL yang menyediakan untuk menggabungkan dua atau lebih dari dua ekspresi karakter menjadi satu string. 


Lalu, bagaimana prinsip concat? Yuk simak selengkapnya sekarang!


1. Fungsi Concat dalam Data Tabel

Untuk Concat di SQL, gunakan fungsi concat yang sama untuk akses mudah dari catatan tabel dalam beberapa baris instruksi.

select concat(kolom1,kolom2) from dqlab_1;

Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Menggabungkan Data Numerik Menggunakan Fungsi Concat

Dalam SQL, Sahabat DQ juga dapat menggabungkan data numerik dari tabel dengan cara yang sama seperti kita menggabungkan string. Fungsi CONCAT juga dapat digunakan untuk menggabungkan nilai numerik.

SELECT (11+12+13) as Value;


3. Umpan Baris ( ) dalam Fungsi CONCAT

Konversi angka ASCII ke nilai karakter dimungkinkan dengan fungsi CHAR. Dengan fungsi CHAR di SQL, kode ASCII berikut dapat digunakan untuk menghasilkan baris baru. Saat Sahabat DQ menggabungkan string dengan fungsi CHAR berikut, Sahabat DQ mendapatkan baris baru. CHAR(10) adalah kode ASCII untuk karakter Line feed. Gunakan kode ini untuk fungsi penggabungan dalam SQL.


Kode:

SELECT CONCAT('DQLab',CHAR(10),'Belajar',CHAR(10),'Data') AS Hasil;


4. Carriage Return( ) dalam Fungsi Concat di SQL

Di lingkungan Windows, baik r dan n digunakan untuk menambahkan jeda baris, sedangkan di lingkungan Linux, hanya n yang digunakan, dan di lingkungan Mac, hanya r yang digunakan. Saya akan mengajari Sahabat DQ cara menambah dan menghapus jeda baris dalam sintaks SQL di artikel ini.


Contoh di bawah ini ditulis untuk lingkungan Windows, tetapi Sahabat DQ dapat mengubahnya ke lingkungan Linux dengan menghapus semua r dalam sintaks. CHAR(13) adalah kode ASCII untuk karakter Carriage return. Gunakan kode ini untuk fungsi penggabungan dalam SQL.


Kode:

SELECT CONCAT('DQLab',CHAR(13),'Belajar Data',CHAR(13),'Mudah') AS Hasil;


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Belajar memulai karir sebagai praktisi data science dengan menggunakan Python, R dan SQL sederhana dengan sign up dan login melalui DQLab Academy! Yuk nikmati kemudahan belajar tanpa ribet melalui live code editor DQLab. Belajar sambil buat portfolio dengan modul DQLab! 


Signup sekarang atau isi form dibawah ini ya Sahabat DQ!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :