SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 39 Menit 43 Detik

Profesi Data Analyst, Incaran Pekerjaan 2023

Belajar Data Science di Rumah 27-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8422172cf2bf9dba71e4903b1d0dc270_x_Thumbnail800.jpeg

Menjadi seorang data analyst mungkin sudah menjadi impian seseorang di zaman sekarang. Karena ini sangat berkaitan dengan berkembangnya transformasi digital yang mengharuskan perusahaan untuk mengambil sebuah keputusan dengan berdasarkan data yang sudah dimiliki oleh perusahaan tersebut. Dengan memiliki data analyst di perusahaan membuktikan bahwa dampak yang ditimbulkan dari seorang data analyst ini sangat signifikan terhadap perkembangan bisnis di dalam perusahaan. Sehingga membuat profesi ini sangat banyak sekali permintaan di berbagai macam bidang industri.


Maka dari itu, banyak sekali lulusan baru ataupun yang sudah profesional untuk beralih profesi menjadi seorang data analyst. Banyaknya persaingan ini membuat kita harus memiliki persiapan yang cukup matang untuk mendapatkan pekerjaan yang kalian impikan. Salah satu caranya yang bisa kalian lakukan adalah mengikuti sebuah pelatihan. Nah, pelatihan apa sih yang bisa membantu kalian? DQLab sudah merangkumnya di dalam artikel berikut ini, jadi simak terus ya!


1. Pengertian Data Analyst

Data analyst adalah seorang profesional dibidang data yang biasa membantu perusahaan untuk bisa membangun sebuah insight baru dari sejumlah data dan juga fakta yang ada yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Profesi ini menggunakan berbagai macam teknik di dalam menganalisis datanya. Macam-macam tekniknya adalah seperti ilmu komputer, matematika, statistika, dan lain sebagainya tergantung bidang apa yang didalami. Data analyst juga memiliki peran yang cukup penting untuk perkembangan sebuah bisnis karena bisa mengidentifikasikan sebuah tren dan juga membuat model prediksi sebelum permasalahan terjadi. Proses analisis ini bisa dilihat dari berbagai macam platform seperti media sosial, iklan, website, dan lain sebagainya.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Macam-macam Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Data Analyst

Pastinya setiap industri memiliki sistem kerja yang berbeda-beda. Begitu juga data analyst yang memiliki sistem kerja yang disesuaikan dengan bidang industrinya. Secara umum data analyst ini memiliki kemampuan dasar yang sama untuk dikuasai agar bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. 


Untuk skill-skill yang harus dimiliki untuk menjadi data analyst adalah sebagai berikut ini:

  • Dasar statistik. Skill ini merupakan skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang data analyst karena pekerjaannya berkaitan dengan data. Untuk bisa mengetahui jenis data, sifat data, sebaran data, sampai dengan teknik machine learning yang diterapkan perlu didasari dengan ilmu statistika ini.

  • Penggunaan Excel. Excel juga salah satu jenis tools yang harus dikuasi oleh para data analyst. Ini sangat membantu kalian jika kalian adalah seorang pemula karena tools ini bisa membantu kalian untuk memperkuat kemampuan analisis data tanpa perlu teknik yang cukup rumit.

  • SQL. SQL merupakan bahasa yang biasa digunakan oleh para data analyst untuk mengolah relational database. Tools ini sangat penting bagi seorang data analyst karena sejumlah data yang akan dianalis akan di simpan di dalam suatu database. Sehingga ketika kita ingin mengakses sebuah data yang spesifik, data analyst perlu menuliskan sebuah query sesuai dengan kebutuhannya.


3. Persiapan untuk Seorang Data Analyst

Dengan kalian mengetahui seberapa pentingnya profesi data analyst dan juga skill yang cukup banyak untuk kalian kuasai, maka membuat seorang pemula atau yang ingin beralih karir mempertanyakan bagaimana caranya untuk bisa bersiap diri menjadi seorang data analyst. Skill-skill yang disebutkan sebelumnya itu dapat ditempuh dengan berbagai macam cara. Mungkin ada beberapa hal yang bisa kalian pertimbangkan sebelum memilih cara yang cukup sesuai untuk menjadi seorang data analyst. Seperti:

  • Sistem Belajar. Sistem belajar kalian itu seperti apa? Apakah kalian memerlukan seorang tutor atau dapat belajar dengan mandiri. Bagaimana dengan gaya belajar kalian, secara visual atau dengan mendengar dan membaca? Hal seperti ini biasanya akan mempengaruhi kemampuan kalian dalam memahami materi di dalamnya.

  • Situasi. Jika kalian memiliki waktu longgar untuk belajar pastinya ini akan memiliki pengaruh terhadap kinerja belajar kalian, dengan memiliki waktu yang longgar dapat dipastikan jika kalian bisa menerima materi dengan lebih fokus karena tidak bertabrakan dengan jadwal yang lainnya.

Jika kalian sudah menemukan sistem belajar dan juga situasi yang menurut kalian pas, maka langkah selanjutnya adalah kalian bisa mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Mengambil Sekolah Formal seperti Universitas. Hal yang pertama yang bisa kalian siapkan adalah kalian mengambil sekolah formal dengan jenjang sarjana maupun master, karena dengan kalian mengambil sekolah formal ini, kalian dapat memiliki dasar teori yang kuat. Kalian dapat mendaftarkan diri ke dalam beberapa jurusan seperti, sistem informasi, ilmu komputer, ekonomi, dan lain sebagainya.

  • Mengikuti bootcamp. Kalian juga bisa mengambil bootcamp ataupun kursus singkat. Ketika kalian tidak mampu untuk meluangkan waktu untuk mengikuti sekolah formal, kalian bisa mengikuti bootcamp. Biasanya bootcamp ditempuh selama 3-6 bulan sehingga dapat dipastikan kalian telah siap menjadi seorang data analyst.

  • Belajar Otodidak atau mandiri. Pilihan terakhir adalah kalian bisa belajar secara mandiri. Banyak sekali artikel, akun, dna juga portofolio yang mudah untuk diakses secara gratis. Untuk kelemahan dari belajar sendiri adalah susahnya akses bertanya ataupun berdiskusi. 


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


4. Pelatihan Data Analyst DQLab Melalui Program Bootcamp

Salah satu platform yang bagus dan terbaik untuk menjadi belajar kalian untuk bisa mempersiapkan diri menjadi data analyst adalah DQLab. Di dalam DQLab ini kalian akan mendapatkan beberapa fasilitas salah satunya adalah Live Class Bootcamp Data Analyst untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama para praktisi yang handal dalam bidangnya masing-masing. Program ini memiliki berbagai macam manfaat seperti mengetahui pemahaman awal, bimbingan belajar dan juga konsultasi intensif, materi dan video yang bisa dipelajari selamanya, dan juga memiliki komunitas yang suportif.


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. 


Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login