Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Profesi Data Scientist, Apa Saja Tugasnya?

Belajar Data Science di Rumah 22-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-02-3-2023-08-22-200514_x_Thumbnail800.jpg

Data adalah sekumpulan informasi atau keterangan yang berisi fakta-fakta. Data memiliki berbagai jenis, ada data yang terstruktur maupun data tidak terstruktur. Saat ini keberadaan data tidak hanya secara offline, melainkan ada data yang disajikan secara online pula. Data kini pun mudah diperoleh seiring dengan perkembangan teknologi sehingga siapa saja bisa mengakses internet. Banyaknya data ini perlu ditindaklanjuti oleh tenaga profesional di bidangnya seperti data scientist. Lalu kira-kira apa sajakah tugas data scientist?


Data scientist adalah suatu profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Setiap perusahaan tentu memiliki database yang berisi informasi perusahaan baik itu data karyawan atau data yang berkaitan dengan kepentingan bisnis. Data perusahaan tersebut perlu diolah dengan sedemikian rupa agar menghasilkan suatu kesimpulan yang bisa memberikan insight kepada perusahaan. Pada artikel berikut ini kita akan mengenali apa saja tugas dasar data scientist.


1. Menganalisis Data

Analisis data adalah suatu proses pengolahan data mentah menjadi suatu informasi yang bisa digunakan oleh klien atau perusahaan. Proses analisis data ini adalah suatu tugas utama seorang data scientist. Dalam pengerjaannya, diperlukan pemikiran yang kritis serta kemampuan problem solving yang baik. Terdapat beberapa langkah atau tahapan analisis data yang bisa dilakukan yaitu pengumpulan data, seleksi dan editing data, pengkodean data dan penyajian data.

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Penelitian

Selain melakukan proses analisis data seorang data scientist juga bertugas melakukan penelitian. Setiap perusahaan biasanya memiliki fokus bisnis pada bidang tertentu. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh data scientist bisa bertemakan secara umum maupun menyesuaikan fokus bisnis perusahaan. Dengan melakukan kegiatan penelitian, data scientist dapat menambah pengalaman serta update dengan perkembangan data saat ini.

data scientist


3. Visualisasi Data

Seperti yang telah diketahui bahwa salah satu tahapan dalam proses analisis data terdapat tahapan penyajian data. Seorang data scientist perlu menyajikan hasil analisis data kepada pembaca. Agar mudah dimengerti oleh pembaca maka hasil analisis data ini perlu dikemas dengan visualisasi data yang menarik. Visualisasi data yang dilakukan dapat berupa diagram, tabel, grafik, bentuk peta atau lainnya, Hal ini dapat dikemas dengan pilihan yang sesuai serta interpretasi yang singkat dan jelas.

data scientist


4. Menggunakan Bahasa Pemrograman

Seorang data scientist memiliki tanggung jawab yang besar terhadap data perusahaan. Untuk mengimbangi tugas serta tanggung jawabnya, data scientist perlu menguasai berbagai skill yang mana salah satunya adalah menguasai bahasa pemrograman. Pada umumnya data yang dianalisis oleh data scientist adalah big data yang sangat kecil kemungkinannya untuk dianalisis dengan cara manual. Oleh karena itu data scientist perlu menggunakan bantuan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhannya.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data scientist adalah profesi kekinian yang menjadi incaran banyak kaum milenial. Selain banyak diperlukan oleh perusahaan, data scientist ini memiliki peranan penting dalam dunia teknologi dan gaji serta jenjang karir yang diberikan cukup menjanjikan loh.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login