Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

Profesi Data Scientist Berdasarkan Jenis Tugasnya

Belajar Data Science di Rumah 30-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1107b99ca89a62e899f35bf4e712b01a_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist adalah profesi yang berfokus pada pengumpulan dan analisis dataset, baik dataset terstruktur maupun tidak terstruktur. Seorang data scientist harus memiliki keahlian di bidang computer science, statistics, dan matematika. Tugas utama profesi ini adalah menganalisis, memproses, dan membangun model, kemudian menginterpretasikan hasilnya yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan bagi perusahaan atau organisasi. Data scientist adalah expert di bidang analisis yang menggunakan skills-nya dalam teknologi dan social science untuk menemukan trend dan mengelola data.


Data scientist bertugas sebagai end-to-end dalam proses pengolahan data, mulai dari membersihkan hingga menyimpan data. Role pekerjaan ini akan sering bekerja dengan tim lain di perusahaan seperti marketing, customer success, dan operation. Tingginya produksi data menyebabkan perusahaan mulai mencari data scientist untuk membantu menerjemahkan data menjadi insight yang bermanfaat. Namun terkadang data scientist tidak disebut sebagai data scientist karena role pekerjaan yang fokus hanya pada satu aspek saja. Pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai tugas data scientist dan penyebutannya.


1. Data Scientist

Data scientist adalah profesi yang bertanggungjawab menangani semua aspek proyek mulai dari memetakan apa yang penting bagi bisnis, hingga pengumpulan dan analisis data, dan terakhir visualisasi dan presentasi data. Role ini bertugas untuk mendapatkan insight dari kumpulan data untuk mendapatkan solusi terbaik suatu permasalahan dan menemukan pola atau trend yang lebih besar dalam data. Selain itu, perusahaan sering meminta data scientist untuk meneliti dan mengembangkan algoritma baru yang bisa membuat suatu pekerjaan lebih efektif dan efisien.


Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Machine Learning Engineer

Machine learning engineer adalah sebuah profesi yang memerlukan penelitian untuk mengembangkan algoritma dan insight baru. Profesi ini berkaitan dengan profesi data scientist. Pada role ini, kita akan meneliti pendekatan baru untuk proses manipulasi data dan merancang algoritma baru. Machine learning engineer banyak ditemukan di dunia akademik karena berkaitan dengan penelitian dan publikasi. 


Data Scientist


3. AI Engineer

AI engineer adalah salah satu role yang mulai digemari, khususnya di era robotic. Pekerjaan ini masih berkaitan dengan algoritma machine learning namun lebih kompleks. Untuk menjadi seorang AI engineer seseorang harus memiliki pemahaman statistik dan pemrograman yang kuat serta basic knowledge mengenai rekayasa software. Selain merancang dan membangun sistem machine learning, profesi ini juga harus menjalankan pengujian seperti A/B testing sambil memantau kinerja dan fungsionalitas sistem yang berbeda.


Data Scientist


4. BI Developer

Business intelligence developer atau dikenal juga dengan BI developer bertugas merancang strategi agar bisnis dapat menemukan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan dengan cepat dan efisien. Tools utama yang digunakan oleh BI Developer adalah BI tools yang digunakan untuk melakukan analisis dan mendapatkan insight bisnis. Pekerjaan BI developer sebagian besar berorientasi pada bisnis sehingga mereka harus memiliki basic knowledge mengenai dasar-dasar strategi bisnis serta seluk beluk model perusahaan tempat mereka bekerja.


Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Tertarik untuk berkarir di dunia data namun masih bingung harus mulai belajar dari mana? Yuk belajar dengan modul bersama DQLab! Modul DQLab disusun oleh expert di bidang data yang sudah bertahun-tahun menggeluti dunia data sehingga materi di dalamnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita tidak perlu membuka banyak software saat belajar.


Ingin coba menggunakan live code editor dari DQLab? Yuk klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE module ‘Introduce to Data Science’ dan dapatkan experience menarik menggunakan environment dari DQLab. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :