PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 16 Jam 50 Menit 15 Detik 

Program Pelatihan Data Science Gratis Python dan R untuk Fresh Graduate

Belajar Data Science di Rumah 28-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b526f4153057df9b758dfdb8869fd2e7_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah ilmu yang dibangun atas tiga disiplin ilmu yaitu matematika, statistika, dan pemrograman. Tujuannya yaitu untuk mempermudah proses mengolah data. Data science menggunakan data dalam jumlah besar dan algoritma yang kompleks. Ilmu ini banyak diterapkan oleh perusahaan dari berbagai bidang contohnya kesehatan, perbankan, e-commerce, dan lain sebagainya. 


Sehingga permintaan akan praktisi data menjadi cukup tinggi. Jika kamu berselancar di situs pencari kerja, profesi data seperti Data Analyst dan Data Scientist banyak dicari. 


Kesempatan berkarir sebagai praktisi data memang masih sangat menjanjikan hingga beberapa tahun kedepan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik mempelajari data science baik yang berasal dari background IT maupun non IT. Adapun kemampuan yang wajib dimiliki diantaranya kemampuan analisis yang baik, menguasai tools untuk analisis dan visualisasi data, dan dasar ilmu bisnis.


 Di DQLab kamu bisa mempelajari skill-skill yang dibutuhkan seorang praktisi data. Melalui program pelatihan data science gratis, pemula non IT dapat mengembangkan skill data yang dibutuhkan di industri. Apa saja yang dipelajari? Yuk, simak dibawah ini!


1. Python untuk Data Science

data science

Python adalah bahasa pemrograman yang sudah tidak asing untuk data science. Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang bersifat open source serta mudah dipahami dan dipelajari oleh pemula. Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh Python. Dalam data science Python dapat diandalkan untuk membuat proses analisis data lebih efektif dan akurat. 


Tersedia banyak library dan fungsi yang bisa digunakan selama proses mengolah data, mulai dari mengumpulkan data, manipulasi data, analisis data, visualisasi data, dan membangun machine learning.


Dengan module gratis Python di DQLab, kamu akan mempelajari dasar-dasar data science seperti pengertian data science dan pengenalan bahasa pemrograman Python. Pembelajaran ini penting bagi pemula dan fresh graduate agar memiliki pondasi yang lebih kuat tentang data science sebelum belajar yang lebih advanced. 


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


2. R untuk Data Science

data science

Selain Python, ada lagi tools yang dapat diandalkan untuk data science yaitu R. R merupakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk mempermudah analisis data statistik dan visualisasi data. Tools yang digunakan untuk menjalankan bahasa R yaitu RStudio. Bahasa R mampu membaca data berbentuk txt, csv, data excel, vektor, array, matriks, dan lainnya. 


Bahasa R dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan analisis cross-selling yang mana dari hasil analisis perusahaan dapat memberikan rekomendasi produk berdasarkan kebiasaan berbelanja konsumen. Oleh karena itu bahasa R juga menjadi skill yang wajib dikuasai praktisi data. Bagi pemula bisa mulai dengan mempelajari pengertian dan dasar-dasar bahasa R. 


Kemudian dapat melanjutkan bagaimana penggunaan R. Materi tersebut bisa kamu dapatkan dengan akses module R gratis yang ada di DQLab. Dengan materi terstruktur akan memudahkan proses belajarmu dan di akhir penyelesaian module mendapatkan sertifikat completion secara gratis. 


3. Project Data dengan Real Case Study

data science

Kurang afdol rasanya jika sudah mempelajari materi pemrograman namun tidak mempraktekkannya. Aktivitas ini dapat meningkatkan skill datamu. Bagi fresh graduate cukup penting untuk memiliki portfolio data. Portfolio data berisi project-project data yang pernah kamu lakukan baik dengan tim maupun individu. 


DQLab menyediakan module yang berisi berbagai project data untuk menjawab kebutuhan para fresh graduate. Dengan menggunakan real case study akan membantu meningkatkan skill datamu dan juga memberikan pengalaman bagi pemula mengenai kasus yang sering terjadi di industri.


Beberapa project yang ada di DQLab yaitu berkaitan dengan finance, retail, dan perancangan machine learning. Kamu bisa menuangkan project tersebut menjadi portfolio data baik dalam bentuk tulisan, slide presentasi, atau video. 


4. Belajar Pemrograman Mudah dengan Live Code Editor

Proses install bahasa pemrograman memang berbeda-beda. Ada yang mudah dan ada juga yang cukup banyak langkahnya. Bagi pemula yang belum pernah belajar pemrograman mungkin akan bingung bagaimana menginstalnya di perangkat yang dimiliki dan tentu akan menghabiskan banyak waktu. Nah, belajar pemrograman sekarang tidak perlu ribet. Kamu bisa belajar coding tanpa install terlebih dahulu tools yang diperlukan dengan fitur live code DQLab. 


Fitur ini berfungsi untuk menjalankan code yang Sahabat DQ tuliskan. Live code editor berlaku untuk semua module yang ada di DQLab. Jadi sahabat DQ bisa belajar ngoding langsung di situs DQLab. Kalau sudah paham, Sahabat DQ bisa teruskan dengan menginstall tools di laptop atau komputermu. Bagaimana caranya pakai live code editor? Simak video di bawah ini, yuk!


data science


Tuliskan code pada bagian code editor kemudian klik Run untuk menjalankan program. Hasilnya akan muncul di bagian Console. Mudah, kan? Sahabat DQ yang masih pemula jadi bisa fokus belajar coding lebih dulu daripada pusing menginstall toolsnya.


Baca juga: 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Mencapai karir di bidang data terbuka untuk siapa saja dan dari background apa saja. Banyak kisah sukses orang non IT berhasil bekerja sebagai praktisi data yang dapat kamu temukan dengan mudah di internet. Asalkan mau belajar dan terus mengasah skill, kamu punya kesempatan untuk jadi praktisi data handal. 


Fitur job connector DQLab memberikan peluang dari berbagai perusahaan ternama bagi member untuk berkarir di bidang data contohnya Data Analyst dan Data Scientist. So, tunggu apa lagi? Dapatkan banyak benefit menarik dengan bergabung di DQLab.id!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :