3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 53 Menit 32 Detik

Programming Excel dengan Belajar Macro dan VBA

Belajar Data Science di Rumah 04-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-08-2024-01-03-144717_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah salah satu software unggulan yang dimiliki oleh Microsoft. Excel terkenal dengan kemampuannya yang mampu menyelesaikan banyak pekerjaan karena didukung oleh fitur dan function yang ada. Selain itu. Excel juga menjadi salah satu tools pengolahan data yang bersifat less coding, sehingga sangat cocok bagi pemula yang tidak pernah belajar coding sama sekali. Namun less coding bukan berarti tidak bisa digunakan untuk pengkodingan sama sekali.


Dalam Microsoft Excel, selain sebagai alat spreadsheet konvensional, tool ini juga menyediakan kemampuan pemrograman melalui Macro atau VBA (Visual Basic for Applications). Dengan belajar mengenai macro dan VBA di Excel akan membuka pintu untuk mengotomatiskan tugas, membuat fungsi kustom, dan meningkatkan efisiensi kerja.


Dalam artikel ini akan dibahas 4 poin penting dalam belajar Macro dan VBA di Excel. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengenalan Macro dan VBA

Excel

Hal pertama yang harus dipahami oleh pemula adalah konsep dasar mengenai macro dan VBA. Macro merupakan rangkaian instruksi yang merekam tindakan pengguna di Excel untuk dijalankan ulang dengan sekali klik. Sementara itu, VBA sendiri adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit kode yang kompleks untuk mengotomatiskan tugas dan memodifikasi fungsi Excel. Sebagai pemula, kita perlu untuk mempelajari dasar-dasarnya, termasuk sintaksis, variabel, dan struktur kontrol.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rekam dan Edit Macro

Excel

Salah satu cara terbaik untuk memahami konsep Macro adalah dengan merekam tindakan pengguna. Excel memungkinkan pengguna untuk merekam serangkaian aksi yang dilakukan dan menghasilkan kode VBA yang sesuai. Kita bisa mempelajari bagaimana merekam dan mengedit kode Macro untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kita. Ini membantu dalam memahami cara kode VBA bekerja dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang logika pemrograman.


3. Membuat Fungsi dan Prosedur Kustom

Excel

Setelah memahami dasar-dasar, kita bisa memfokuskan pada pembuatan fungsi dan prosedur kustom. Pengguna akan dipermudah untuk membuat algoritma khusus dan mengotomatiskan tugas-tugas yang kompleks. Kita bisa mulai dengan membuat fungsi sederhana, seperti kalkulator kustom. Selanjutnya, kita bisa terus memperluas keahlian yang kita miliki dengan memahami berbagai struktur kontrol dan fungsi VBA yang lebih kompleks.


4. Interaksi dengan Objek Excel

Excel

Salah satu aspek paling kuat dari VBA adalah kemampuannya untuk berinteraksi langsung dengan objek di Excel. Kita bisa mempelajari cara mengelola sel, lembar kerja, dan bagian lain dari spreadsheet melalui kode VBA. Hal ini akan membuka pintu dan mempermudah kita untuk membuat formulir kustom, mengelola data dengan lebih efektif, dan mengoptimalkan penggunaan Excel dalam konteks pemrograman.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Belajar Macro dan VBA di Excel adalah langkah besar dalam mendalami dunia programming, terutama untuk kebutuhan bisnis dan analisis data. Selain itu, keterampilan ini dapat mengarah pada penggunaan Excel yang lebih canggih dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst arau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :