PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 26 Menit 38 Detik

Python Developer, Profesi Populer Revolusi 4.0

Belajar Data Science di Rumah 12-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d6f466d0835e260052a3c1d8817f1017_x_Thumbnail800.jpeg

Bahasa pemrograman Python kini telah membuka banyak peluang karir di ranah industri data. Pernyataan ini diterangkan secara gamblang oleh Linkedln bahwa permintaan karir yang menggunakan bahasa pemrograman Python meningkat sebesar 41 persen. Setiap hari ada kemungkinan untuk meningkat peluang karirnya. Maka dari Python, tentu saja menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari jika kamu ingin berkarir di industri data. Sebab, kesempatan yang terbuka semakin besar diluar sana. Terlebih lagi, Python merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari bagi pemula karena gratis dan open-source, serta hanya perlu waktu relatif singkat, memiliki peluang karir yang menguntungkan, dan serbaguna.


Salah satu profesi yang lahir dari bahasa pemrograman Python adalah Python Developer. Bicara soal Python Developer maka Python pastinya menjadi salah satu bahasa pegangan sehari-hari dalam menunjang efisiensi kinerjanya. Apalagi bahasa pemrograman Python dapat diterapkan pada beberapa sistem operasi misalnya Windows, Linux, hingga Mac. Secara tugas dan tanggung jawabnya. Python Developer memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengembangan program dan menjaga program yang sudah ada. Tidak heran, apabila sekarang ini banyak perusahaan besar seperti Google, IBM, hingga perusahaan layanan streaming seperti Netflix. 


Jika kamu penasaran dengan bagaimana seluk beluk profesi Python Developer dan apa saja tugas-tugas yang dilakukan oleh Python Developer, ada baiknya kamu bisa simak langsung artikelnya berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Mengenal Profesi Python Developer 

Python Developer merupakan salah satu profesi yang berkaitan dengan pengembang website, analisis data, maupun bertanggung jawab pada elemen perangkat lunak. Pengembang Python membantu organisasi dengan kerangka teknologi mereka. Mereka mengawasi arus informasi antara server dan pengguna. Pengembang Python menggunakan bahasa pemrograman Python untuk mengimplementasikan proyek atau menjawab pertanyaan. Mereka dapat mengolah data, menulis backend aplikasi web, dan mengotomatiskan skrip. Pengembang Python dapat bekerja untuk perusahaan atau sebagai kontraktor independen alias membuka jasa sendiri.

Python


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Tugas Python Developer 

Berikut merupakan tugas dari seorang Python Developer dalam keseharian pekerjaannya:

Python

  • Berkoordinasi dengan team developer untuk menentukan persyaratan aplikasi

  • Menuliskan kode maupun syntax yang dapat diskalakan dengan bahasa pemrograman Python

  • Menguji dan mendebug aplikasi

  • Mengembangkan komponen back-end

  • Mengintegrasikan elemen yang ramah pengguna menggunakan logika sisi server

  • Menilai dan memprioritaskan permintaan fitur klien.

  • Mengintegrasikan solusi penyimpanan data.

  • Berkoordinasi dengan front-end developer

  • Meningkatkan fungsionalitas dengan melakukan pemrograman ulang database.

  • Mengembangkan aplikasi digital untuk memantau traffic secara online.


3. Ruang Lingkup Python Developer

Salah satu ruang lingkup utama seorang Python developer adalah pengembangan aplikasi web. Python memiliki banyak library dan framework yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi web yang efisien dan efektif. Beberapa framework yang paling populer untuk pengembangan aplikasi web dengan Python adalah Flask dan Django. Python juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Meskipun Python bukanlah bahasa pemrograman yang paling populer untuk pengembangan aplikasi mobile, ada beberapa framework seperti Kivy yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi mobile dengan Python.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Skill yang Dipelajari oleh Python Developer

Setelah dijelaskan terkait dengan tugas dan tanggung jawab pada profesi Python Developer, sekarang kita masuk ke dalam skill apa saja yang perlu dipelajari berkaitan dengan posisi ini. Berikut adalah penjelasannya:

Python



Pemahaman teknologi front end

Dalam menjalani profesi yang satu ini, pastinya akan selalu bekerja sama dengan tim front end untuk menyesuaikan sisi server dan sisi klien. Jadi, sangat penting untuk memahami bagaimana cara kerja front end.


Perhatian terhadap detail

Dalam menuliskan kode untuk membuat website, aplikasi, atau program lainnya, Anda harus selalu berorientasi pada detail agar mengurangi terjadinya kesalahan dan harus bisa mengatasi masalah tersebut.


Kemampuan komunikasi

Komunikasi memang menjadi salah satu skill yang paling dibutuhkan oleh setiap profesi. Jadi Anda harus mampu berkomunikasi dengan para anggota timnya agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lancar.


Memahami Artificial Intelligence dan Machine Learning

Memahami Artificial Intelligence dan Machine Learning sangat penting bagi Python developer. Karena Python adalah bahasa pemrograman yang sesuai untuk membuat aplikasi di bidang tersebut. Selain itu, saat memiliki pemahaman yang baik mengenai AI dan Machine Learning tentunya akan menjadi nilai tambah bagi Anda di mata perusahaan.


Dengan serangkaian penjelasan diatas, sekarang kalian jadi makin paham kan profesi yang satu ini? Python Developer merupakan profesi yang tidak terlepas dari coding. Belajar coding memang seru dan menantang. Tapi makin seru lagi kalau kamu belajar Codingnya di DQLab dong. Disini kamu bisa mencoba modul gratis dari kita nih sahabat DQLab yaitu Introduction to Data Science with Python. 


Kalian bisa mulai coba deh modulnya dan asah kemampuan coding kamu biar makin jago! Caranya gimana nih? Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru. 


DQLab adalah platform belajar online yang memiliki metode  HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login