2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 4 Menit 47 Detik

Python Konversi String ke Int, Ini Penjelasannya!

Belajar Data Science di Rumah 07-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-01-2024-05-07-154259_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman adalah suatu sistem komunikasi antar manusia dengan mesin komputer dengan menuliskan instruksi tertentu. Dengan adanya bahasa pemrograman ini manusia bisa menuliskan instruksi yang ingin dilakukan oleh komputer. Salah satu bahasa pemrograman ini adalah Python. Di dalam Python terdapat beberapa jenis tipe data yang tersedia di sana. Tipe data dalam Python ini bisa dikonversikan menjadi tipe data lainnya, contohnya seperti mengkonversikan string ke dalam integer pada Python. 


Dengan memahami bagaimana mengkonversikan string ke dalam integer, kalian tidak hanya membacanya, tetapi juga menyajikannya dalam bentuk yang mudah untuk dipahami. Pada proses konversi bisa memiliki berbagai manfaat seperti proses pengolahan data, operasi matematika, dan optimasi memori. Pada artikel kita kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara untuk mengkonversi string ke integer. Yuk kita simak pembahasannya!


1. Konversi Tipe Data

Terkadang pada saat kita ingin menyimpan data atau saat kalian menerima masukan dari pengguna dalam satu jenis, kalian perlu memanipulasi dan melakukan berbagai jenis operasi pada data tersebut. Karena setiap tipe data bisa dimanipulasi dengan cara yang berbeda hal ini sering kali berarti kalian harus mengkonversikannya. Mengkonversi satu tipe data ke tipe data lainnya biasa disebut dengan casting tipe atau konversi tipe. Banyak bahasa yang menawarkan hal tersebut untuk mengkonversikan satu jenis ke jenis lainnya.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python

 

2. Apa itu Int dan String?

Int (integer) dan string adalah dua jenis tipe data yang paling umum digunakan. Integer sendiri adalah tipe data yang menyimpan nilai bilangan bulat, seperti -1, 0, 1 dan seterusnya. Mungkin kalian sering berhadapan dengan data numerik seperti data jumlah penjualan, nah disinilah tipe data Int berperan. Sedangkan untuk string sendiri adalah tipe data yang terdiri dari karakter, karakter ini bisa berupa huruf, angka, ataupun simbol. String ini biasanya dipakai untuk menyimpan teks, seperti nama produk, kota, dan lain sebagainya. 


3. Perbedaan Antara Tipe Data Integer dan String

Tipe data Int dan string memiliki peranan yang penting dalam hal pemrograman, tetapi sangat berbeda dalam penggunaan dan sifatnya. Untuk penggunaannya integer biasanya dipakai dalam perhitungan matematika, operasi aritmatika, dan analisis statistik. Sedangkan untuk string sendiri digunakan untuk menyimpan dan menampilkan teks seperti nama, judul, ataupun pesan di dalam program. Integer direpresentasikan sebagai angka dalam kode, untuk string sendiri direpresentasikan dalam tanda kutip.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Cara Mengkonversi String Menjadi Integer dengan Python

Untuk mengkonversikan atau mentransmisikan string menjadi bilangan bulat dengan Python, kalian bisa menggunakan int() fungsi bawaan. Fungsi ini mengambil string awal yang ingin kalian konversi sebagai parameter dan mengembalikan bilangan bulat yang setara dengan nilai yang kalian berikan. Untuk sintaks umumnya terlihat seperti ini : int(“str”). Mari kita lihat contoh di bawah ini.

Python


Untuk mengkonversikan versi string suatu angka menjadi bilangan bulat yang setara kalian bisa gunakan int() fungsi seperti berikut ini:

Python


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login